Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Rugi berat kalo kamu menganggap puasa cuma sebatas menahan lapar dan haus. Justru sebaliknya, ujian terberat selama berpuasa di Bulan Ramadhan adalah hal-hal yang ada hubungannya sama menahan diri.

Menahan diri dari apa? Well, dari segala hal yang negatif bukan cuma menurut agama, tapi juga menurut etika dan logika. Misalnya aja, perbuatan-perbuatan seperti di bawah ini.

1. Gosip

via: Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Yakin kamu bisa menahan diri dari ngomongin orang lain di saat teman sekelas, sekampus, atau sekantor lagi ngegosip seru seputar si anak baru yang gayanya parlente dan tetekbengek lainnya?

2. Bermalas-malasan

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Puasa bukan alasan bermalas-malasan. Malah, gak ada satupun agama di dunia yang ngajarin umatnya buat bermalas-malasan. Lagian, menunda pekerjaan cuma bikin kerjaan kamu numpuk di akhir Bulan Ramadhan, momen ketika kamu seharusnya nikmati libur.

3. Ngomel

via genmuda.com

Matahari agak lebih panas dari biasa, kamu ngedumel. Jalanan macet sebentar karena angkot berhenti, kamu mencela. Ada orang nyebrang gak liat kanan-kiri, kamu ngedumel. Antrean jajanan berbuka panjang, kamu main nyelak antrean.

Jadi, kamu ini sedang menjalankan ibadah puasa atau sedang menjalankan ibadah ngomel? Yakin tuh amalan puasanya gak tergerus habis karena emosi gak bisa dikontrol?

4. Melanggar peraturan lalu-lintas

via: Google
Saya buru-buru pak mau ngerjain PR (Sumber: Istimewa)

Mentang-mentang pengen cepat sampai ke kelas yang ada AC, terus kamu sembarangan melanggar aturan. Kendaraan dikebut gak kira-kira, belok gak lihat-lihat, parkir sembarangan, terus nyebrang serampangan.

Itu sama aja kamu lagi berbuat jahat pada sesama pengguna jalan dan perbuatan jahat jelas mengurangi puasa kamu.

5. Bohong

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Pada suatu sore yang panas dan gerah, Asep ketiduran sehingga bablas gak beribadah sampai doi terbangun pas bedug Maghrib berkumandang. Saat mengendap-endap ke ruang keluarga, dia ke-gep nyokap.

Nyokapnya bilang, “ASEP! TIDUR MULU KAGAK SHALAT ASHAR!” Takut dengan sapu lidi yang udah dipegang nyokap, Asep berbohong, “Tadi sebelum tidur udah sempat shalat kok, bu….”

6. Jelalatan

via nymag.com
(Sumber: nymag.com)

Yuk, stop menjelalati cewek cakep yang kebetulan papasan di jalan atau cowok ganteng yang lagi memarkir mobilnya. Puasa kamu mungkin gak batal, tapi perbuatan itu jelas ngerusak pahala puasa.

7. Berlebihan

via polka.id
(Sumber: polka.id)

Hati-hati saat belanja menu berbuka dalam keadaan keroncongan dan kehausan. Itu bikin semua orang bermata hijau dan kalap dalam jajan. Menu yang udah dibeli selalu terasa belum cukup. Banyak yang terjerumus beli lebih banyak lagi.

Padahal, perut juga udah kenyang dengan beberapa potong gorengan dan segelas teh manis. Sisa makanan-minuman berbuka akhirnya gak termakan. Mubazir, deh. Pemborosan, deh.

Nah, kelakuan di atas sedikit demi sedikit menggerogoti pahala puasa kamu, gaes. Makin sering dilakuin ya puasa kamu gak ada pahalanya. Kamu cuma dapat lapar dan haus.

Tapi, kamu gak boleh membatalkan puasa juga karena sengaja batalin puasa sama dengan dosa besar. Makanya, Genmuda.com doain kamu kuat menahan lapar, haus, dan menahan diri dari napsu melakukan hal negatif. Amiin! (sds)

 

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.