Rabu, 22 Mei 2019
HubunganSerius Lo?Cinta

Dear, Usia 20an. Kamu Belum Siap Menikah Loh Kalo Masih Lakuin 10 Hal Ini

via IstimewaKalau kamu belum siap menikah, jangan sembarangan ikutin cewek-cowok di gambar ini. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Foto temen pamerin cincin pernikahan keliatan makin sering muncul di medsos seiring bertambahnya usia, terutama di usia 20an. Sementara mereka yang di foto tampak senyum lebar berbahagia, temen-temen yang belum nikah ngerasa resah.

“Apakah gue bakalan yang terakhir nikah di antara anak-anak? Duh, semoga engga!”

Kegelisahan itu sering bikin orang salah kaprah, loh. Masa pernikahan, yang harusnya merupakan titik balik atau katakanlah momen penting dalam hidup, dianggap balapan. Akad jadi gak ada bedanya sama lomba 17 Agustusan antar kampung, dong. Idealnya kan nikah tuh karena udah siap dan butuh.

Nah, tiap orang ngerasa siap nikah dalam waktu yang berbeda. Ada yang baru kenal langsung “ayok,” ada yang harus penjajakan bertahun-tahun dulu baru bisa bilang “I do.” Jangan asal ikut-ikutan temen. Coba perhatiin dulu 10 tanda di bawah ini. Kalo masih muncul di diri kamu atau pasangan, artinya belum siap nikah.

1. Males ketemu orang yang sama dalam waktu lama

via tenor.com

Selama masih mikir kayak gini, kamu tunda dulu deh nikahnya. Soalnya, kamu bakalan ketemu orang yang sama tiap hari, dari bangun tidur sampai akhirnya tidur lagi. Cuma kepotong kerja aja pas siang-siangnya. Marcia Sirota, psikiater Ruthless Compassion Institute mengatakan itu seperti diwawancarai huffingtonpost.com, 2016.

2. Mau nikah bukan karena sayang

Ada loh pernikahan yang berlangsung bukan karena sayang, tapi karena disuruh orangtua misalnya. Kalo kata Nikki Martinez, seorang profesor psikologi yang dikutip huffingtonpost.com, pernikahan gak bakal berlangsung kalo alasannya salah.

3. Beda keyakinan

via istimewa

Susah juga nih. Hubungan beda kepercayaan bisa berlangsung lama dengan banyak pengorbanan dan negosiasi pihak keluarga. Nikki Martinez bilang, perselisihan pendapat karena urusan agama bisa merembet jadi pertengkaran lain. Komunikasi di rumah pun jadi gak asik.

4. Masih nyimpen rahasia

Sebelum nikah, coba ungkapin dulu semua rahasia yang dipendem dari doi. Karena, rahasia yang terungkap setelah nikah bisa memicu pertengkaran. Elisabeth LaMotte, psikolog DC Counseling, bilang kalo kondisi keuangan dan riwayat penyakit tuh merupakan hal sepele yang seharusnya saling diungkapkan sebelum lamaran.

5. Berharap doi bakal berubah

via giphy.com

Kalo berubah. Tapi kalo gak berubah gimana? Terus bakal nyesel gitu? Bakal mengajukan cerai? Bakal simpan perasaan gak suka sampai akhirnya sakit-sakitan? Pernikahan itu harusnya berlangsung karena cowok dan cewek udah sama-sama nerima keadaannya saat itu, menurut LaMotte.

6. Mikir kalo cerai tuh bukan masalah besar

Beda dari pacaran yang bisa seenaknya putus, pernikahan gak bisa berakhir segampang itu. Perlu melalui berlapis-lapis proses hukum, memakan biaya besar, dan pasti menguras emosi semua anggota keluarga. Leslie Petruk, direktur The Stone Center for Counseling & Leadership bilang kalo orang yang gampangin cerai mending gak nikah aja sekalian.

7. Selalu cek-cok masalah yang sama

via giphy.com

Tahun lalu, kamu dan doi bertengkar karena sulitnya ngatur jadwal ketemuan. Bulan lalu, bertengkar lagi karena masalah serupa. Minggu ini juga sama. Apa yang membuat kamu berpikir kalo pernikahan bisa mengubah pertengkaran itu? Leslie Petruk menyarankan, mikir lagi sebelum nikah kalo masih bertengkar karena itu-itu doang.

8. Jarang ngobrol sama keluarga doi

Nikah di Indonesia itu bukan cuma nyatuin dua orang, tapi seluruh keluarga besarnya. Logikanya, kalo keluarga gak setuju, peluang pernikahan itu kan sulit terjadi. Lagi pula, pedekate sama calon mertua dan sodara-sodara doi penting supaya kamu lebih diterima.

9. Masih mikirin mantan

via istimewa

Bukan hanya mikirin mantan sendiri tapi juga mantan doi. Ketika kalian udah sama-sama bisa ngebahas mantan tanpa berantem, kalian udah siap nikah.

10. Masih pelit berbagi harta

Mau kamu cowok ataupun cewek, ketahuilah kalo kalian bakal saling berbagi kekayaan. Jadi, pikir-pikir lagi kalo masih ngerasa keberatan berbagi kekayaan yang udah susah-susah didapet. Nah, Genmuda.com doain kamu menikah setelah engga nunjukin 10 tanda di atas dan semoga pernikahannya samawa. Good luck! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.