Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Cowok macho berjenggot lebat berewokan pun pengen kulitnya terawat, bersih, bebas jerawat sama kayak cewek mulus instagrammable, tauk. Ditambah lagi, jenggot juga gak boleh kalah terawatnya biar menunjang penampilan. Cowok juga pengen dimengerti kayak cewek, keleus!

Cerita-cerita itulah yang Genmuda.com peroleh dari berbagai forum perawatan wajah dan dari kolom komentar artikel. Karena ada permintaan, maka ada pula yang pada akhirnya memproduksi berbagai produk perawatan jenggot. Serius. Lo gak salah baca.

Lain dari minyak penumbuh yang mayoritas dibeli para cowok berdagu mulus, produk perawatan cowok banget itu khusus buat mereka yang dagu, mulut, atau jambangnya udah lebat. Dari sekian banyak, lima produk ini yang paling esensial, alias dibutuhin banget.

1. Shampoo jenggot (beard shampoo)

via detroitbeardcollective.com
(Sumber: detroitbeardcollective.com)

Shampoo jenggot didesain supaya bersihin segala debu atau kotoran lain yang menempel dari sela-sela rambut wajah, termasuk kutu dan ketombe. Berdasarkan bahan pembentuknya, shampoo ini bisa bikin jenggot lebih lembut.

2. Kondisioner jenggot (beard conditioner)

via uncrate.com
(Sumber: uncrate.com)

Terkadang, jenggot suka tumbuh ke arah kulit sehingga menyebabkan iritasi dan gatel-gatel gak jelas. Bila itu yang terjadi pada lo, engga ada salahnya melembutkan jenggot satu tingkat lagi dengan mengolesi kondisioner. Susah nyari kondisioner khusus jenggot? Pakai kondisioner rambut aja lah biar gak ribet.

3. Sabun jenggot (beard soap)

via etsy
(Sumber: etsy)

Pengen kulit dagu lo lebih terpastikan bersihnya? Jangan lupa gosok-gosok dengan sabun jenggot yang bakalan mengikat partikel debu, bekas makanan, pasir, tanah, lumpur, oli, dan segala kotoran membandel bekas kegiatan manly lo.

4. Minyak jenggot (beard oil)

via bing.com
(Sumber: bing.com)

Bila kondisioner kurang manly, pakai aja minyak jenggot. Fungsinya sama-sama melembutkan dan merawat rambut di dagu lo. Udah gitu, beberapa produk beard oil dikasih wewangian alami.

5. Balsem jenggot (beard balm)

via thebeardedstag.com
(Sumber: thebeardedstag.com)

Jenggot juga butuh nutrisi dan itu diperoleh dari balsem jenggot. Kayaknya gak penting, ya? Padahal penting loh, bro. Soalnya, nutrisi dari balsem itu yang meresap ke tiap helai jenggot dan menyehatkan.

6. Sisir jenggot (beard comb)

via direktconcept.com
(Sumber: direktconcept.com)

Ya jelas lah ya cowok butuh sisir dengan gigi-gigi kuat supaya gak patah lalu nyangkut di lebatnya jenggot lo. Kalo gerigi sisirnya loyo, susah, dong.

7. Sun screen

via gr8traveltips.com
(Sumber: gr8traveltips.com)

Tabir surya alias sun screen penting buat kulit lagu, mulut, dan area jambang lo, bro. Kulit yang sehat itu awal dari jenggot sehat dan terawat. Cakep, nih. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.