Jum'at, 17 November 2017
Tekno

Gak Perlu Ganti Smartphone Baru Kalo Smartphone Lemot Kamu Masih Punya 5 Tanda Ini

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Smartphone kebanggaan yang terasa canggih waktu pertama kali dipakai akhirnya lemot juga. Loading makin lama dan kapasitas terus berkurang. Ganti smartphone baru kayaknya pilihan tepat daripada terus-terusan ngomelin kelemotan.

Kalo ditelisik, sebenernya masalah kamu ada dua. Pertama, kamu kebanyakan ngomel. Banyak-banyak ibadah biar gak emosian. Kedua, smartphone kamu lemot tapi belum tentu harus diganti. Ada kemungkinan masih bisa diakalin supaya bagus lagi.

Makanya, perhatiin 5 tanda di bawah ini sebelum beli baru. Dengan begitu, kamu gak perlu boros bela-beli padahal uang makan minggu depan aja belum keliatan jelas hilalnya.

1. Hardware luar masih bagus

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Selama layar LCD masih berfungsi, baterai gak meledak, colokan charger belum longgar, dan tombol home juga kawan-kawannya masih bisa dipencet, smartphone lemot kamu masih punya harapan. Misalnya rusak sedikit, hardware luar itu kan masih bisa dibenerin. Harganya jelas gak semahal beli smartphone baru.

2. Masih bisa install ulang

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Coba deh buka “setting” terus cari opsi bertuliskan “factory reset.” Pilihan itu bikin smartphone kamu kembali bersih kayak baru keluar dari pabrik. Sementara itu, kamu yang jago nge-root atau nge-jailbreak bisa menginstall ROM atau software baru secara manual.

Cara apapun yang dipilih, jangan pernah lupa untuk backup data penting, ya. Karena, nanti bakalan hilang dan engga bakalan balik lagi kayak cinta pertama kamu yang kini udah bahagia sama pacar barunya.

3. Bisa update software

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Dengan diperbarui, sistem operasi smartphone makin sesuai sama aplikasi-aplikasi di dalam smartphone. Selain itu, beberapa bug pada sistem bakal diperbaiki supaya mengurangi lemot.

Mengupdate software smartphone bisa secara otomatis atau manual kayak menginstall ulang ponsel. Saat gak ada update lagi di smartphone, itu baru jadi tanda kuat kamu harus ganti yang baru.

4. Storagenya masih bisa ditambah

via: Mashable
(Sumber: Mashable)

Kapasitas makin tipis bikin smartphone makin lemot. Jadi, tambahin kapasitasnya dengan beli SD card baru atau dengan nambah penyimpanan cloud. Biar makin lancar, selalu simpan file foto, lagu, dan dokumen di SD Card/cloud supaya smartphone bisa fokus nyimpen data penting seperti system files.

5. Belum keluar generasi baru

via mashable.com
Salah satu desain purwa rupa iPhone 8. (Sumber: mashable.com)

Masa pakai smartphone sebenernya bisa diketahui dari seri yang diterbitin pabrikannya. Selama belum ada generasi baru, generasi lamanya masih bisa berfungsi dengan baik. Hitung-hitungan gampangnya sih gitu.

Misalnya gini. Kamu baru beli iPhone 7 tahun ini. Ternyata, iPhone 7S keluar bulan depan. Karena iPhone 7S cuma versi alternatifnya iPhone 7, mending kamu ganti ponsel ketika iPhone 8 rilis nanti.

Setelah perhatiin lima tanda di atas dan lakuin beberapa tips di dalamnya, smartphone manapun gak bakalan lemot. Hanya aja, ponsel baru tetep jauh lebih cepat daripada ponsel lama yang baru aja diakal-akalin. Gimana menurut kamu? Semoga bisa jadi pertimbangan sebelum ganti smartphone ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.