Rabu, 12 Desember 2018
HubunganSahabat

Buat Para Introvert, Begini 7 Cara supaya Kamu Punya Banyak Teman (Dan Sedikit Haters)

©Genmuda.com/2017 TIMKi-ka: Andraneta, Najwa, dan Shafa tetep senyum meski abis antre gila-gilaan di KAI Travel Fair 2017, 30 Juli. ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Sudah rahasia umum kalo para introvert dikenal lebih diam ketimbang extrovert atau ambivert (di antara keduanya). Sosialisasi bisa ngabisin energinya sementara kesendirian bikin dia bersemangat.

Sekalinya ingin punya teman, para introvert kebingungan. Gimana cara bisa nyambungin koneksi ke orang lain kalo ngomong panjang lebar sama dengan kegiatan yang menguras energi sampai habis?

Gampang aja. Sedikit bicara banyak bertindak. Yuk simak di bawah ini supaya tahu lebih banyak tindakan yang harus para introvert lakuin biar punya teman lebih banyak dan haters lebih sedikit dari ekstrovert.

1. Lakuin kegiatan bareng

via istimewa

Anak introvert gak semuanya nerd. Ada juga yang suka olahraga. Sebaliknya, anak ekstrovert gak semuanya gaul. Ada juga yang nerdnya minta ampun.

Dengan melakukan kegiatan bareng, secara otomatis bakalan tercipta hubungan di dalamnya. Sama aja kayak para anggota guild/clan di MMORPG atau anggota tim olahraga meski di dalamnya berisi gabungan extrovert-introvert.

2. Rutinkan kegiatan itu

Ibarat olahraga, kegiatan bareng itu harus dilakuin biar ada hasilnya. Melakukannya sekali mah gak ngejamin kamu bakalan punya hubungan sama yang lain.

3. Berbagi kegiatan itu

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Dengan ngelakuin kegiatan bareng, kamu punya bahan obrolan, deh. Saat teman-teman pada membicarakannya, kamu tinggal nimbrung tanpa perlu basa-basi yang cuma bisa dilakuin anak ekstrovert.

4. Dengerin omongan orang

Beruntung bila kamu punya teman ekstrovert. Kamu cukup dengerin omongannya, maka skor pertemanan di antara kalian bakalan bertambah secara otomatis.

Bila orang di hadapan kamu ini adalah introvert, itu lebih gampang lagi. Dengan ngelakuin kegiatan bareng doi aja kamu bisa dibilang temannya.

5. Ramah

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Kalo dikit-dikit kamu ngedumel, ngomel, dan marah-marah, mungkin orang engga lagi memandang kamu sebagai introvert, melainkan sebagai pemarah. Jangan salahin siapa-siapa kalo mereka mundur teratur.

Misalnya kamu emang mau ngomongin masalah pribadi atau masalah kamu sama mereka, omongin baik-baik. Jadi orang yang ramah itu engga ngerugiin, kok. Sebaliknya, kamu malah punya banyak teman.

6. Harus punya me time

Jangan ngotot. Misalnya kamu kelelahan setelah bersosialisasi, istirahat aja. Gak perlu ikut nongkrong ke cafe di tengah kota atau nonton konser bila kamu engga mau melakukannya.

7. Punya passion

via: giphy

Orang yang hidupnya punya tujuan atau paling gak punya passion terhadap sesuatu pasti bakalan jadi magnet. Orang-orang bakalan mau mengenal kamu lebih dalam, apalagi orang dengan passion yang sama.

Simpel, kan? Meski irit ngomong, para introvert ada kemungkinan punya banyak teman dengan 7 saran itu. Kamu punya tips lain? Bagi-bagi dong. Share di bawah ini, ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.