Senin, 18 Maret 2019

Genmuda – Waktu kecil Kawan Muda pasti sering dong diajarin sama guru atau ortu kalian supaya gak boleh pelit dan harus saling berbagi sama orang lain. Tapi kamu juga perlu tau kalo ajaran tersebut belum tentu bener-bener baik untuk diri kamu, terutama pada aspek kesehatan.

Tanpa banyak disadarin banyak orang, barang-barang di bawah ini sebaiknya gak usah kamu pinjemin ke orang lain, entah itu temen, pacar, atau anggota keluarga kamu sendiri. Bukannya Genmuda.com nyuruh kamu jadi orang pelit ya, tapi ini sekedar anjuran buat kesehatan tubuh kamu sendiri. Cekidot!

1. Earphone

©Genmuda.com/2016 TIM.
JBL Reflect Aware. ©Genmuda.com/2016 TIM.

Sadar engga sadar, telinga kamu selama ini udah dipenuhi sama kotoran, sel-sel kulit mati, dan bakteri, yang pada akhirnya bakal nempel ke earphones. Bukan cuma itu, earphones juga bisa jadi sarang kuman dari permukaan di sekitarnya, kayak misalnya tas tempat kamu nyimpan maupun meja tempat kamu menaruh earphones tersebut. Oleh karena itu, pinjem-pinjeman earphones sama orang lain tuh gak dianjurin buat kamu lakuin karena itu cuma bakal makin memperparah keadaan.

2. Gunting Kuku

via: Getty
(Sumber: Getty Images)

Dari kotoran kuku aja kamu bisa tau kalo kumpulan bakteri nempel di situ, apalagi gunting kukunya? Karena bakteri gak bisa kamu lihat tanpa bantuan mikroskop, kamu juga gak akan tau apakah bakteri di gunting kuku orang lain gak pindah ke tubuh kamu.

3. Anting

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Mau bahannya plastik, emas, mika, besi, baja ringan, atau apapun, kamu gak boleh pinjemin anting kamu ke orang lain. Ada banyak pembuluh darah di telinga seseorang dan banyak pula penyakit yang ditularkan melalui darah dari anting orang lain. Kalo emang masih tetep kekeuh pinjemin ke orang lain, sebaiknya bersihin anting kamu dengan alkohol sebelum dipakai.

4. Pelembab bibir dan lipstik

via: Google
Perhatiin juga bahan dasarnya (Sumber: Istimewa)

Ini juga gak boleh sembarangan. Sama kayak telinga, di bawah bibir kita tuh ada juga pembuluh darah yang rentan dimasuki sama mikroba atau virus. Contoh temen kamu sariawan, terus kamu pinjam pelembab bibir (lip balm) atau lipstiknya? Emang gak bakal nular ke kamu? BEWARE, penyakit virus herpes juga bisa ditularin melalui prantara dua barang kecantikan ini loh.

5. Pinset

via: Wirecutter
(Sumber: Istimewa)

Tanpa kamu ketahui, pinset itu adalah gudangnya penyakit apalagi kalo gak sengaja menyebabkan luka di permukaan kulit kamu. Buat kamu yang mau pinjem pinset orang lain, sebaiknya kamu gosok dulu deh dengan alkohol atau cairan pembersih lainnya. Dalam kasus lain, pinset bisa menjadi prantara penyebaran penyakit hepatitis C dan HIV.

6. Deodoran

via: Hellosehat
(Sumber: Getty Images)

Deodoran roll dengan bola di ujung juga gak boleh asal kamu pakai dari orang lain, bahkan dari keluarga kamu sendiri. Bola deodoran rentan banget menularkan bakteri terutama disebabkan luka saat habis cukuran. Karena deodoran cuma menghilangkan bau ketek, bukan berarti bakteri yang nempel di bola deodoran bisa mati dan gak akan pindah ke orang lain.

7. Sabun batangan

via: Women Talk
(Sumber: Istimewa)

Pakai sabun batangan juga jangan asal-asalan. Segala macam mikroba dari yang gak berbahaya sampai virus berbahaya bisa jadi tempat tumbuh kembang penyakit. Oleh sebab itu buat mengurangi resiko infeksi simpan deh sabun batangan kamu khusus untuk kamu sendiri. Kalo kamu mau lebih gampang, pakai aja sabun cair.

8. Sisir

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Jangan pernah sembarangan minjemin sisir ke orang lain sebab kamu gak akan pernah tau bahaya yang bisa ditularkan oleh sisir tersebut. Risiko kutu rambut sampai iritasi kulit bisa aja ditularin sama sisir orang lain.

9. Handuk

via: Getty Images
(Sumber: Istimewa)

Kasus ini perlu diperhatiin sama anak kosan, terutama yang menjemur handuk di tempat lembab. Kalo handuk kamu udah bau apek, itulah waktu paling pas buat jamur dan bakteri buat berkembangbiak. Efeknya bisa jadi gatel-gatel, jerawatan, sampe masalah kulit lainnya. Itu bisa menimpa siapa aja gengs, sekarang gimana kalo handuknya dipakai dari satu badan ke badan lain? Risikonya makin tambah besar kan?

10. Kuas makeup

via Marie Claire
(Sumber: Istimewa)

Genmuda.com cuma pengen ingetin kalo semua alat makeup yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, air liur, darah, atau luka jerawat sangat rentan menularkan penyakit ke orang lain. Ini sebabnya kamu gak boleh pinjemin eyeliner, eyeshadow, maskara, concealer, makeup base, lipstik, dan kuas makeup. Eits, ini juga berlaku pas kamu tester kosmetik di mall ya. (sds)

Comments

comments