Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Osteoporosis atau penyakit tulang keropos sering terjadi di usia lansia dimana terjadi penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan menyebabkan terjadinya risiko patah tulang.

Gejalanya bisa macam-macam gengs, mulai dari nyeri di tulang dan otot, terutama sering terjadi pada punggung. Nah, kondisi patah tulang ini biasanya terjadi pada tulang belakang, panggul, dan pergelangan.

Tapi bukan berarti anak muda bebas dari penyakit tulang rapuh ya, soalnya kebiasaan dari gaya hidup gak sehat yang dekat dengan generasi milenial ternyata bisa menyebabkan tulang kamu keropos. Emang kebiasaan apa sih Genmuda.com? Baca aja ulasan lengkapnya di bawah!

Merokok

via: Huffington Post
(Sumber: Istimewa)

Selain berbahaya bagi pernafasan dan jantung, tulang kamu juga terancam kalo keseringan menghisap rokok. Hal ini disebabkan sama radikal bebas dan senyawa kimia berbahaya yang dilepaskan bersamaan dengan asap rokok yang membuat kerusakan pada sel-sel tulang.

Kandungan nikotin pada rokok juga mempengaruhi aliran darah ke tulang, menghambat produksi sel pembentukan tulang, dan menghambat penyerapan kalsium. Tanpa disadari kebiasaan ini malah akan melemahkan fungsi tulang kamu di usia muda. Eits, risiko ini juga berlaku bagi perokok pasif ya.

Minum kopi

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Selama kamu mengonsumsi kopi dengan takaran wajar sih engga masalah, tapi beda kasusnya kalo udah kecanduan. Sama halnya dengan nikotin, kandungan kafein dapat menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan meningkatkan risiko tulang keropos.

Minuman kaleng

via: Thinkstock/Robert Byron
(Sumber: Thinkstock/Robert Byron)

Kandungan gula, kafein, dan soda, jadi ‘paket jahat’ yang ada dalam minuman kaleng. Kamu yang sering mengonsumsi minuman ini sebaiknya hati-hati gengs. Kafein dan gula buatan aja udah nimbulin banyak penyakit berbahaya, ditambah soda yang terbukti menurunkan kepadatan tulang sehingga meningkatkan risiko tulang keropos.

Saran dari Genmuda.com rajin deh buat bekel air putih dari rumah buat ke kampus atau kantor. Karena bagaimanapun juga air putih adalah minuman paling baik buat menjaga tubuh kamu tetep sehat dan gak gampang lemes.

Selain itu, penting juga buat menjaga kekuatan tulang kamu dengan rutin berolahraga, mengonsumsi asupan alami kalsium dari ikan, sayuran, dan susu. Inget, sehat itu malah. Gak keren juga dong masih muda kok tulangnya udah keropos? (sds)

Comments

comments

Ricky Ismail
Becoming agents of change • Salah satu mahasiswa di Universitas Syiah Kuala jurusan Ekonomi Pembangunan.