Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Menjadi mahasiswa tingkat akhir itu selalu punya cerita yang unik. Manis dan pahit, seneng dan duka, semuanya bisa jadi satu. Sebelum cerita soal skripsi, ada juga mahasiswa yang harus magang di sejumlah perusahaan. Biar apa? Biar bisa lulus lah!

Selain alasan klasik di atas, jadi anak magang itu kayak loncatan fresh graduates sebelum ke dunia kerja. Singkatnya kalo nanti ketemu HRD kamu bisa jual mahal pernah magang di salah satu perusahaan. (Asal magangnya gak cuma bikin kopi dong ya)

Nah, beberapa waktu lalu Maverick Indonesia ngadain kompetisi magang The Recruit yang menjaring mahasiswa tingkat akhir buat magang di Indosat Ooredo. Di tahun ini mahasiswa yang keluar sebagai kandidat terpilih adalah Giasinta Livia, anak Hubungan Internasional Unpar.

Dalam kesempatan itu pula Division Head Marketing Communications and Public Relations Indosat Ooredo, Mohamad Ario Adimas barengan Group CEO Aprilis Co. dan Co-Founder Gogirl! Magazine, Nina Moran, ngebagiin sejumlah tips yang seenggak wajib dipunyain sama anak magang hingga menjadi fresh graduate yang siap kerja. Berikut Genmuda.com rangkumin buat kamu. Cekidot!

1. Jangan mata duitan

via: giphy

Judulnya aja calon fresh graduate masa iya pengalaman belum ada ngarep gaji gede. Yakaleee… Inget ya, kan kamu lagi cari pengalaman. Meski ada juga perusahaan yang ngasih gaji buat anak magang, tapi anggap aja itu cuma uang saku sama transport aja.

2. “Mentorku panutanku”

Meski gak digaji kayak karyawan, tapi anak magang tetep lah dianggap karyawan. Sedih kan. Tapi jangan kecil hati gengs. Seenggaknya kamu bisa pilih senior atau mentor yang bisa ngajarin kamu secara langsung. Jadi magangnya gak percuma gitu.

3. Gak usah ‘pilah-pilih’ kerjaan

via: giphy

Mentor: “Jago bikin layout desain poster kan? Tolong buatin ya buat sore ini.”
Mamet: “Ya, Bisa mas, siap. Oke.” (Dalem hati sih Mamet gak jago-jago banget).

Katakan “ya” dan “siap” buat hal apa saja karena hal ini dapat membuka berbagai kesempatan yang dapat membantu karir kedepannya. Kalo pun kamu gak ngerti kamu kan bisa belajar dan ngebuka ilmu baru.

4. Jangan setengah-setengah

Kadang ada anak magang yang gak bisa apa-apa (Ini nyebelin buat mentor sama karyawan lainnya). Tapi ada pula anak magang yang kerjanya lebih jago daripada karyawan di kantor tempat doi magang (Akhirnya yang bersangkutan cuma magang satu hari karena kelewat jago). Namun demikian, saat disuruh ngerjain sesuatu selalu tanemin buat ngasih yang terbaik. Kalo pun mentok disuruh buat kopi, usahin kopinya gak kalah enak kayak di coffee shop. *canda.

5. Cari kenalan baru

via: Giphy

Perkara ini sering banget ke-skip sama anak magang. Padahal saat magang inilah kamu bisa menambah kenalan baru yang bisa ngebangun koneksi buat karir kamu di masa depan. Seperti artikel yang pernah ditulis sama Genmuda.com, semakin banyak koneksi, makin banyak juga pengalaman dan peluang yang bisa kamu depetin. Syukur-syukur bisa ketemu jodoh. *eh…

Terus kalo udah selesai magang dan resmi jadi fresh graduate apa yang harus disiapin? Santai, gak ada magang yang percuma selama kamu emang niat dan serius ngejalaninnya. Dan kalo proses magang udah dilewatin pastiin juga kamu punya karakter kece ini sebagai fresh graduate.

6. Kerja keras

Kerja keras bukan cuma kerja mati-matian ya, inget loh kerja itu untuk hidup jangan malah hidup itu untuk kerja. Kalo udah paham sekarang coba deh lakuin perkerjaan kamu lebih dari apa yang diharapin sama atasan. Syukur-syukur bisa dipromosiin naik jabatan. Amin.

7. Jangan minder meski cuma fresh graduate

via: tumblr

Catet, belum tentu karyawan senior lebih jago daripada junior. Posisikan diri kamu sebagai orang yang percaya diri sekaligus gak malu buat bertanya dan belajar hal baru di dalam tim kamu. Gak usah takut, dulunya kan mereka juga fresh graduate kayak kamu. Jangan takut juga buat ngasih pendapat dan solusi di dalam tim. Tapi kalo kamu udah tau dan paham sama kerjaan kamu di dalam tim, jangan keliatan sotoy juga ya.

8. Tanggung jawab atas segala pekerjaan kamu

Manusia buat salah ya wajar. Tapi kalo kamu gak belajar dari kesalahan tersebut dan salah terus-terusan, itu baru namanya kurang ajar. *canda. Maksudnya, saat kamu dikasih suatu kerjaan kamu udah siap akan risiko buat salah dan terima konsekuensinya. Namun demikian kalo udah diomelin atasan jangan baper kelamaan ya, sebaliknya kamu harus buktiin kalo kamu bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Ntap!

9. Percaya, yang namanya proses gak bakal ngeboongin kamu

via: Tumblr

Mau kamu magang dimana, jurusannya apa, atau gajinya berapa, semua itu gak ada bakalan sia-sia kok. Kalo kata Livia, namanya fresh graduate udah seharusnya percaya penuh sama proses dan berusaha keras selama proses tersebut.

10. Jangan takut buat cari pengalaman baru

Oke, kalo udah kerja semaksimal mungkin dan ngerasa udah mentok. Mungkin udah saatnya kamu naik level. Butuh proses sih, tapi itu semua kamu sendiri yang ngukur. Jangan tanya ke Genmuda.com juga dong. Etapi kalo kamu mau magang jadi penulis juga bisa kok, coba aja daftar di sini.

Nah, kalo kamu udah paham sama 10 hal yang udah dibahas di atas, sekarang tinggal kamu tinggal ukur deh kemampuan atau mungkin rate card buat diri kamu sendiri. Selamat mencoba ya, dan tetep jangan mau kalo magang cuma disuruh bikin kopi doang sama mentor kamu!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.