Minggu, 26 Mei 2019
Kekinian

Dear Panitia Pensi Sekolah atau Kampus, Kamu Bisa Dapet Tambahan Modal Pensi dengan 7 Langkah Pasti Ini

©Genmuda.com/2017 TIMCEO OLX Daniel Tumiwa (dua dari kri) dan CMO OLX Edward Kilian (tengah) berfoto sama RAN waktu luncurin "Bekas jadi Pensi," di Jakarta, Kamis malam (23/2). ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Kesulitan nyari ide ngumpulin dana modal pensi bisa teratasi tanpa perlu pasrah sama sponsor. Syaratnya cuma satu. Panitia dan temen satu sekolah/kampus perlu bergerak hingga akhirnya bisa ngundang raja pensi sekelas RAN.

Begitu harapan CEO OLX.com, Daniel Tumiwa waktu ngeluncurin program “Bekas jadi Pensi,” di Jakarta, Kamis malam (23/2). “Sayembara” terbarunya OLX.com itu ngasih kesempatan panitia pensi SMP, SMA, dan kampus datengin RAN tanpa perlu bayar. Plus, pensinya dapet suntikan dana juga.

“Dengan program ini, semua kepanitiaan punya kesempatan yang sama untuk mendapat sponsor,” kata Pak Daniel. Doi juga bilang, selama ini pensi yang langganan dapet sponsor cuma pensi sekolah/kampus gede aja. Akibatnya, banyak pensi lain gatot alias gagal total padahal punya potensi gede.

via bekasjadipensi.id
(Sumber: bekasjadipensi.id)

Sayembaranya mencari tiga pensi buat didanai. Posisi pertama dapet suntikan dana 50 juta rupiah, posisi kedua 30 juta rupiah, dan posisi ketiganya 20 juta rupiah. RAN pun bakal tampil gratis di pensinya.

Sayembara pencarian dana tersebut bisa diikuti semua sekolah di Indonesia. Asalkan, mereka mengikuti peraturan-peraturan sebagaimana yang dijelasin Chief Marketing Officer OLX.com, Edward Kilian Suwignyo. Simak baik-baik di bawah ini, ya.

1. Harus panitia pensi sekolah

via tenor.co

Secara terperinci, Pak Kilian bilang sayembara “Bekas jadi Pensi” diadain khusus buat panitia pensi SMP, SMA, dan kampus. Pensinya harus atasnama instansi pendidikannya. Panitia gigs EDM engga bakal bisa ikut kegiatannya meski mereka berasal dari satu sekolah kalo engga nyantumin nama sekolahnya.

PENTING: Jangan lupa minta persetujuan ketua OSIS dan perwakilan guru, kepala sekolah, dosen, dekan, rektor, atau pembina panitia pensi sebelum daftar sayembaranya. Surat persetujuannya pun harus dibuat sebagai kelengkapan administrasi.

2. Siapin proposal dan logo sekolah

via lecture.ub.ac.id
(Sumber: lecture.ub.ac.id)

Proposal acara pastinya jadi syarat administrasi penting. Engga perlu takut soal desainnya, karena pihak OLX bilang proposalnya minimal nyantumin nama pensi, rencananya, tema, tanggal, tempat, dan daftar artis yang pengen diundang (wishlist artis).

PENTING: Pastiin proposalnya disimpen dalam format .doc, .docx, atau .pdf. Logo sekolah yang diterima cuma bisa dalam format .jpg, .jpeg, .gif, atau .png. Semua file engga boleh lebih dari 2MB.

PENTING BANGET: Pentas seninya maksimal diadain Juli 2017.

3. Daftar di situs bekasjadipensi.id

via giphy.com

Setelah siapin semua administrasi, salah satu perwakilan sekolah harus daftar ke situs bekasjadipensi.id atau bekasjadiapapun.id/pensi. Klik tombol “Daftarkan Sekolahmu Di Sini” yang terletak di bawah poster kece RAN dan isi formulirnya.

PENTING: Kamu perlu nyantumin juga nama perwakilan guru/dosen/pembina panitia pensi beserta nomor teleponnya. Pastiin mengupload file-file administrasi termasuk logo sekolah ke kolom yang tepat.

4. Ngajak orang sebanyak-banyaknya

via citraindonesia.com
(Sumber: citraindonesia.com)

Sayembara ini bukan undian berhadiah. Panitia pensi harus ngajak orang lain sebanyak-banyaknya untuk bikin akun baru di OLX.com. Adek kelas, senior, guru, pelatih ekskul, petugas kantin, atau siapapun perlu diajakin.

PENTING: Panitia dan semua akun baru di OLX harus jualan barang preloved/secondhand dengan tanda pagar #BJP dan #NAMAPENSI (misalnya #PensiSMA29JakartaReduskra). Postingan dagang pun harus disertai tiga foto. Tanpa itu semua, postingan dagangnya engga dihitung.

PENTING BANGET: Makin banyak yang dagang dengan dua tagar itu dan makin laku barangnya, makin besar kesempatan jebolin dananya. Pak Kilian bilang, barang yang paling cepet laku di OLX adalah elektronik, gadget, motor, dan mobil.

5. Cover lagu “Ga Jauh-Jauh” RAN

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Kamu juga harus mengcover lagu “Ga Jauh Jauh” RAN yang bisa diunduh via situs bekasjadipensi.com atau bekasjadiapapun.id/pensi. Kepada Genmuda.com, Rayi, Asta, dan Nino bilang, “Video covernya bisa dibuat sekreatif dan seliar mungkin. Yang paling menarik bakal kami berikan poin tertinggi.”

PENTING: Hingga Jumat (24/2), lagu penting tersebut belom tersedia di situsnya. Asta memprediksi lagunya bakal ready pertengahan Maret.

PENTING BANGET: Pak Kilian bilang, panitia perlu optimalin waktu menunggu ketersediaan lagu untuk ajak pendaftar baru dan jualan sebanyak-banyaknya di OLX.

6. Peraturan video cover

via istimewa

Video lagu cover itu perlu diupload ke YouTube dan disebar biar dapet like sebanyak mungkin. Selain itu, video yang udah diupload juga perlu didata di halaman akun OLX.com. Itu jadi tugas penanggung jawab atau panitia yang daftar di awal.

PENTING: Tiap kepanitiaan pensi cuma bisa mengupload tiga lagu terbaik. Jadi, jangan asal upload ya.

PENTING BANGET: Tiap video cover harus munculin logo OLX dan gunain botol Mizone sebagai propertinya.

6. Pahami penilaiannya

via winecurmudgeon.com
(Sumber: winecurmudgeon.com)

Penilaian tertinggi (sebesar 60%) berasal dari jumlah akun baru yang berhasil diundang dan jumlah dagangan yang dijual dengan tagar #BJP dan #(NAMA PENSI). Jumlah like video covernya berbobot 20%. Abis itu, video pilihan RAN bobotnya 20% juga.

7. Periode sayembara

via photobucket.com

Sayembaranya berlangsung 23 Februari sampai 31 Maret 2017. Pengumuman tiga penerima suntikan dana bakal berlangsung 3 April 2017 lewat Twitter, Facebook, dan Email OLX Indonesia.

Itu deh 7 peraturan penting yang perlu kamu ketahui soal sayembara “Bekas jadi Pensi.” Ketentuan lengkapnya bisa kamu liat di situs mereka. Gimana, gaes? Udah siap bikin pensi terkeren tahun ini belum? Kalo mau media partner sama Genmuda.com juga bisa loh. Liat aja di laman contact us. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.