Rabu, 24 April 2019

Genmuda – Jakarta, ibukota Indonesia yang ngasih sejuta kemudahan, sekaligus sejuta kerumitan. Banyak banget orang yang pengen pindah ke Jakarta dan berharap dapet kehidupan yang lebih layak. Tapi ya namanya juga hidup, ada yang berhasil, ada juga yang enggak.

Nah karena Jakarta lagi ulang tahun di tanggal 22 Juni ini, nih coba liat dulu 22 fakta tentang Jakarta. Siapa tau ada yang belum kamu tau ya, kan?

1. Kota dengan mall terbanyak

(Sumber: Istimewa)

Kamu yang tinggal di Jakarta, pasti gak akan kebingungan ya kalo mau ke mall. Banyak banget mall yang bisa kamu kunjungi, dan tersebar di semua kota di Jakarta. Dari yang high class, sampe yang middle class ada semua. Dari yang jual barang satuan, sampe jual barang grosir juga banyak. Kalo menurut Wikipedia sih, total semua mall di Jakarta ada sekitar 94. Banyak ya!

2. Sampah menumpuk setiap tahun

Udah bukan rahasia lagi kalo Jakarta jadi kota penghasil sampah terbanyak. Terbukti sama banjir yang sering terjadi ketika musim hujan lagi mengguyur Jakarta. Seenggaknya ada 7000 ton sampah per hari yang dihasilkan sama warga Jakarta. Di malam tahun baru yang cuma sehari aja, sampah di Jakarta sampe 225 ton!

3. Kota dengan jumlah pendatang terbanyak

Kata Pak Djarot, seenggaknya ada 50 ribu orang yang datang dari daerah ke Jakarta setiap musim arus balik lebaran. Mereka orang-orang luar daerah yang mudik ke kampungnya, biasanya balik lagi ke Jakarta dengan bawa sanak saudaranya, jadi Jakarta makin penuh sama pendatang.

4. Banyak patung dan monumen

via Tempo.co
Kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (Sumber: tempo.co)

Kalo kamu suka jalan-jalan keliling Jakarta, pasti sering deh nemuin baik patung maupun monumen yang ada di Jakarta. Ada yang dipinggir-pinggir jalan, ada juga yang dijaga dan terletakk di tempat tertentu kayak taman. Terhitung nih ada sebanyak 30 patung dan monumen loh di Jakarta. Coba, kamu bisa sebutin gak apa aja?

5. Tentang logo di Transjakarta

Sering liat Transjakarta kan? Nah di badan mobilnya ada tuh gambar burung elang dan salak dibawahnya. Tapi tau gak sih kamu kalo itu ikonik banget? Jadi burung elang bondol adalah maskot kota Jakarta, sedangkan salak Condet menjadi buah (yang dulu) primadona Jakarta.

6. Pernah sampe 13 kali ganti nama

Jadi sebelum jadi Jakarta dan ditetapkan tanggal 22 Juni, ini dia nama-nama Jakarta sebelumnya. Dimulai dari Sunda Kelapa, Jayakarta, Stad Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemeente Batavia, Jakarta Toko Betsu Shi, Pemerintah Nasional Kota Jakarta, Stad Gemeente Batavia, Kota Praj’a Jakarta, Kota Praja Djakarta Raya, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

7. Masyarakat multi kultur

via: Famous.id
(Sumber: Istimewa)

Kalo pengen kenal sama semua orang dari berbagai suku, coba kamu tinggal deh di Jakarta. Banyak orang daerah yang mengadu nasibnya di Jakarta, dan jadilah Jakarta sebagai tempat banyak suku dan banyak etnis.

8. Perbedaan agama yang menyatukan

Sama kayak suku dan etnis, di Jakarta juga tinggal semua orang dengan berbagai macam agama dan kepercayaan. Dari data tahun 2014, ada sebanyak umat Islam (83.30%), Kristen Protestan (8.62 %), Katolik (4.04%), Hindu (1,2 %), dan Buddha (3,82%). Belum lagi kepercayaan lain di luar dari kepercayaan yang diakui sama negara.

9. Banyak moda transportasi

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Santai, kamu bisa jalan kemana aja di Jakarta dengan naik banyak moda transportasi. Selain ojek online, ada juga commuter line, kopaja, transjakarta, bajaj, bemo, taksi. Dan yang lagi digarap adalah MRT atau Mass Rapid Transit, dan LRT atau Light Rail Transit.

10. Kota yang setingkat sama provinsi

Gak heran sih kalo Jakarta adalah kota yang setingkat sama provinsi, karena emang Jakarta adalah ibukotanya ari Indonesia. Jadi gak heran kalo sibuknya kota Jakarta bisa menyamai sibuknya Provinsi lain di Indonesia.

11. Punya bazaar yang berlangsung selama sebulan penuh

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Gak usah banyak cingcong, langsung aja dateng Jakarta Fair Kemayoran dari tanggal 8 Juni sampe tanggal 16 Juli 2017 ini. Kuy!

12. Kota ‘The Big Durian’

Kalo New York dikenal dengan sebutan ‘The Big Apple’, maka Jakarta dikenal sebagai ‘The Big Durian’. Ini dikarenakan sibuk dan ramenya Jakarta dibilang sesibuk New York di Amerika.

13. Punya banyak museum

Kalo bosen ke mall, coba sekali-kali main museum-museum yang ada di Jakarta. Kamu gak akan bingung kok mau ke museum yang mana, soalnya Jakarta sendiri punya sekitar 61 museum yang tersebar di semua wilayah Jakarta.

14. Gap atau status sosial yang beda banget

Terlalu banyak orang kaya di Jakarta, dan terlalu banyak juga orang yang tingkat ekonominya dibawah rata-rata. Hidup di kota besar emang gitu, yang kaya ya kaya banget, tapi yang susah ya susah banget.

15. Tingkat kejahatan yang tinggi

Menurut data di tahun 2016, setiap 12 menit 18 detik ada kasus kejahatan yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Kasus yang paling drastis peningkatannya adalah kasus perampokan dan juga kasus pemerkosaan. Duh, padahal kita harap Jakarta aman terus aja ya.

16. Kota tempat pertama kali diperkenalkannya lambang burung garuda

via: Kompasiana
(Sumber: Kompasiana)

Kamu mesti bangga nih, soalnya ternyata Jakarta adalah kota dimana lambang Garuda diperkenalkan untuk pertama kalinya. Ir. Soekarno memperkenalkannya di Hotel Des Indes. Hotel yang dulunya ada di Jl. Gadjah Mada ini sekarang udah gak ada ternyata.

17. Gelora Bung Karno, salah satu stadion terbesar di dunia

GBK, stadion yang sering dipakai sebagai tempat bertandingnya laga sepakbola internasional ini ternyata adalah salah satu stadion terbesar di Indonesia loh. Awalnya kapasistas penonton bisa mencapai 120 ribu orang, tapi sekarang jadi cuma 88 ribu orang aja.

18. Tanah Abang, pusat grosir terbesar di Asia Tenggara

Pasar yang udah ada sejak tahun 1735 ini adalah pusat grosir terbesar se-Asia Tenggara loh! Tanah Abang ii punya 3 kawasan, yaitu Tanah Abang Metro, Tanah Abang Lama (blok A, B dan F) dan Tanah Abang AURI (A, B, C, D, E, F, AA, BB, dan CC).

19. Macet lagi, macet terus

LARANGAN MOTOR MELINTAS DI PROTOKOL
(Sumber: Metrotvnews.com)

Gak heran kalo orang-orang Jakarta pada tua dijalan, soalnya tingkat kemacetan Jakarta adalah tebesar ketiga di dunia setelah Meksiko dan Bangkok. Menurut Inrix, di tahun 2016 orang Jakarta menghabiskan waktu selama 47 jam selama 1 tahun karena kejebak macet. Lama banget!

20. Kota yang kaya akan budaya

Kota Jakarta ini punya sukunya sendiri, yaitu Betawi. Di suku Betawinya sendiri aja banyak banget kebudayaan asli yang mesti dilestarikan sama masyarakatnya. Contohnya adalah ondel-ondel, musik gambang kromong, tari cokek, dan lenong. Kalo kamu pengen belajar lebih banyak, coba dateng ke Setu Babakan, kampung kebudayaan asli Betawi.

21. Punya stasiun kereta terbesar se-ASEAN

FYI, Stasiun Jakarta Kota adalah stasiun terbesar di Asia Tenggara loh! Stasiun yang bakal mengantar kamu ke tempat wisata Kota Tua ini bisa mengantar kamu ke banyak stasiun lagi seperti Bogor, Bekasi dan juga Kampung Bandan. Ada 12 jalur dan 13 peron di stasiun yang buka sejak tahun 1870 silam.

22. Kota yang paling aktif di Twitter

Twitter (Ilustrasi: LCN)

Waktu Twitter masih berjaya dulu, Jakarta adalah kota yang paling aktif di media sosial Twitter. Meskipun pengguna Twitter terbanyak ada di Amerika Serikat, tetep Jakarta jadi kota pertama yang paling aktif di Twitter, dan menyusul Tokyo di urutan kedua. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.