Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Oke. Kita semua warga Indonesia tau kalo produsen susu kental manis dilarang pemerintah mencantumkan kata “susu” pada merknya sejak 4 Juli 2018. Sebab, produk “kenal manis” mengandung lebih banyak gula ketimbang susu bernutrisi.

Pemerintah khawatir susu kental manis diberikan ke balita yang seharusnya dikasih asupan susu beneran. Itulah sebab BPOM menerbitkan Surat Edaran Nomor HK 06.5.51.511.05.18.2000 Tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3).

Dengan surat sakti itu, industri kental manis juga dilarang tampilin balita dalam bentuk apapun dan memakai visualisasi bahwa kental manis setara dengan produk susu lain.

Industrinya juga dilarang memvisualisasikan gambar susu cair/susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi. Terus, produk itu juga dilarang ditayangin pada jam tayang anak-anak. Semua peraturan itu harus dipatuhi paling lambat 6 bulan sejak ditetapkan.

Informasi tersebut emang penting buat para orangtua dengan anak balita. Namun, kamu yang udah remaja, muda, dan bangkotan dewasa gak perlu parno menganggap produk kental manis adalah produk yang sama sekali gak boleh dikonsumsi.

Menyiram roti bakar, pisang bakar, es krim, atau martabak manis dengan kenal manis masih boleh, kok. Kamu bisa membakar 100-150 kcal kalori yang disebabkan oleh tiap 50 gram kental manis dengan cara gampang di bawah ini.

1. Lari 13 km perjam dalam 6 menit

via Istimewa
Marvel Fanboy berlari menuju bioskop. (Sumber: Istimewa)

Seberapa cepatkan 13 km perjam? Tenang aja. Itu bukan kecepatan sprint, kok. 13 km perjam adalah lari jogging kecepatan menengah. Tiap 6 menit lari secepat itu, kamu membakar 100 kalori.

Malas lari cepat-cepat? Maka kamu bisa jogging santai selama 12 hingga 15 menit.

2. Lompat tali selama 9 menit

via Istimewa

Meski berat di napas, lompat tali enggak lebih membakar kalori ketimbang jogging, lari, apalagi sprint. Olahraga yang membakar sekitar 100 kalori dalam 9 menit ini cocok banget buat kamu yang males keluar rumah atau naik treadmill.

3. Aerobik selama 12 menit

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Gak punya tali? Maka kamu bisa aerobic high-impact selama 12 menit atau low-impact selama 17 hingga 20 menit. Di YouTube banyak tuh video tutorialnya, gampang banget.

4. Berenang selama 12 menit

via Istimewa

Di antara banyak gaya renang, gaya yang paling bagus buat bakar kalori adalah gaya bebas dan gaya kupu-kupu. Cukup berenang dengan gaya khas olimpiade selama 12 menit, maka 100 kalori terbakar.

5. Bersepeda cepat selama 10 menit

via sumbermanfaat.com
(Sumber: sumbermanfaat.com)

Daripada berdebu dan berkarat, sepeda di rumah mending dipakai untuk bakar 100 kalori. Caranya, genjot tuh sepeda dengan kecepatan 32 km perjam selama 10 menit. Itu adalah kecepatan tinggi dalam hal sepeda loh. Kalo goesnya nyantai, kamu butuh 20 menit.

6. Jalan sebanyak 5000 ribu langkah

via istimewa

Sebenarnya, kamu bisa memberantas kalori berlebih dengan berjalan sebanyak 5.000 langkah tiap hari. Kira-kira, itu sama kayak 20 hingga 30 menit jalan kaki.

7. Beres-beres rumah selama 30 menit – 1 jam

via mimicicicake.com
(Sumber: mimicicicake.com)

Tuh ada debu di meja. Lap! Jangan lupa sapuin kolong tempat tidur. Eits, sekalian sapuin dan pel lantainya juga dong kalo mau bakar kalori. Soalnya, 30 menit kegiatan beres-beres rumah macam itu bisa ngebakar antara 100 hingga 200 kcal kalori.

Intinya, jangan kebanyakan duduk dan tiduran setelah kamu mengonsumsi kental manis. Gerakin badan supaya otot gak pada kaku. Yuk kita gerak! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.