Selasa, 19 Maret 2019

Genmuda – Udah bawaan seorang sahabat kalo punya temen cowok ataupun cewek yang lagi jomblo terus pengennya dicomblangin. Apalagi kalo temen itu sering mengeluh sama status ‘jomblo’-nya. Pasti bikin sosok si Mak Comblang pengen buru-buru cariin jodoh.

Prosesnya berawal ngasih tawaran sederhana, “Nih temen gue jomblo, siapa tau cocok.” Dari situ sosok Mak Comblang udah nyusun rencana gimana mereka bisa jadian dan udah mikir bajalan dapet PJ (Pajak Jadian).

Namun ada kalanya kamu yang pengen jadi Mak Coblang gagal total lantaran salah bertindak. Padahal kamu ngerasa udah berusaha buat bikin mereka bersatu. Biar engga salah lagi, nih Genmuda.com kasih tau penyebabnya:

1. Memaksakan

Awalnya sih, cuma ngasih kontak atau jadi penghubung saat pertama ketemu. Tapi lama-kelamaan kamu jadi memaksakan kehendak kamu kalau mereka harus pacaran. Belum tentu kan setelah kenalan salah satu dari temen kamu itu cocok. Kan yang ngejalanin hubungan mereka bukan kamu.

2. Ngerasa lebih dekat sama satu pihak

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Mak Comblang itu harus adil, kalo engga kamu akan ngerasa ngebelain salah satu pihak aja. Padahal ada dua orang yang lagi kamu berusaha dekatkan, yang jelas-jelas punya karakter yang beda. Usahain deh menjadi pendengar yang baik buat dua orang, bukan malah lebih dekat ke satu pihak.

3. Engga ngasih ruang

Gaes, walaupun mereka saling mengenal karena kamu, bukan berarti kamu harus selalu ada di antara mereka. Biarin aja mereka mengenal satu sama lain, kecuali ada masalah atau mereka pengen curhat ke kamu baru deh sosok Mak Comblang beraksi.

4. Terlalu ikut campur

Via google
(Sumber: Istimewa)

Setelah ngedengerin dua-duanya bukan berarti kamu yang berhak ngambil keputusan. Apalagi ini urusan hati, biarin aja mereka mengaturnya mau gimana. Jangan samain kamu malah kayak perjodohan ala Siti Nurbaya. Atau malah sampe marah kalo mereka engga jadian. POKOKNYA JANGAN!

5. Tiba-tiba jadi naksir

Banyak juga yang gagal karena malah jadi naksir sama temen yang dicomblangin. Soalnya kamu bakal sering berhubungan sama doi. Apalagi kalo udah dengerin curhatannya, kamu jadi tau pasangan yang seperti apa yang mereka mau. Bahkan kamu malah yang dianggap lebih pengertian daripada temen kamu. Engga salahnya naksir, tapi kamu harus bisa kasih pengertian ke temen kamu yang lagi dicomblangin. *Pokoknya masalah hati engga pernah salah kan. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela