Minggu, 22 September 2019
StudentKampus

Cuma Bisa Dirasain Mahasiswa Baru, Ini 7 Kesenangan Ospek yang Gak Terulang Dua Kali

via agussas.wordpress.comIni pasti ospek hari terakhir deh. Karena, mukanya pada bahagia. (Sumber: agussas.wordpress.com)

Genmuda – Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru, sebut saja Ospek, lagi berlangsung pada tingkat universitas di beberapa kampus. Setelah masuk masa perkuliahan sekitar bulan September, mulailah masa Ospek tingkat fakultas dan jurusan yang diadain beriringan dengan perkuliahan.

Apapun tingkatannya, kegiatan Ospek tetep mirip sih. Tujuannya pasti untuk ngenalin kehidupan kampus, acaranya pasti diisi senior-senior sok tegas, dan kegiatannya pasti agak-agak ngerjain anak baru. Gak usah sedih. Karena di balik kegiatan yang katanya peloncoan itu, ada 7 kesenangan yang cuma bisa dirasain mahasiswa yang diospek.

1. Ketemu temen beda jurusan

via imgur.com

Pada tingkat universitas, panitia suka nyampur-nyampurin mahasiswa baru beda fakultas ke dalam satu kelompok. Di tingkat fakultas, percampurannya antar jurusan. Jadi, bisa akrab sama temen beda jurusan yang ketika mulai kuliah nanti bisa dijadiin temen nongkrong saat bosen keseringan ngumpul sama temen sejurusan.

2. Ngeliat maba cakep pada gak dandan

Deketinlah orang-orang yang keliatan cakep sejak dini. Tanpa makeup, rambut dianeh-anehin, dan pakai seragam SMA aja udah cakep, gimana ketika doi udah touchup dan bisa milih baju sendiri saat kuliah. Kalo beruntung, siapa tau bisa digebet lalu akhirnya jadi pendamping wisuda (ngayal kejauhan).

3. Diomelin senior kece

via pinterest.com

Pasti ada deh senior-senior kece yang suka sok tegas ke mahasiswa baru padahal aslinya ramah. Mungkin mereka gak bakalan bisa dijadiin gebetan karena “levelnya ketinggian,” tapi mereka-mereka itu selalu bisa jadi topik pembicaraan seru yang mengakrabkan temen-temen satu angkatan.

4. “Nontonin” demonstrasi UKM

Acara demonstrasi UKM, atau bisa dibilang ekskul, sebenernya momen yang ditunggu di rangkaian Ospek. Kamu bisa nontonin kakak-kakak kece mendrible bola, nanyi, atau peragain keahlian mereka di luar bidang akademik, atau ngobrol sama temen-temen seperti halnya mahasiswa lain dan panitia Ospek yang lagi santai di kegiatan itu.

5. Bikin tugas-tugas Ospek gak jelas bareng temen

via buzzfeed.com

Minta foto bareng senior, ngumpulin tanda tangannya, dan berbagai tugas Ospek gak jelas tuh momen lucu-lucuan banget. Akan tetapi, pengalaman itu gak bakalan dilupain hingga semester tua di kampus, bahkan bisa jadi becandaan juga ketika punya junior-junior yang harus ngerjain tugas gak jelas kayak gitu.

6. Games!

Ya. Games, terutama game outbound yang biasanya melibatkan becek-becekan dan mau gak mau bikin temen-temen satu kelompok makin akrab. Apabila game itu mempermalukan kamu dan temen-temen sekelompok, itu lebih bagus. Karena dengan bersama-sama pasti malah pada gak tau malu.

7. Tau tipe-tipe dosen

via tenor.com

Saat nyantai bareng senior, gak mungkin deh mereka gak cerita soal dosen-dosen yang kelasnya harus banget diambil karena hobi ngasih nilai bagus, dosen yang harus dihindari karena kelasnya strict banget, dan tipe-tipe dosen lain. Cerita kesaksian itu bermanfaat banget saat kamu milih kelas dan milih tempat duduk karena posisi menentukan prestasi.

Jadi, gak usah panik duluan mendengar kata Ospek karena kegiatan yang kayaknya gak ada manfaatnya tuh punya manfaat, minimal bikin kamu akrab sama temen seangkatan. Tanpa Ospek, belum tentu loh kamu punya temen akrab ketika masa perkuliahan berlangsung. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.