Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Buat Kawan Muda yang berstatus sebagai kakak, ada kalanya kamu mungkin bakal ngerasa lelah kayak Hayati yang sampai minta dibunuh di rawa-rawa sama si abang. Tapi, di balik itu semua kamu sebenarnya masih punya segudang alasan buat bersyukur loh.

Jadi kakak itu ternyata bisa bikin kamu jauh lebih sehat, Kawan Muda. Gimana engga?  Menurut sebuah riset terbaru, punya adik itu bisa ngasih manfaat kesehatan tersendiri buat kamu para kakak. Risiko obesitas kamu bahkan cenderung lebih rendah.

FYI, tim peneliti dari University of Michigan udah nemuin kalau kelahiran adik di antara usia 2 dan 4 tahun berhubungan dengan BMI yang sehat pada sang kakak. Meski begitu, para peneliti tersebut ngakuin pula kalau mereka masih belum begitu yakin kenapa hal itu bisa terjadi.

Kami punya informasi yang sangat sedikit tentang bagaimana kelahiran saudara kandung mungkin mengacu pada risiko obesitas selama masa kanak-kanak,” kata penulis riset senior Julie Lumeng.

Terlepas dari itu, para peneliti berpendapat pula kalau kelahiran adik bisa jadi turut mengarah pada waktu bermain yang lebih aktif dan waktu yang lebih sedikit buat berada di depat TV atau komputer buat sang kakak. Mereka bahkan beranggapan kalau kehadiran anak lain bisa mengubah cara para ortu ngasih makan anak pertama mereka.

Jika kelahiran saudara kandung mengubah perilaku di dalam suatu keluarga dengan cara yang dapat melindungi dari obesitas, ini mungkin pola yang dapat dicoba oleh keluarga lain untuk diterapkan di rumah mereka,” tambah Lumeng.

Sebelumnya, di pertengahan tahun lalu ada juga sebuah riset lainnya yang udah ngungkapin kalau para kakak — atau lebih tepatnya anak pertama — cenderung punya IQ yang (agak) lebih tinggi dari adik-adiknya. Dalam riset tersebut, para peneliti dari University of Illinois pun nambahin kalau para kakak juga cenderung lebih ekstrovert, nyenengin, dan teliti. Masih kurang apa lagi coba tuh, Kawan Muda? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer