Sabtu, 19 Januari 2019
Hiburan

DJ Irwan & Rico Greene Buktiin Kalo ‘Back to Basic’ dalam Musik EDM Itu Penting!

via ©Genmuda.com/2017 TIMKi-ka: DJ Irwan dan Rico Greene beraksi di panggung Avenew Townsquare Soundfest, Sabtu malam (4/2). (©Genmuda.com/2017 TIM)

Genmuda – Tempat gelap buat joget, tata lampu laser yang menyilaukan, dan suasana pesta sampai pagi bikin musik EDM diminati. Hanya saja, modal tiga hal itu engga cukup. Musisi EDM juga butuh kemampuan para penampil seni.

Apa itu? Istilah kerennya adalah showmanship, atau kemampuan si artis mengajak kerumunan penonton terlibat tanpa keliatan sibuk sendiri. Misalnya aja, seperti minta penonton tepuk tangan, jingkrak-jingkrak, atau simply dengan menyapa saat perpindahan lagu.

©Genmuda.com/2017 TIM
Rico Greene ngajak penonton nyanyi bareng. (©Genmuda.com/2017 TIM)

Dari semua artis yang naik panggung Townsquare Soundfest, Sabtu malam (4/2), cuma artis di panggung Avenew yang punya showmanship seperti itu. Artis lainnya seperti terlalu sibuk sama turn table doi.

Di panggung Avenew, DJ Irwan feat Rico Greene lah yang paling menonjol. Bukan kata Genmuda.com doang, tapi sejumlah penonton juga bilang gitu. Misalnya aja, Dahlia (28) yang bilang, “Irwan dan Rico keren banget! Bikin acaranya makin seru.”

Pemilihan lagunya mantap

©Genmuda.com/2017 TIM
DJ Irwan seneng banget nih crowdnya pada seru sendiri. (©Genmuda.com/2017 TIM)

Di panggung, Irwan dan Greene nge-medley sejumlah lagu populer dari era 90-an sampai sekarang. Contohnya, “Blame It On the Boogie” karya The Jacksons, “Crazy In Love” karya Beyonce, atau “Yeah!” yang dinyanyiin Usher.

Lagu “24K Magic” dan “Uptown Funk” Bruno Mars juga dibawain dan penonton makin girang berjoget dan teriak bareng-bareng. Kalo kata Dahlia, keren banget DJ Irwan dan Greene bikin hip-hop, RnB, dan aliran musik lain kedengeran masuk sama EDM.

DJ Irwan juga engga boleh dianggap remeh. Di tengah musik EDM sekarang yang fokusnya mainin efek reverb, echo, dan suspense, doi dengan berani mengeluarkan teknik scratch seperti era 90-an. Hasilnya, musik mereka melebur antara retro, hip-hop, RnB, dan pastinya EDM.

Respon penonton

©Genmuda.com/2017 TIM
Penonton Townsquare Soundfest lagi nikmati musik EDM di panggung Avenew. (©Genmuda.com/2017 TIM)

Dennis Adhiswara yang malam itu berkunjung juga bilang kalo penampilan DJ Irwan dan Rico Greene keren banget. “Dia favorit gue hari ini selain Sasha. Keren banget! Mereka bisa bikin suasananya seru,” tutur Dennis.

Jadi, wajar banget panggung lain langsung sepi ketika DJ Irwan dan Rico naik panggung. Penonton yang duduk beristirahat di barisan paling belakang aja langsung nyempil ke depan. Mereka engga mau ketinggalan joget.

Cuma, sayang banget penontonnya joget di tempat panas. Setelah Irwan-Rico turun sekitar 23.00 WIB, penontonnya juga bubar melipir ke panggung DeepTech yang jauh lebih adem.

Townsquare Soundfest 2017 @townsquarecilandak #citosjkt

A post shared by Party Madness (@partymadnessid) on

Reza (25) dan Virka (24), pasangan pengunjung yang lagi ngaso, bilang mereka sengaja pengen joget sampai puas di panggung DeepTech sambil nunggu Jevin Julian dan Neonomora naik panggung Avenew.

Kesimpulannya, Kawan Muda engga bisa berpangku tangan andelin musik EDM doang dan berharap penonton pada menggila sendiri. Perlu penguasaan panggung dan interaksi biar suasananya makin hangat. Ntap! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.