Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Kisah ‘dosen gaib’ mendadak viral diomongin netizen, Minggu malam (23/10) berkat pesan berantai yang disebarin orang yang mengaku mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Pesan itu menceritakan mahasiswa yang masuk kelas bersama seorang dosen hantu.

Dikisahkan, mahasiswa satu kelas UAD telah berkumpul di satu kelas untuk kuliah pukul setengah enam. Dosen pun datang sesuai waktunya. Dosen pun langsung duduk di belakang meja tanpa banyak bicara.

Hening cukup lama, ketua kelas menerima pesan dari dosen yang bersangkutan. Lewat pesan itu, sang dosen bilang doi engga bisa hadir. Ketika ditanya soal sosoknya yang ada di dalam kelas, dosen itu meminta sang ketua kelas memeriksa kaki sosok yang ada di depan kelas.

via detik.com
Penampakan dosen gaib. (Sumber: detik.com)

Ternyata, kakinya mengambang dari lantai. Ketua kelas lantas kasih pesan berantai kepada teman-temannya supaya meninggalkan kelas dengan tenang. Giliran ketua kelasnya keluar terakhir, sosok ‘dosen’ di depan kelas cuma bilang “Kamu sudah tau ya?” Tanpa banyak cingcong, ketua kelasnya kabur.

Serem. Biarpun sejumlah media bilang itu berita hoax, kisah ‘dosen gaib’ tetep jadi urban legend anak-anak UAD, seperti halnya kisah hantu lain yang sering diomongin anak sekolah dan kampus. Misalnya aja, kisah di bawah ini:

1. Murid tambahan

via genmuda.com
(Sumber: istimewa)

Biasanya sosok murid tambahan ini muncul di foto angkatan, foto kelas, foto tongkrongan, atau foto apapun yang isinya rame-rame. Ada yang bilang doi ini adalah arwah gentayangan alumni yang belum puas sama kehidupan sekolahnya dulu. (Mungkin dulu dia murid berprestasi)

Coba cek dengan teliti deh foto buku tahunan kamu. Siapa tau ada sosok yang engga kamu kenal mendadak nongol di dalam fotonya. Konon hantu ini bakalan muncul kalo alumni yang reuni di sekolah memanggilnya untuk ikut reuni.

2. Mister Gepeng

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Ini hantu yang muncul seiring dengan kemunculan ponsel di Indonesia, –sekitar akhir era 1990-an. Dikisahkan kalo seorang doi merupakan dokter kaya raya yang meninggal akibat kejepit lift setelah meninggalkan toilet. Sebelum meninggal, doi sempat menggunakan ponselnya untuk meminta tolong tapi terlambat.

Mr Gepeng pun disebut bisa dihubungi dengan menelepon nomor 7777777 atau 666. Terkadang, sosok ini diceritain kembali menghantui toilet, masuk melalui celah di bilik toilet, dan minta tolong kepada siapapun yang ada di dalamnya. Termasuk toilet sekolah.

3. Jelangkung

via wikimedia.org
(Sumber: wikimedia.org)

Awalnya merupakan kepercayaan warga daerah di Nusantara untuk berhubungan dengan arwah leluhur. Biasanya, mereka melakukannya buat minta wejangan. Namun, kebiasaan itu dipakai anak sekolah buat iseng-isengan.

Jelangkung dipanggil dengan membaca mantra di depan sebuah boneka dari batok kelapa. Bonekanya diberi alat tulis sehingga bisa menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

4. Kuntilanak

via bintang.com
(Sumber: bintang.com)

Biasanya suara hantu perempuan ini terdengar di sekitar pepohonan. Kalo suara tawa/tangisnya terdengar jauh berarti doi lagi dekat, begitu pula sebaliknya. Anak-anak sekolah yang ekskul sampai malam pun sering mengklaim mendengar suara kuntilanak begitu melewati pohon di taman sekolahnya.

Konon, Kuntilanak merupakan arwah perempuan yang meninggal sewaktu hamil. Doi belum merelakan kematian dirinya dan anaknya sehingga kembali lagi ke dunia dalam wujud astral. Kalo ‘beruntung’ mungkin sosoknya juga bisa terlihat.

5. Wewegombel

via idntimes.com

“Main petak umpet selewat Maghrib nanti bisa hilang tanpa jejak. Diculik Wewegombel.” Kepercayaan itu yang biasa dipegang warga Nusantara. Kisahnya berasal dari sebuah bukit di Gombel, Semarang, Jawa Tengah.

Di masa kolonial Belanda, banyak orang tewas di bukit itu. Arwah perempuan yang gentayangan pun jadi Wewegombel, mencari anak-anak yang bisa menggantikan anaknya yang lebih dulu ke alam baka. Percaya engga percaya sih.

6. Hantu bayangan di malam hari

via YouTube
(Sumber: YouTube.com)

Cerita ini biasanya tersebar akibat cerita di kalangan satpam sekolah. Satpam yang piket malam kerap ngerasa ada bayangan berlarian di dalam sekolah yang udah gelap. Sebagian bahkan bilang ngedenger suara-suara anak murid dari lorong sepi.

7. Tuyul

via bintang.com
(Sumber: bintang.com)

Selain tempat belajar, sekolah juga jadi tempatnya sejumlah remaja kehilangan uang jajan. Bukan dipakai buat makan atau traktir temen, tapi hilang gitu aja. Nah, orang-orang percaya kalo itu adalah ulah Tuyul peliharaan orang lain. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.