Senin, 22 April 2019

Genmuda – Ternyata bukan cuma tentang calon pendamping hidup aja yang harus dicari sebelum Kawan Muda berniat dan akhirnya mengambil keputusan untuk menikah. Banyak hal yang lebih penting dan perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari, bahkan dari kalian pacaran dan akhirnya memutuskan untuk menikah.

Emang apa aja sih yang perlu dipersiapin? Cek informasinya di bawah ini, siapa tau bisa membantu kamu sebelum menuju hari berbahagia dalam hidup kamu itu.

1. Tanggal dan tempat

Via google
(Sumber: Istimewa)

Kenapa tanggal dan tempat penting? Karena tanggal ini akan berkaitan sama KUA, sementara tempat akan akan berhubungan sama tema, dekorasi, dan kostum. Pertama, pastiin tanggal yang udah kamu rembukin sama si calon. Antisipasi juga cuacanya, jangan sampe kalian milih tanggal di bulan atau musim hujan, tapi acaranya di outdoor. Selain pelaminannya yang udah basah, kasian juga kan undangan yang udah menyempatkan hadir ke nikahan kamu.

2. Koordinasi sama pihak KUA

via: Google
Catet ya persyaratannya! (Sumber: Istimewa)

Jangan dateng ke KUA dengan tangan kosong ya! Biar engga salah nanti, jangan lupa bawa surat pernyataan dari RT/RW dan surat keterangan dari kelurahan, dari situ baru deh daftar ke KUA pihak perempuan. Setelah itu minta kontak penghulunga biar gampang dihubungi saat hari H. Bahaya kan kalo pihak penghulunya gagal dateng, bisa gagal juga kamu ijab qabul. *amit-amit

3. Tentuin tema yang sesuai

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Setelah kamu udah memastikan tanggal baik buat melangsungkan akad dan resepsi, udah ngelengkapin juga surat-surat yang dibutuhin dan daftar ke KUA, tahap selanjutnya harus dilakukan adalah menentukan tema. Nah tema ini sebaiknya disesuaikan sama musim. Jangan sampe kalian punya mimpi untuk nikah dengan tema garden party, tapi ternyata tanggal yang kalian pilih itu masuk di musim hujan.

Selain berkaitan sama tanggal yang kalian pilih, tema ngaruh banget loh sama pemilihan kostum yang akan kalian pake. Pikirin deh akan berapa kali kalian ganti baju dalam sehari, sekaligus warna dan adat yang disepakati bersama si calon.

4. Dekorasi

via: Google.com
siapa yang gamau coba punya garden party gini (Sumber: Istimewa)

Selain biar engga bentrok, penting banget mikirin dekorasi dari jauh-jauh hari adalah supaya memudahkan kamu untuk nyari vendor yang cocok sesuai tema. Kamu bisa cari di Instagram kok, coba aja cari pake tagar #dekor #dekorpernikahan #dekor(nama kota kamu). Pasti banyak yang nyediain.

Oh iya, ternyata dekorasi untuk pernikahan indoor itu lebih murah loh daripada dekorasi outdoor. Kenapa? Karena kalo kamu di outdoor, kamu perlu banyak tenda. Beda sama indoor yang semua dekorasinya ada di 1 ruangan. Kalian juga bisa mencocokan budget yang kalian punya dengan si vendor sehingga mereka dapat menyesuaikan tema yang kita minta tapi engga overbudget.

5. Catering

via: Google
Kalian pasti pernah kondangan demi makan enak, ya kan? (Sumber: Istimewa)

Kalo kalian engga terlalu paham sama masalah ini, kalian bisa tanya ke keluarga yang lebih berpengalaman soal catering. Engga ada harga yang pasti sih untuk poin yang satu ini karena beda rasa, beda pilihan menu, pasti beda juga harganya.

Jangan kaget juga, karena kebutuhan catering inilah yang akan paling nguras biaya kamu nanti. Tapi, balik lagi ke soal harga, semua bisa diomongin dan disesuain sama budget.

Nah, Kawan Muda udah tau kan apa aja yang harus kamu persiapin sebelum menikah? Oke, mulai nabung dari sekarang ya sama si doi. Semoga lancar sampai hari H ya, gaes! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.