Minggu, 26 Mei 2019

Genmuda – Di internet pasti kamu udah bisa liat euforia menyambut bulan Ramadhan. Jauh sebelum nentuin bulan penuh berkah itu tiba, kita sebenernya udah bisa merasakan tanda-tandanya loh Kawan Muda. Liat hilal? Bukan. Genmuda.com bukan ngomongin hilal ataupun posisi benda langit.

Sekarang, kita ngomongin fenomena sosial (berat banget) yang biasa kamu lihat sehari-hari. Engga perlu berdebat dan ngotot-ngototan, kita bisa tau bulan puasa udah mau datang ketika melihat 10 hal ini. Yuk bahas bareng-bareng.

1. Masjid bagi-bagi kalender

tanda jelang puasa Joke
(Sumber: Liataja.com)

Bukan hanya kalender, ada juga masjid yang ngasih satu set komplit dokumen menjelang puasa. Mulai dari buku panduan, buku doa, agenda ramadhan (buat anak sekolah), jadwal salat lima waktu, serta jadwal imsak dan berbuka puasa. Intinya sih biar Kawan Muda engga madol selama satu bulan.

2. Rencana Buka Bareng Berdatangan

gambar buka puasa lucu 1
(Sumber: sobatandroid.com)

Bersiap lah nerima chat, sms, telepon, dan email undangan rencana buka bareng. Mulai dari teman kuliah, teman SMA, teman SMP, teman SD, bahkan teman tapi engga pacaran. *eh. Biasanya sih yang masuk chat grup dan bilang mau datang banyak. Paling-paling, yang bisa hadir hanya si itu-itu lagi.

3. Petasan!

jelang ramadhan giphy
(Sumber: Rhett and Link)

Selain ulama dan pemerintah, yang jago nentuin nentuin momen jelang puasa adalah tukang petasan. Coba deh. Makin dekat bulan puasa, makin banyak tukang petasan dadakan bermunculan di pinggir jalan. Belum masuk bulan puasa pun, orang-orang udah main petasan.

4. Iklan Sirup

Mulai dari iklan bersambung sampai iklan yang sama sekali engga ada hubungannya dengan tema Ramadhan, perusahaan-perusahaan sirup udah gencar nayangin iklan di TV. Kalau sekarang sih engga masalah. Kalau udah bulan puasa baru deh terasa berat dan keki buat liat iklan itu di siang hari.

5. Iklan sarung

Biasanya, stasiun TV udah nyeting supaya iklan sarung muncul berdekatan dengan iklan sirup. Jadinya, dua iklan itu semacam ‘kakak-beradik’ yang terpisah secara tragis selama 11 bulan, kemudian kembali dipersatukan di bulan Ramadhan. *Hiks.

6. Kurma di mana-mana

jelang puasa Kecoa-udah-kayak-kurma_2
(Sumber: Indo Meme)

Jelang bulan puasa, buah kurma pun mendadak melimpah. Kemungkinannya ada dua. Entah karena pedagangnya jago simpan kurma sepanjang musim, atau karena pohon-pohon kurma panen rayanya menjelang bulan puasa. Yang pasti, kurma jadi semacam makanan wajib di bulan puasa.

7. Tawaran Kue Lebaran

Bertoples-toples kue lebaran juga udah bisa Kawan Muda lihat di toko-toko. Mau gimana lagi. Orang Indonesia emang biasa belanja buat lebaran sejak menjelang bulan puasa. Di awal bulan, kita bisa lihat toplesnya masih biasa aja. Menjelang akhir, baru deh kita lihat parsel-parsel kue lebaran ekstra niat di mana-mana.

8. Info Mudik

jelang puasa Meme-Lebaran-Lucu......
(Sumber: Pojok Satu)

Serasa engga mau kalah dari masjid, tukang petasan, produsen sirop, pengrajin sarung, juragan kurma, dan koki kue lebaran, stasiun TV juga mulai meluncurkan acara bertema puasa. Info mudik jadi senjata utamanya karena disiarkan hampir delapan kali sehari, bahkan lebih.

9. Banyak Promo

promo jelang puasa_2
(Sumber: Giphy)

Promo-promo juga banyak bermunculan nih menjelang bulan puasa. Mulai dari promo cicilan kendaraan, tiket murah, penginapan, hingga minyak angin dan obat anti mabuk ada promonya. Mungkin gara-gara itu juga orangtua kita suka khilaf kalau lagi belanja jelang bulan puasa.

10. Musim Jomblo

Jomblo puasa jelang puasa
(Sumber: Kaskus)

Galau deh. Belom baca penjelasannya aja udah galau gegara liat kata jomblo. Tapi, serius. Menjelang bulan puasa, banyak couple memutuskan hubungannya. Alasannya, karena pengen fokus beribadah dan dapat pahala terbaik. Tapi. Setelah lebaran, ternyata doi punya pacar baru. (#EAA)

Well, itu tadi 10 ciri kedatangan bulan puasa yang pastinya kamu temui sehari-hari. Di tempat Kawan Muda, tanda-tanda mana aja yang udah keliatan banget? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.