Selasa, 18 Desember 2018

Genmuda – BTS kembali torehkan sejarah di tanah Amerika Serikat. Grup Korea yang besar di bawah rumah produksi Big Hit Entertainment itu disambut meriah saat bawain lagu “DNA” pada ajang American Music Awards (AMA) di Microsoft Theater, Los Angeles, AS, Minggu malam (19/11).

Penampilan tersebut merupakan kali pertama artis Asia tampil di panggung penghargaan tersebut bukan dengan bahasa Inggris atau Spanyol sejak 2013, mungkin juga lebih. Namun demikian, itu bukan kali pertama menampilkan artis internasional karena artis asal Selandia Baru Lorde nampil di AMA 2014.

Terlepas dari perbedaan bahasa, semangat BTS menular ke jajaran artis di bangku penonton. Pemeran utama film “Baby Driver” (2017) Ansel Elgort berjoget mengikuti irama meski tariannya engga sama kayak aksi boyband yang tampil di urutan kedua sebelum terakhir itu.

Pesona band itu masih tertinggal bahkan saat Jared Leto naik panggung untuk umumin pemenang Artist of the Year (Bruno Mars). Seperti kebanyakan penonton, Dia juga terkesima sama penampilannya Jin, J-Hope, Jimin, Jungkook, Rap Monster, Suga, dan V.

Prestasi mentereng BTS di AS

via forbes.com
(Sumber: forbes.com)

Sepanjang tahun 2017, grup itu menorehkan prestasi di dunia musik Paman Sam. Grup itu memperoleh penghargaan Top Social Artist pada Billboard Music Awards 2017 karena popularitasnya di jagat dunia maya.

Album Love Yourself: Her berhasil naik ke peringkat 7 dalam tangga album populer Billboard Top 200 September 2017. Album dalam bentuk EP (mini album) itu terjual 31 ribu kopi. Sebagiannya terjual dalam bentuk fisik dan sisanya secara digital.

Dalam wawancara dengan Forbes.com, 8 November lalu, Rap Monster bilang, “Kami selalu memimpikan lolos 10 besar Billboard tapi tak pernah yakin mampu melakukannya. Jadi, ini adalah keberuntungan buat kami.”

Penampilan standar boyband Korea

BTS tampil di AMA dengan format live ditambah full backtrack. Mereka tetep bernyanyi secara langsung sambil nari, tapi tetap diiringi musik yang juga ada suara vokalnya. Jadi, saat beberapa personil mingkem untuk melakukan gerakan kompleks, suara vokalnya tetep kedengeran.

Format yang lumrah dipake artis-artis Korea Selatan tiap kali manggung itu jelas lain dari Nick Jonas, Selena Gomez, Shawn Mendes, Christina Aguilera, Macklemore, dan Diana Ross yang bernyanyi secara live tanpa diiringi full backtrack di AMA 2017.

Tetep dinyinyirin

via eonline.com
BTS di AMA 2017. (Sumber: eonline.com)

Meski para artis dan kru dunia musik di bangku penonton menikmati penampilan BTS tanpa mempermasalahkan format full backtrack, beberapa netizen nyinyirin grup itu. Kebanyakan menganggap musik panggung harus dinyanyiin secara live tanpa bantuan rekaman vokal.

Komentar negatif itu jelas disanggah sama fans berat BTS yang berasal dari Amerika Serikat dan beberapa fans baru yang terpesona sama penampilan Ram Monster cs. Sejak video “DNA” diluncurin di YouTube, jumlah penggemar boyband itu terus bertambah di Negeri Paman Sam.

Data dari YouTube yang dirilis di New York Times nunjukin kalo basis penggemar beratnya terpusat di Hawaii, California, dan Wisconsin. Namun, lagu-lagu mereka tetep didenger merata oleh netizen AS sepanjang tahun.

Meski gak menang satupun penghargaan di ajang tersebut, BTS makin mengukuhkan kariernya di Amerika Serikat. Lain dari grup-grup Korea Selatan yang fokusnya sama pasar musik di Asia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.