Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Buat kebanyakan orang Indonesia, rutinitas mandi mulai dari cuci muka sampai gosok gigi pasti semuanya bakal dilakuin di kamar mandi. Kemungkinan sih cuma ada segelintir orang doang yang cuci muka dan gosok giginya terpisah di wastafel.

Sebenarnya mau kamu pipis, cuci muka, sabunan, sampoan, dan gosok gigi sekaligus atau engga di kamar mandi itu urusan kamu. Apalagi pas mandi pagi, pasti kamu lagi buru-buru dan pengen ngirit waktu biar engga terlambat ngejalanin kegiatan harian kamu ‘kan?

Sayangnya, para ahli perawatan kulit engga setuju dengan rutinitas mandi kamu yang serba sekaligus kayak gitu. Secara khusus, mereka engga setuju kalau kamu cuci muka di kamar mandi. Menurut mereka, hal tersebut merupakan hal yang amat sangat buruk buat kulit kamu.

Lah, memangnya kenapa? Pertama-tama, kamu bakal lebih sulit buat ngontrol suhu pas kamu ngelakuin banyak hal secara bersamaan. Dengan kata lain, kamu bakal susah buat mastiin apakah air yang kamu pakai suhunya udah sesuai buat kulit kamu atau belum.

Tapi, kalau engga cuci muka di kamar mandi sekalian pas mandi, kamu harus cuci muka di mana? Well, seorang ahli kulit bernama Dr Tanzi sih nyaranin pasien-pasiennya supaya cuci muka di wastafel. “Anda dapat mengukur suhu lebih efektif dan sebaiknya Anda menggunakan air yang agak hangat hingga air dingin, yang lebih baik untuk wajah halus dan lembut,” katanya.

FYI, air panas — yang biasa dipakai sebagian orang buat mandi — bisa ngerusak kulit dan bikin kulit kering dalam jangka panjang. Selain itu, kalau kamu rentan terhadap kemerahan, air panas cuma bakal bikin masalah kamu tambah parah. Air panas bakal ngelebarin pembuluh darah dan kapiler, sehingga kamu nantinya bakal jerawatan.

Bukan cuma itu, sisa-sisa kotoran produk mandi selalin sabun cuci muka yang kamu pakai bisa juga bakal ngasih dampak buruk buat kulit muka kamu loh, Kawan Muda. Hal itu pun terjadi soalnya sampo dan kondisioner yang tersisa di rambut kamu bisa kena ke muka kamu tanpa sengaja.

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat adalah cuci muka di kamar juga berarti ada lebih banyak air yang bakal kena ke muka kamu ketimbang pas kamu cuci muka di wastafel. Entah kenapa dan anehnya, hal tersebut justru bisa bikin kulit kamu jadi kering.

Terus, gimana kalau engga punya wastafel? Masa harus di bak cuci piring? Ya engga usah sampai segitunya juga sih, Kawan Muda. Kamu lakuin aja perawatan muka secara rutin. Tidur yang cukup pun sedikit banyak bisa turut ngebantu kamu buat ngedapetin muka yang lebih kinclong alias bebas jerawat. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer