Rabu, 27 Maret 2019

Genmuda – Meski semua orang udah tau betapa besar manfaat berolahraga, tapi masih ada aja alesan buat engga ngelakuinnya. Padatnya aktivitas sehari-hari jadi salah satu alesannya. Padahal, makin padatnya kegiatan justru menuntut kamu buat makin rajin berolahraga.

Kenapa bisa begitu? Pertama, udah jelas kita butuh refreshing dari rutinitas supaya bisa makin produktif. Olahraga merupakan bentuk refreshing yang lebih hemat biaya daripada piknik atau shopping ke tempat-tempat seru. Tapi selain itu, masih banyak lagi manfaat berolahraga yang bisa kamu dapetin. Misalnya aja 7 hal di bawah ini:

1. Mengurangi depresi

Tech Insider 30 Maret 2016 memberitakan kalo olahraga (apa lagi kalo intensif) bisa merangsang tubuh memproduksi hormon endorphin. Ketika hormon itu tersebar ke seluruh tubuh, kamu bakal ngerasa gembira, mood bakal bagus, dan udah pasti ngurangi depresi yang kamu rasa. Boleh dibilang kalo olahraga tuh salah satu obat galau yang ampuh.

2. Bikin pede

Meski ada pepatah yang bilang ‘Jangan nilai buku dari sampulnya,’ bentuk tubuh yang dinilai jelek tetep aja bikin pemiliknya jadi stres atau minder. (Kamu jangan gitu ya!) Salah satu cara buat mengatasi itu adalah dengan olahraga. Kenapa engga mengurangi makan? Karena mengurangi makan bisa berisiko bikin kamu pusing. Sementara itu, olahraga kardio dan otot, seperti lari serta push-up bikin kamu makin sexy.

3. Mengasah otak

Siapa bilang orang yang rajin olahraga tuh identik dengan orang bodoh? So very wrong. Dari riset yang dipublikasikan di Tech Insider, orang yang rajin berolahraga malah cenderung punya otak yang lebih encer, terutama buat mengingat dan memahami hal baru. Kenapa begitu? Udah jelas kan. Ketika anggota badan kamu bergerak kan otak kamu juga bekerja. Secara, tiap gerakan badan dikontrol otak.

4. Makin subur

Masih dari riset yang sama, diungkapin kalo olahraga erat kaitannya dengan bertambahnya kesuburan seseorang. Well, kesuburan engga selamanya berhubungan dengan reproduksi. Arguably, ketika hormon itu seimbang, kamu bakal keliatan lebih atraktif daripada biasanya.

5. Awet muda

(Sumber: Oddity Central)
(Sumber: Oddity Central)

Serum atau suplemen kecantikan bukanlah satu-satunya solusi awet muda. Menurut studi yang dipublikasikan di NYtimes, 1 Juli 2015, penampilan fisik olahragawan berumur di atas 40 tahun tuh masih berfungsi layaknya orang berusia 20 tahun di bawahnya. Mau kan tetep keliatan kayak sepantaran sama anak sendiri nanti?

6. Bikin panjang umur

Jurnal American College of Cardiology tahun 2014 pernah nerbitin penelitian yang menyimpulkan kalo berlari (bukan dari kenyataan) paling engga lima menit tiap hari tuh bikin kamu panjang umur. Sebab, saluran pernafasan kamu bakal terlatih. Menurut penelitian hampir 50% orang yang jarang melatih saluran pernapasannya meninggal karena komplikasi di saluran pernapasannya.

7. Bikin mudah tidur

(Sumber: tumblr)

Olahraga teratur sekitar 20-30 menit sebanyak tiga hingga empat kali seminggu bisa mengurangi insomnia, alias kecenderungan susah tidur. Askmen juga bilang kalo kamu bakal tidur lebih nyenyak. Disarankan, olahraganya jangan dilakukan sebelum tidur. Bisa-bisa kamu malah terlalu berenergi dan engga bisa tidur. Baiknya olahraga tuh di pagi atau sore.

Nah, dari 7 fakta di atas, bisa disimpulin kalo olahraga merupakan salah satu penangkal semua masalah yang dihadapi anak muda. Jadi engga ada salahnya buat rajin dan mendedikasikan diri berolahraga. Siapa tau kamu malah jadi olahragawan profesional. Menurut kamu, apa lagi manfaat olahraga buat anak muda? Kasih tau aja di kolom komentar ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.