Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Demi hasilkan foto bagus, sebagian anak muda rela merogoh kocek dalem-dalem buat beli kamera mirrorless, ponsel berkamera bagus, atau luangin banyak waktu untuk belajar ngedit foto. Karenanya, cuma segelintir orang aja yang bisa menghasilkan foto artsy dan instagrammable banget.

Sementara yang budget-nya pas-pasan atau engga punya waktu luang belajar Photoshop cuma bisa puas andalkan filter dari berbagai aplikasi gratis di ponselnya. Tapi tenang sob, sebentar lagi Adobe bakal mengubah keadaan itu biar jadi lebih gampang.

Divisi research and development perusahaan yang memproduksi Photoshop berhasil temukan cara mentransfer komposisi warna satu foto ke foto lain. Project itu meluncur berkat kerjasama dengan para peneliti Ilmu Komputer Cornell University Amerika Serikat.

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Berdasarkan makalah peneliti yang terbit, 22 Maret lalu, fitur itu bikin sistem Adobe mampu memahami pola warna dan pencahayaan di satu foto. Kemudian, bisa mengedit sebuah foto secara otomatis menggunakan pola pola pencahayaan foto sebelumnya.

Gampangnya, cara kerja fiturnya mirip seperti filter di berbagai perangkat pengedit foto (Pixlr Express, Prisma, atau VSCOCAM). Bedanya, “filter” ala Adobe ini jumlahnya engga terbatas. Selama kamu masih nemu contoh foto bagus, maka kamu masih punya stok filter.

Apa fungsinya buat anak muda?

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Temuan ini bener-bener mampu mengubah dunia fotografi digital. Anak-anak Instagram bisa bikin halaman akunnya “senada” dengan fitur ini. Sementara itu, para fotografer bisa mencontoh karya seniornya tanpa perlu buang banyak waktu dalam mengedit komposisi foto.

Dalam makalah itu, para peneliti bilang kalo “Sebuah foto bisa diubah total tata cahaya dan komposisi warnanya, hingga seolah-olah diambil di momen dan waktu yang berbeda.”

Berdasarkan contohnya, foto pemandangan gedung pencakar langit berlatar langit pagi bisa diedit hingga keliatan kayak sore hari tanpa membuat gambarnya terdistorsi. Bahkan, lampu-lampu gedung juga bisa dibikin nyala dengan sendirinya.

Di mana fitur ini tersedia?

via: Tumblr

TAPI, fitur yang baru banget tercipta ini belum tersedia untuk publik. Pihak Adobe sama sekali belum ngomong apakah teknik bernama “Deep Photo Style Transfer” itu bakal masuk ke Adobe Photoshop, Lightroom, AI, atau bahkan jadi sebuah aplikasi tersendiri. Yang jelas, teknologinya udah ada dan tinggal nunggu kabar baiknya dirilis ke publik. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.