Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Makar, lagi-lagi makar. Gara-gara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang rencananya digelar 19 April makin dekat, istilah politis itu kembari diobral di berbagai media. Baru-baru ini polisi malah telah mengamankan sekelompok massa yang diduga patungan 18,8 juta rupiah untuk makar.

Sekedar ngingetin (sekaligus nambahin penjelasan artikel Genmuda.com sebelumnya), Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online mengartikan makar, sebagai 1) akal bulus; tipu muslihat, 2) perbuatan dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan 3) usaha menjatuhkan pemerintahan yang sah.

Nah, kelompok yang diamankan polisi, Jumat (31/3) itu menggunakan arti makar yang ketiga dan ngumpulin dana rencananya hingga 3 miliar untuk laksanain cita-citanya itu. Wajar kalo ditangkep. Tapi, terminologi atau pergeseran arti makar dapat begitu luas dan bisa dipelesetin, loh.

1. Makar oleh trik sulap

via: Giphy

Merujuk pada arti di KBBI Online itu, makar ternyata engga jauh-jauh beda dari sulap. Kenapa? Karena semua trik di sulap pasti butuh siasat tingkat tinggi hingga keliatan seperti ilmu sihir. Jangan-jangan kelompok yang ditangkep itu patungan hingga miliaran karena pengen bikin acara sulap. No offense.

Makar yang dimaksud, artinya: Tipu muslihat

2. Makar saat lagi manggung

Istimewa
Jenny Warpaint main bass sambil nyanyi suara tinggi. Penonton doyan banget manggilin doi. (Sumber: Istimewa)

Bukan pesulap doang. Artis di atas panggung juga bisa melakukan makar. Misalnya, dengan pura-pura keluar panggung sebelum playlistnya dibawain semua supaya penonton histeris dan teriak “WE WANT MORE!” yang membakar semangat.

Makar yang dimaksud, artinya: Tipu muslihat

3. Makar di lapangan sepak bola

via imgur.com

Christiano Ronaldo jago banget makar (yang artinya tipu muslihat) ketika gocek-gocek ke kiri tau-tau bolanya kekanan. Sementara itu, Neymar, Sergio Busquets, anak-anak Barcelona terlihat jago banget makar karena pandai (atau mungkin hobi) diving dengan skill pura-pura sakit setara penerima Piala Oscar.

Makar yang dimaksud, artinya: Tipu muslihat

4. Makar saat main poker santai

via dogsplayingpoker.org
(Sumber: dogsplayingpoker.org)

Seperti mereka yang hobi diving, pasang tampang datar supaya kartu poker santai di tangan engga ketauan pemain lain juga termasuk makar yang sah-sah aja dilakukan. Inget loh. Pokernya harus poker santai. Karena kalo poker judi kamu bisa diciduk sama polisi.

Makar yang dimaksud, artinya: Tipu muslihat

5. Makar di arena monopoli

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Balik ke soal tiga miliar tadi, mungkin juga para warga yang berkomplot itu lagi menabung untuk membangun tiga hotel di sebuah kotak monopoli yang udah dibangun satu kondominium sama kelompok sebelumnya. Berdasarkan peraturan board game itu, pemain yang menguasa sebuah kotak paling banyak lah yang jadi penguasa utamanya.

Makar yang dimaksud, artinya: Menguglingkan pemerintahan

6. Makar sesuai naskah teater

©Genmuda.com/2016 TIM
Upaya makar Kardinal Richelieu (atas) terhadap Raja Louis XIII (bawah) dalam naskah “Three Musketeers” ala penampilan Teater Katak, September 2016. ©Genmuda.com/2016 TIM.

Makar dan pengkhianatan merupakan sebuah tema paling populer dalam sandiwara dan teater dari abad ke-18 sampai sekarang. Karena itu, engga ada salahnya terlibat dalam makar sesuai plot di naskah teater.

Makar yang dimaksud, artinya: Menggulingkan pemerintahan.

7. Makar karakter temen

via giphy.com

Dalam pergaulan, ceng-cengan pasti terjadi dan engga bakal bisa dihindari saat giliran kamu yang jadi target utamanya. Secara engga langsung, mereka lagi memakar karakter kamu dan kamu pun bisa membalas mereka dengan sambil ngecengin balik.

Makar yang dimaksud, artinya: Pembunuhan

8. Makar yang terakhir

via tenor.co

Aji: “Bro, bro. Bagi duit dong bro”

Danu: “Buat apa.”

Aji: “Penting, nih. Mau makar!”

Danu: “Gils! Mau makar apa lo?”

Aji: “Makar nasi goreng, bro!”

Udah, ah. Jangan serius-serius amat mikirin makar yang beritanya nyeremin semua. Mending ikut pelesetan Aji dan Danu aja deh. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.