Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Smartphone ibarat dua mata pisau. Satu sisi bisa menolong banyak kebutuhan hidup kamu sehari-hari, sedangkan sisi lainnya bisa berdampak panjang buat berbagai masalah. Mulai dari kesehatan fisik, pikiran, hingga masih banyak lagi.

Tapi Kawan Muda pernah gak sih ngerasa hidup lo ketergantungan banget sama smartphone? Pernah kepikiran buat istirahat sejenak dan detoksifikasi pikiran untuk fokus sama kehidupan lo tanpa adanya gangguan smartphone? Kalo lo lagi ngerasa kayak gitu, sekarang Genmuda.com bakal kasih 7 tips yang mungkin bisa membantu.

1. Matikan notifikasi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Aplikasi medsos, transportasi online, voucher belanja, e-commerce, sampai gim online sering kali ngirim notifikasi di sela-sela hari lo. Namanya manusia bisa khilaf, tangan dan pikiran lo bisa aja engga singkron. Pikiran mau fokus kerja, tapi tangan gatel banget pengen ngecek notif yang masuk. Gak salah, tapi lo juga bisa ambil sikap dengan mematikan semua notifikasi gak penting yang tidak ada kaitannya dengan perkerjaan lo.

2. Hapus aplikasinya

Udah matikan notifikasi masih belum mempan juga? Kalo gitu silakan hapus aplikasi ‘pengganggu’ dari smartphone lo. Cara ini juga sukses dilakuin sama Jerome Polim buat mendetoksifikasi dirinya dari medsos supaya lebih konsen belajar tanpa keseringan distraksi. Sekiranya lo udah punya banyak waktu luang, baru deh install lagi aplikasinya.

3. Batasi penggunaannya

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Meski milenial gak bisa jauh dari smartphone, namun gak ada salahnya untuk membatasi penggunaan smartphone. Lo bisa kan mengatur screen time kapan harus main atau istirahat dari smartphone. Kalo cara ini udah dilakuin sekarang kembali lagi ke lo, sering dilakuin atau malah cheating?

4. Keras sama diri sendiri

Ini yang mungkin gak mudah dilakukan sama setiap orang, yaitu membatasi diri sekaligus memberikan hukuman buat diri sendiri. Hukumannya yang ringan-ringan aja gengs, misalnya kalo lo ketawan melanggar, lo engga akan buka smartphone selama 12 jam. Gak perlu pakai dihukum cambuk atau potong jari tangan segala. Lo kan bukan koruptor. IYAH.

5. Alihkan ke aktivitas lain yang lebih produktif

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Saat lagi gabut, pelarian yang paling tepat pasti lewat smartphone. Namun ada banyak cara lain yang lebih asik buat menghidari main handphone. Lo bisa mengalihkannya dengan olahraga, bikin konten, baca buku, dan melakukan hal-hal berfaedah lainnya yang gak perlu membutuhkan smartphone.

6. Gunakan perangkat pintar lainnya

Perangkat pintar alias smart device juga dapat membantu lo menjauhkan diri dari smartphone. Gak perlu yang mahal. Lo bisa kok membeli gelang atau jam pintar yang bisa mengontrol kebiasaan bermain smartphone dalam jangka panjang. Selain itu perangkat pintar ini juga dapat memberikan laporan seberapa lama lo menggunakan smartphone dalam sehari, seminggu, sebulan, sampai setahun.

7. Jangan main smartphone sebelum tidur

via Istimewa
Itu bukan The Weeknd itu cowok kurang tidur. (Sumber: Istimewa)

Selain banyak mudarat-nya, aktivitas smartphone di malam hari secara gak langsung akan mempengaruhi pikiran lo buat selalu aware dengan apa yang terjadi di esok pagi. Gak heran jika saat terjaga yang lo lihat langsung ada pada layar smartphone.

Gimana? Berat ya? Yaudah namanya juga cara untuk detoksifikasi pikiran dari smartphone. Suka atau engga, at least lo bisa mencoba satu dari tujuh tips di atas. Selamat mencoba.

Comments

comments