Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Guling. Dari namanya aja Kawan Muda udah bisa tau kalo benda satu ini merupakan peralatan tempur buat ‘bobo (sok) cantik’ selain bantal. Meski tidur sambil meluk guling itu udah jadi kebiasaan menakar orang Indonesia, tapi kamu tau engga sih asal mulanya?

Jadi nih ya, saat jaman pemerintahan Hindia Belanda guling sebenarnya baru pertama kali diperkenalkan. Pemerintah kolonial sengaja memberi orang pribumi guling supaya mereka (terutama cowok) engga ‘depresi’ karena engga punya pasangan. *sedih ya? pasti cowok jomblo.

Tapi di luar dari itu semua ternyata ada alasan yang lebih logis nih guys. Para pejuang yang engga sempet ‘ngurusin soal asmara’ apalagi ngebet cari pacar, menjadikan guling sebagai teman mereka saat tidur. Intinya sih supaya engga kesepian. 

Hal serupa pernah juga disinggung sama Mas Pram dalam buku ‘Jejak Langkah’. Bahkan saat Inggris menguasai nusantara nama guling sempat diganti menjadi ‘Dutch’s Wife’ oleh Thomas Stanford Raffles, dengan maksud mengejek tentara Belanda.

Bentuknya guling perpaduan tiga budaya

via: Tumblr

FYI. bentuk guling yang sering kamu peluk-peluk itu sendiri merupakan hasil akulturasi budaya Eropa, Tingkok, dan Indonesia. Di Asia Timur guling juga diperkenalkan oleh kaum bangsawan dan akhirnya menyebar dan ditiru sama masyarakat umum.

Bentuk memanjang yang mirip kayak lontong itu pun punya nama beda-beda, di Tiongkok disebut zhufuren, Korea disebut jukbuin, dan Jepang disebut chikufujin. Semakin ke sini bentuk guling udah makin banyak dan aneh-aneh. Coba aja liat bentuk di atas. Yang jones engga perlu terlalu ngenes deh. He-he.

Manfaat bagi kesehatan

(Sumber: google)
(Sumber: google)

Walaupun orang bule suka bingung kenapa kita tidur peluk guling namun dunia kedokteran udah banyak membuktikan manfaat memeluk guling, mulai dari mengurangi sakit pinggang, tidur lebih nyenyak, hingga engga ngorok.

Kok bisa gitu Genmuda.com? Hal ini terjadi lantaran posisi tubuh tidur lebih rileks dan engga terlentang. Saat kamu tidur pake bantal dan guling turut menjadikan waktu tidur menjadi lebih berkualitas. Dan Indonesia termasuk salah satu negara di mana guling udah menjadi kebutuhan pas tidur. 

Nah, jadi udah tau dong alasan kenapa orang Indonesia kalo tidur perlu pake guling. Buat yang jomblo mungkin kamu bisa ikut rileks, buat yang udah pasangan bisa juga dong bikin badan kamu makin sehat. Kalo udah berhasil nambah wawasan kamu, langsung aja share tulisan ini ke teman-teman kamu, Siapa tau dapet guling baru. *canda.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.