Kamis, 23 Mei 2019

Genmuda – Eh. Liat dulu deh ke luar jendela. Kayaknya tadi ada wajah pucat berambut panjang yang ngintip dari sela-sela gorden. (Becanda deh) Engga ada apa-apa kok di jendela. Paling di atas lemari aja tuh ada yang lagi duduk sambil merhatiin kamu. Hih!

Oke, cerita horor nyebelin macam itu emang selalu muncul, bahkan dari tempat pendidikan seperti di kampus. Anehnya, cerita-cerita di kampus lah yang rasanya paling nyeremin karena sering dialami oleh para mahasiswa secara turun menurun.

Di bawah inilah adalah cerita-cerita serem yang berasal dari kampus negeri dan swasta di Indonesia sepanjang 2016. Buat yang cemen, mendingan langsung cari bacaan lain aja di Genmuda.com, daripada kamu engga bisa tidur nyenyak.

1. Dosen hantu di Universitas Ahmad Dahlan

via genmuda.com
(Sumber: istimewa)

Anak-anak Universitas Ahmad Dahlan sempet dihebohin sama cerita dosen hantu. Cerita bermula waktu anak-anak UAD dikumpulin di satu kelas buat kuliah malam. Dosen datang sesuai waktu, duduk di meja, tapi engga memulai pelajarannya.

Hening cukup lama, ponsel ketua kelas berdering. Isinya pesan dari dosen yang bilang kelas dibatalin karena sang dosen (beneran) berhalangan hadir. Ketua kelas yang bingung bilang kalo kelasnya udah dimulai dan si dosen itu udah masuk kelas. Dosennya langsung meminta si ketua kelas perhatiin kaki sosok di depan kelas.

Kakinya ngambang gaes, gimana engga ciut coba itu nyali. Si ketua kelas langsung nyebar broadcast ke temen-temen buat keluar kelas dalam suasana hening. Begitu si ketua kelasnya mau keluar, dosen itu bilang, “Kamu sudah tahu ya?” Tanpa banyak lagak, ketua kelasnya ngacir.

2. Kamar 20, Lantai 3, Blok C Asrama UI

via hariandepok.com

Kisahnya beberapa kali diceritain para penghuni kamar 20, lantai 3, Blok C Asrama UI, atau lebih tepatnya mantan penghuni. Hampir semua yang menetap di sana engga betah sama atmosfer mencekam yang beda dari kamar lain. Bikin bulu kuduk merinding.

Penghuninya yang lagi keluar sering menemukan ada noda basah di kasurnya begitu kembali. Bentuk nodanya seperti pocong, seolah-olah ada yang menempatkan jenazah basah di atas kasur itu. FYI, nodanya engga ilang-ilang begitu muncul loh, gaes. Cerita itu pun terus berkembang sampe sekarang.

3. Hantu orang sebelah di IPB

via giphy.com

Anak-anak perempuan yang masuk IPB pastinya pernah denger soal ‘hantu sebelah.’ Ceritanya selalu dimulai dengan cewek-cewek asrama yang lagi pada ngumpul di satu kamar, ngegosip sampai lewat tengah malam. Kemudian, pintu kamar ada yang mengetuk. Waktu ditanya, yang ngetok bilang orang sebelah.

Setelah pintu dibuka, yang keliatan adalah wujud orang sebelah doang, bukan penghuni kamar sebelahnya. Otomatis penghuni kamar menjerit dan bubar. Bahkan petugas kebersihan asrama cewek pun mengakui kebenaran cerita itu dan selalu mengimbau penghuni asrama engga bergosip sampai pagi. Percaya engga percaya sih.

4. Kakak Cantik Undip

via mysteryoftheinquitycom

Sementara itu, anak-anak Universitas Diponegoro Semarang kemungkinan besar familiar sama cerita hantu sundel bolong Diponegoro. Entah karena banyak atau doi suka jalan-jalan, sosoknya ditemuin di berbagai tempat. Tapi yang paling sering adalah ruang B101 di Fisip.

Sebelum ruang itu direnovasi, bentuknya menyerupai kelas auditorium. Ada meja-kursi bertingkat-tingkat menghadap satu meja dosen. Katanya, di salah satu pojok kelas itu suka terlihat ‘mahasiswi tambahan.’

Perempuan berambut panjang itu juga sering terlihat kalo ada mahasiswa bikin kegiatan sampai malem. Kata satpam dan penjaga kampus, doi sangat engga suka kalo banyak orang ramai-ramai mengganggu tempat tinggalnya. (Kayaknya setan atau manusia pun juga engga mau tempat tinggalnya diganggu, apalagi kena gusur. *loh)

5. Perpustakaan Pusat Studi Bahasa Jepang Unpad

via giphy.com

Salah satu tempat yang paling dihindari anak Unpad ketika matahari terbenam adalah Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ). Mau ‘bisa liat’ atau engga, semua udah tau kalo di situ adalah ‘gudangnya.’ Salah satu yang paling populer adalah sosok nenek di perpustakaan PSBJ.

Bahkan dua penulis di Genmuda.com yang pernah kuliah di FIB Unpad bilang kalo sosok nenek-nenek tersebut emang legend banget. Saat itu ceritanya lagi ada mahasiswa yang ikut pelatihan ospek. Saat lagi jurit malam, mahasiswa itu justru tertantang ngebuktiin rumor tersebut. (Sok berani ceritanya)

Sialnya begitu ngintip ke arah perpus lewat jendela, yang dilihat mahasiswa itu adalah sosok nenek-nenek bermuka rata yang mendadak loncat dan nempel di kaca jendela. JENG..JENG! Mahasiswa itu langsung pingsan. (Jadi ilang sok beraninya)

6. Kakek Baik Hati dari Universitas Maranatha

via giphy.com

Dikisahkan, seorang mahasiswi kedokteran Maranatha baru aja selesai praktikum jam 8 malam. Buru-buru keluar karena besok ujian, seorang mahasiswa ketinggalan jaket labnya. Doi perlu balik lagi supaya besok engga diomelin dosen.

Di dalam, doi ketemu seorang kakek lagi beresin ruangan. Cewek itu bilang mau ambil jaket terus malah jadi ngobrol sama si kakek. Ternyata, kakeknya hapal soal ujian dan ngasih tau soal dan isi nomor 1-49.

Ternyata bener dong yang dikasih sama si kakek. TAPI, begitu liat nomor 50, ada foto kakek itu lagi jadi jenazah praktik (kadaver) dengan perut dibelek. Keterangan fotonya bertuliskan tahun 1998, tahun ketika jenazahnya dipergunakan. Sontak mahasiswi tadi langsung pingsan. (Pesan moralnya: Bocoran soal selalu ada resikonya. *Apaan sih)

7. Ada orang di atas gedung PAU ITB

via giphy.com

Konon, puncak gedung Pusat Antar Universitas (PAU) ITB pernah dijadiin tempat bunuh diri. Arwahnya penasaran dan terus menghantui. Beberapa orang masih sering melihat sosok korban bunuh diri itu bergentayangan di puncak gedung hingga kini, gaes.

Nah, tujuh cerita serem itulah yang sempet menghantui kampus-kampus sepanjang 2016, gaes. Kamu masih punya pengalaman lain lagi? Langsung aja share kisahnya di bawah ini. Jangan sampai takut ke belakang ya. Hih! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.