Minggu, 18 Agustus 2019

Genmuda – Senapan laser, pesawat berkecepatan cahaya, dan cerita kehidupan luar angkasa di balut drama jadi rumus sukses film sci-fi jaman sekarang berkat George Lucas. Dalam film “Star Wars Episode IV” (1977), pendiri Lucas Film itu berhasil meramu sci-fi yang jadi karya blockbuster, bukan cuma film nerd yang ngebingungin.

Sementara itu, para nerd dan geek sangat suka film-film “Star Wars” karena teknologi-teknologi masa depan khayalan Lucas di dalamnya. Pada tahun 1970-an gak semua orang bisa ngebayangin ada senapan laser, perang antar galaksi, apa lagi soal pedang light saber hingga force.

Dengan ilmu pengetahuan modern, berbagai ilmuwan terinspirasi ngembangin fiksi-ilmiah ikonik dunia “Star Wars” ke dunia nyata. Jadi, jangan kaget kalo dalam waktu dekat teknologi di bawah ini beneran dipakai di dunia dan manusia bisa dengan mudahnya pindah galaksi.

1. Laser

Eric Davis, fisikawan Institute of Advanced Studies Austin, Texas bilang kalo light saber adalah sesuatu yang belum akan ada dalam waktu dekat. “Meski mungkin terjadi, memadatkan cahaya sangat tidak praktikal karena butuh alat pembeku super kuat, lebih kuat dari yang ada di lab tercanggih saat ini,” tuturnya.

Meski begitu, pistol laser sangat mungkin muncul dalam waktu dekat karena faktanya ilmuwan Angkatan Laut AS berhasil menciptakannya. Senjata laser tingkat awal itu sukses tumbangin drone militer sebesar mobil dan lumpuhin perahu motor. Musim panas tahun ini, giliran Angkatan Udara AS menguji senapan laser mereka yang katanya lima kali lebih kuat.

2. Tractor beams

Di belahan lain dunia, ilmuwan Australian National University berhasil ciptakan laser pengikat yang mampu ngambil bola kaca dan membawanya hingga 20 cm atau 100 kali lebih jauh dari percobaan awal di tahun 2016. Di film “Star Wars” laser pengikat, atau “tractor beams” merupakan fitur pesawat Millennium Falcon yang biasa dipakai Han Solo untuk ngambil jarahan di luar angkasa.

3. Hyperdrive

via agentsofguard.com
(Sumber: agentsofguard.com)

Albert Einstein pernah berpendapat kalo jarak titik satu ke titik lain di luar angkasa bisa dipendekin. Di film “Star Wars” alat bernama hyperdrive yang terpasang di pesawat Millennium Falcon punya kekuatan itu, sehingga pesawat berbobot ribuan ton pindah galaksi yang jaraknya jutaan tahun cahaya dalam beberapa menit.

Laboratorium Eagleworks di Johnson Space Center NASA, Houston, Texas mengklaim berhasil ciptakan teknologi warp setara hyperdrive. Hanya aja, hasil temuan mereka balum dipublikasi, sehingga ilmuwan lain belum bisa mengujinya lebih lanjut. Tinggal tunggu waktu aja nih NASA bikin Millennium Falcon beneran.

4. Speeders

Motor terbang, atau yang di film disebut “speeders,” muncul dalam berbagai jenis. Perusahaan teknologi bernama Aerofex di California berhasil ciptakan motor yang bentuknya mirip banget kayak di “Star Wars.” Kendaraan satu orang bernama Aero-X itu bisa terbang setinggi 3 meter dan melaju hingga 72 kilometer per jam.

Perusahaan Malloy Aeronautics di Inggris malah berhasil ciptakan hoverbike yang bisa melaju 274 kilometer per jam dan terbang setinggi helikopter. Perusahaan Terrafugia malah udah bikin mobil terbang yang cara kerjanya mirip seperti pesawat mini.

5. Planet siap huni

via YouTube
(Sumber: YouTube)

Cuma Bumi yang jadi planet siap huni di Tata Surya pada saat “Star Wars” pertama kali rilis di layar lebar. Seiring berjalannya waktu, NASA berhasil temuin beberapa planet dengan karakteristik mirip bumi, yaitu punya atmosfer dan gravitasi yang mampu menahan air supaya tetap mengubang di daratannya dan jadi laut.

6. Droids

Amerika Serikat, Jepang, dan Rusia udah berhasil bikin robot berbentuk manusia yang bisa berdiri seimbang, meski gerakannya masih patah-patah. Kecerdasan buatannya (AI) juga udah tercipta, malah ada AI yang bisa berperilaku layaknya istri sendiri.

Kabarnya, Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) berhasil kembangkan robot yang bisa menyetir, membuka pintu, naik tangga, dan mematikan kran. Sementara itu, Russia sukses melatih robot jadi penembak jitu.

7. Hologram

Dengan alat bernama Voxiebox, gambar hologram 3D bisa muncul dan diliat tanpa harus pakai kacamata khusus atau perangkat VR. Kamu yang nonton “Star Wars: A New Hope” pasti tau kalo hologram yang dimaksud adalah hologram yang nampilin pesan Princess Leia untuk Obi-Wan Kenobi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.