Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Jejak digital bisa jadi momok menakutkan buat banyak orang. Mau itu seleb, bos, karyawan, politisi, sampai orang biasa dibikin malu gara-gara jejak di media sosial.

Kasusnya ‘ke-gep-nya’ macem-macem, gengs. Ada yang kegep pernah bikin status atau komen alay, masih simpan foto bareng mantan, streaming film bokep, sampai gak sengaja nge-like postingan orang yang lagi di-stalking di akun instagramnya.

Jujur deh, ke-gep yang terakhir itu paling gak enak kan? Apalagi kalian gak saling follow dan postingan yang kamu like berada paling bawah dari ratusan. Duh, niat banget ya shay…

Tapi Genmuda.com percaya kalo kejadian kayak gitu bisa aja terjadi sama siapa aja, termasuk kamu. Iya, kamu yang sekarang lagi baca tulisan ini dan penasaran gimana cara mengatasinya. Karena udah terlanjut ngelike postingan paling bawah, kamu masih bisa mengatasinya dengan cara maksa kayak gini!

Cara pertama: Buru-buru di-unlike

via: Giphy

Gimana caranya? Yaudah coba double tap postingan tadi. Pasti like kamu bakal berubah jadi unlike. Hal tersebut juga berlaku pada notifikasi pemilik akun, yang tadinya muncul akan hilang seketika. Tapi, cara ini gak bakal berfungsi jika kebetulan pemilik akunnya udah keburu lihat notifikasi kamu. Mau di-unlike juga percuma. Malu? Masih ada cara selanjutnya!

Cara kedua: Like 2-3 postingan terbaru

via: Giphy

Setelah melakukan cara pertama, ada baiknya kamu langsung like beberapa postingan terbaru di akun tersebut. At least, notifikasi yang mereka terima gak cuma berasal dari postingan bertahun-tahun lalu. Jadi gak ketawan banget deh niat stalkingnya meskipun si pemilik akun bakal ngerasa aneh fotonya di-like tanpa difollow sama kamu.

Cara ketiga: Buru-buru ganti profile Instagram kamu

via Istimewa

Kalo kedua cara di atas udah dicoba dan kamu masih mau membersihkan nama baik, langsung aja ganti profile kamu. Mulai dari nama akun, nickname akun, dan foto profil. Supaya makin aman, langsung aja bikin akun Instagram kamu menjadi private. Paling engga, akun kamu cuma dianggap boot atau akun ‘kaleng-kaleng’ dari jual-beli followers. Tapi, cara ini masih aja bisa ketawaan kalo ternyata ada follower yang saling follow kalian alias inner circle. Terus gimana dong?

Cara terakhir: Hapus akun IG kamu!

via: giphy

“Biarin lebay, daripada kamu harus ke-gep niat stalking”

Kalo kamu serius dan emang benar-benar siap lahir batin, silakan lakukan cara di bawah ini:

  • Buka laman Instagram lewat desktop atau PC
  • Masuk ke bagian edit profile
  • Scroll… scroll… liat di bagian kanan bawah untuk mengdisaktifkan akun kamu
  • Klik and Voilà!

Selamat mencoba, Kawan Muda. Kalo masih malu, bikin aja akun baru dengan email yang berbeda. Udah gitu aja! (sds)

Comments

comments