Selasa, 17 Juli 2018

Genmuda – Bulan April adalah bulannya Girl Power buat semua cewek Indonesia. Hari Kartini yang jatuh pada Tanggal 21 bawa semangat baru untuk terus berkarya, jaga kebersamaan, dan pastinya saling menginspirasi. #tsahh!

Bila perlu contoh nyata, gak perlu melirik tokoh luar negeri yang belum tentu dikenal dekat. Indonesia juga punya kok cewek-cewek yang ngerasaih jeruh payah menuju kesuksesan sehingga patut diberi hashtag #panutanque.

Lebih dekatnya lagi, cewek-cewek yang dimaksud tersebut masih terbilan muda dan masih berkarya pada bidangnya. Inilah mereka beserta quotes pembakar semangat ala masing-masing.

1. Ria SW

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

“Meniti karier dari nol seperti orang lain.”

Setelah pindah-pindah kerja di bagian media kreatif, sekarang Ria mantap ngegarap channel YouTube yang sering posting tentang jalan-jalan. Cewek yang mengaku alien dari Planet Zizya ini punya kreativitas gak habis-habis karena dari kecil telah menjejalkan diri dengan beragam acara seru MTV.

Kepada orang-orang yang berkomentar Ria SW tenar karena hoki pernah jadi produser Males Banget Dot Com, dia bilang, “Salah banget yang bilang aku kerja langsung jadi produser. Aku juga meniti karier dari nol seperti orang lain.”

2. Shirin Al Athrus

Selebgram Shirin Al Athrus (foto: Genmua.com/2016 Aditya Soeprapto)

“Bikin foto perfect itu susah.”

Saat cewek seusianya masih kebingungan menentukan OOTD dan posisi selfie, Shirin Al Athrus jadi udah jadi selebgram. Awalnya cuma iseng nyobain Instagram tahun 2013, sekarang doi merupakan salah satu fashion blogger panutan anak muda.

“Mungkin (orang awam) menganggap selebgram itu pekerjaan enak. Cuma foto-foto doang. Padahal, bikin foto perfect itu susah. Fotonya bisa diulang-ulang sampai empat atau lima kali,” tutur Shirin sekalian meluruskan persepsi orang dalam memandang karier sebagai seleb.

3. Marchella

©Genmuda.com/2016 TIM
Marchella Febritrisia, Artpreneur muda yang ngembangin Generasi 90an ©Genmuda.com/2016 TIM

“Gue punya standar yang harus gue pertahankan.”

Jeli dan pantang nyerah. Itu satu kata yang cocok buat deskripsiin Marchella “Generasi 90an.” Gimana enggak, dengan kejeliannya Checel mampu ngembangin bisnis yang menjual nostalgia. Buat ngembangin buku pertamanya, Marchella perlu menghadapi beragam penolakan dari penerbit.

“Gue punya standar yang harus gue pertahankan. Buku pertama Generasi 90an harus berwarna karena gue pengen ada pesan memori di dalam gambarnya,” tegas Marchella. Karena pantang nyerahnya itulah buku perdana doi rilis dan sekarang berkembang jadi medsos yang kita semua suka.

4. Lizzie Parra

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Kerja di bidang kreatif itu berat!

Doi meniti karier sebagai make-up artist jauh sebelum tren beauty blogger/vlogger nge-hype. Gak puas sebagai talent, doi kemudian memulai usaha kecantikan dengan luncurin brand pewarna bibir By Lizzie Parra (BLP) kisaran 2017. Dan asal Kawan Muda tau, kerja di bidang kreatif itu berat!

“Awalnya aku bekerja di perusahaan. Enam bulan pertama setelah pindah karier sebagai MUA, itu berat banget. Biasanya aku megang gaji tiap bulan, uang aku malah habis buat beli makeup dan bikin networking yang baru,” kisah Lizzie Parra.

5. Abellia Anggi Wardani

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Abel mengaku mulai tertarik berburu beasiswa saat masuk semester 3, di Sastra Prancis UI ©Genmuda.com/2016 Everlyn

“Terbuka aja sama semua perbedaan.”

Peraih banyak beasiswa ini cita-citanya jadi profesor karena pendapatnya bakalan didengar sama lebih banyak orang ketimbang pendapat menteri. Mengambil kuliah pada bidang sosial, salah satu isu yang dikuliknya adalah isu perempuan dan feminisme.

Doi berpesan pada tiap mahasiswa, “Terbuka aja sama semua perbedaan. Seperti kata pepatah, ‘di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kalo istilah saya, fake it until we make and become it!”

6. Monica Carolina

via: Dok. Nix1a
(Sumber: nixiagamers)

“Dulu jadi pemain cadangan, sekarang jadi leader tim unggulan.”

Anak-anak hobi main game pati lebih kenal doi dengan nama Nix1a. Sebagai cewek, doi dan tim esport Nix1a Ladies pernah ngerasain gak enaknya diremehin sama para cowok pemain game.

“Dulu aku cuma jadi pemain cadangan,” cerita doi. Sekarang, timnya jadi salah satu tim unggulan pada esport DoTA 2. “Di luar sana banyak juga tim cewek yang lebih jago dari kami,” kata Nix1a rendah hati.

7. Triana Amalia

©Genmuda.com/2016 Everlyn
©Genmuda.com/2016 Everlyn

Jadi, cari sesuatu yang bisa jadi ciri khas sendiri dan jangan gampang ikut-ikutan.

Dengan kreatifitas dan tangan cekatan, Triana mengubah beragam barang bekas jadi pernak-pernik, lucu macam kalung . Proses pengumpulan, pengerjaan, dan pemasaran produknya doi dan tim Jingga Pernik lakuin sendiri, loh.

Buat Kawan Muda yang mau berbisnis, Triana berpesan untuk terus jaga kualitas. “Tren itu cepat berganti. Jadi, cari sesuatu yang bisa jadi ciri khas sendiri dan jangan gampang ikut-ikutan. Belum tentu rejekinya sama,” imbuhnya.

8. Tsamara Amany

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Politik adalah jalan paling masuk akal untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat.

Tsamara berani mengeritik habis politikus-politikus yang berlawanan dengan doi, bukan lewat medsos doang melainkan juga lewat debat terbuka. Enggak heran kalo sekarang doi jadi salah satu kader partai peserta Pemilu 2019.

“Politik adalah jalan paling masuk akal untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat. Dengan masuk ke dalam sistem, kita bisa mengubah keadaan dengan dampak lebih panjang. Aku gak mau hanya segelintir orang-orang tua yang mengambil keputusan politik atas nama anak muda,” tuturnya.

Misalnya 8 cewek di atas masih kurang menginspirasi buat kamu, artinya kamu harus nambahin lewat komentar. Yuk, siapa tau bisa menginspirasi Kawan Muda lainnya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.