Minggu, 22 Oktober 2017
Wadaw!

Cewek Ini Kesurupan di Bioskop Gara-gara Nonton ‘Annabelle’. Emang Beneran Bisa, Gitu?

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Boneka setan Annabelle gak cuma numbangin korban di dalam layar lebar, melainkan juga di dunia nyata. Di tengah pemutaran film garapan sutradara David F Sandberg itu di XXI Duta Mall Banjarmasin, seorang cewek mendadak histeris menggelepar di lantai, sampai harus digotong keluar.

Kalo ngeliat dari video yang terunggah di YouTube, Kamis (10/8), cewek itu sampai nangis-nangis dan gak “eling” meski udah diajak ngobrol para penonton. Akhirnya, petugas bioskop masuk ke area dan bantu proses “evakuasi” cewek yang diduga kesurupan itu. FYI, filmnya tetep diputer tanpa jeda, padahal suasana lagi gak kondusif.

Mungkin, karena alasan itu jugalah tim produksi film “Annabelle: Creation” sampai mengundang pendeta selama proses syuting. Yah, fenomena yang namanya kesurupan emang selalu jadi obrolan “percaya gak percaya.” Gak percaya karena selalu ada penjelasan logisnya, percaya karena korbannya selalu bermunculan. Oleh karena itu, menarik nih kalo kesurupan dibahas dalam artikel ini.

1. Ada sejak manusia ada di dunia

Data pertama mengenai kesurupan terungkap lewat kisah yang diceritain lewat prasasti-prasasti bangsa Sumeria di Mesopotamia (sekarang area Irak-Kuwait), sekitar 2100 sebelum masehi. Meski begitu, para peneliti yakin kalo kesurupan udah berlangsung sejak pertama kali manusia ada. Tapi, baru diceritain oleh bangsa Sumeria, bangsa yang pertama kali mengenal tulisan.

2. Dianggap penyakit psikologis

Ribuan tahun kemudian, kejadian yang namanya kesurupan dibantah oleh filsuf Yunani Hippocrates. Katanya, kejang-kejang dan teriakan histeris seseorang yang diduga “kesurupan” tuh berasal dari malfungsi otak, bukannya karena kerasukan makhluk halus.

3. Tapi, psikolog modern menganggap kesurupan itu REAL

Via: Tumblr

Yup. Dr Richard Gallagher, seorang psikolog modern yang kecerdasannya diakui media besar sekaliber The Washington Post; yang kuliah di kampus-kampus terbaik Princeton, Yale, dan Columbia; dan yang telah memegang lisensi psikolog, percaya kalo kesurupan itu nyata.

Kepercayaan doi itu datang setelah meneliti bebagai kasus kesurupan sejak tahun 1980-an. Beliau emang belum pernah melihat orang yang kesurupan bisa terbang seperti di film-film Hollywood, tapi beliau yakin yang disaksikannya sama sekali engga bisa terjelaskan oleh ilmu kedokteran dan psikologi. Hiii, ngeri.

4. Secara ilmiah, ilmu menanggulangi kesurupan = terapi psikologis

Lebih tepatnya, kesurupan merupakan salah satu masalah psikologis pertama yang dihadapi manusia dan ilmu menanggulangi kesurupan merupakan teknik terapi psikologis tradisional. Itu menurut sudut pandang Stephen A Diamond, seperti doi tulis di psychologytoday.com, 2012.

5. Berarti, bisa diobati secara medis

via: tumblr

Benar. Sejak ilmu psikogi berusaha ngeliat fenomena itu pakai logika, kesurupan selalu dihubungkan dengan berbagai gangguan psikologis, seperti panic disorder yang bikin seseorang luarbiasa ketakutan terus keliatan seperti orang sakit jantung, atau sebuah fenomena yang namanya uncontrolled outburst of crying and laughing.

Pada akhirnya banyak alasan kenapa seseorang tuh kesurupan. Bisa aja kejadian kesurupan di bioskop bukan karena “Annabelle,” tapi karena penontonnya udah takut duluan. Gitu gengs!

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.