Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Cara kita berpakaian sering kali bisa nimbulin penilaian tersendiri dari orang lain. Buat kamu para cewek khususnya, hal tersebut bahkan bakal turut nentuin kesempatan kamu buat diterima kerja loh.

Menurut sebuah riset dari Sorbonne University, Paris, cewek yang ngenain atasan berpotongan rendah saat ngelamar kerja punya kemungkinan lima kali lebih besar buat nerima tawaran wawancara ketimbang mereka yang ngenain atasan dengan kerah tertutup. Dengan kata lain, cewek yang nampilin belahan dada di foto CV-nya punya kesempatan lebih banyak buat dipanggil wawancara kerja.

Lebih lanjut, riset tersebut udah ngelibatin dua cewek dengan CV yang hampir mirip buat ngelamar masing-masing ke 100 posisi sales sekaligus 100 posisi akuntansi, dengan setengah CV nampilin foto atasan berkerah tertutup dan setengahnya lagi atasan berpotongan rendah. Dari situ, secara keseluruhan CV dengan foto atasan berpotongan rendah ternyata nerima 62 tawaran wawancara sales lebih banyak dan 68 tawaran wawancara akuntansi lebih banyak.

(Sumber: phys.org)

Hasil tersebut cukup mengejutkan dan negatif, namun belum tentu mengherankan — hasil tersebut menunjukkan bahwa kita perlu melakukan lebih banyak riset,” kata Dr Sevag Kertechian selaku pelaku riset,” seperti dikutip dari The Guardian.

Menariknya, hasil riset tersebut diperoleh cuma berselang beberapa tahun setelah riset lainnya ngungkapin bahwa para bos nganggap atasan berkerah rendah sebagai salah satu “kesalahan terbesar yang bisa dibuat seorang karyawati”. Bahkan, satu dari lima manajer udah mecat seorang bawahannya gara-gara “pakaian yang tak pantas”. Riset yang ngelibatin 3 ribu manajer dan pekerja itu pun nemuin bahwa hampir setengah bos sampai engga naikin gaji atau ngasih promosi gara-gara alasan yang sama.

Terlepas dari itu, kedua riset tersebut punya satu kesamaan, yaitu keduanya nunjukin bahwa kinerja cewek di tempat kerja umumnya bakal dinilai dari penampilannya. Secara spesifik, penilaian tersebut bakal ngeliputin pandangan terkait segimana seksual atau menariknya penampilan cewek itu.

(Sumber: deccanchronicle.com)

Namun demikian, standar serupa engga berlaku pada cowok. Buat cowok, “kecerdasan” bisa dibilang cenderung diukur dengan serangkaian kriteria objektif yang lebih sederhana. Berbagai kriteria tersebut biasanya juga dianggap engga begitu penting kalo dibandingin dengan kinerja dan kemampuannya.

Singkatnya, cara cewek berpakaian di tempat kerja selalu aja nimbulin konflik tersendiri dan berbagai saran yang ada malah engga ngebantu. Pakaian jadi lebih sekedar apa yang dikenain ke buat kerja. Pakaian akhirnya jadi gambaran diri dan sebaik apa kinerja seorang cewek.

So, buat kamu para cewek, ujung-ujungnya yang bisa kamu lakuin adalah pakai apapun yang menurut kamu nyaman dan pantas bagi kamu pribadi. Buktiin ke orang-orang kalo mereka seharusnya ngehargain kamu berdasarkan kinerja kamu, bukan apa yang kamu pakai. Tetap semangat, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer