Senin, 19 Agustus 2019

Genmuda – Menegangkan. Itu kesan yang terasa saat nonton film ‘The Shallows.’ Meski dimulai dengan nuansa yang chick flick dan cheesy banget, film drama-thriller ini mampu bikin para penonton pulang ketakutan.

Di film ini, Blake Lively meranin seorang mahasiswi kedokteran bernama Nancy. Petualangannya dimulai ketika doi sedang ‘melarikan diri dari kenyataan’ buat berlibur ke sebuah pantai tanpa nama di daerah latin. Saat itulah sutradara Jaume Collet-Serra bakal nunjukin semua masalah kegalauan anak muda kayak asmara, keluarga, hingga jati diri. Jadi engga heran kalo temanya teen-lit banget loh.

Untungnya Anthony Jaswinski sebagai penulis naskah engga bakal ngebiarin kamu terbuai dengan permasalahan ABG yang dianggap cemen oleh sebagian orang. Seperti trailernya, liburan remaja cewek itu bakal terganggu sama kehadiran sesosok hiu putih.

Film slasher

(Sumber: Got Celeb)

Sebagaimana kamu bisa tebak, film ini bakal nampilin scene berdarah-darah. Namun melalui perpaduan CGI, make up, dan kualitas akting Lively, film berdurasi 87 menit ini terlihat sangat berbeda dan menghibur. Buat pengemar film thriller ‘The Shallows’ tentu menawarkan cerita yang lebih fresh. Maklum aja, soalnya sosok ‘antagonis’ di sini adalah seekor ikan hiu.

Penulis juga memberikan kredit lebih pada penggunaan CGI yang pas banget buat nunjukin adegan video call antara Nancy dan keluarga-keluarganya. Bahkan film fiksi ilmiah sekaliber ‘Avengers’, ‘Star Trek’, atau ‘Star Wars’ bisa belajar bikin efek ‘video call’ seperti di film ini. *Thumbup!

Monolog dan gambaran ‘personifikasi’

via: Alem Haber
(Sumber: Istimewa)

Blake Lively bakal jadi tokoh paling sentral di film ini. Meski doi hampir melakukan monolog hampir di banyak adegan, namun ekspresi yang ditampilin mampu merepresentasiin seekor hiu sebagai musuh utama sepanjang film.

Sejumlah tokoh lain yang masuk layar sangat terbatas jumlah dan perannya di film ini. Bisa dibilang, sosok manusia yang ada di film ‘The Shallows’ hanya bertindak sebagai cameo. Bahkan aktor sekaliber Brett Cullen sebagai ayahnya Nancy cuma dapat scene secuil. Uniknya, kamu sebagai penonton justru bakal menaruh hati kepada sosok burung camar yang dinamain Steven Seagull ini oleh si Nancy.

Overall, ‘The Shallows’ memberikan warna baru buat film thriller survival yang melibatkan hiu. Perjuangan dan kekuatan manusia bakal ditunjukin dalam sosok Nancy. Singkatnya kamu tetep bakal bisa teriak saat adegan menegangkan.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.