Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Tahun ajaran baru artinya kelas baru, guru baru, dan suasana baru. Kenapa gak sekalian aja dapat teman baru? Itu perlu, loh. Apalagi kalo kelakuan teman lama masuk kategori “teman beracun.”

Apakah itu artinya teman kamu bikin kamu sakit? Secara fisik mungkin enggak, tapi teman beracun pasti bikin kamu sulit peroleh ketenangan batin apalagi ngembangin diri.

Biar gak rugi, baiknya sih kamu hindari tipe-tipe teman kayak di bawah ini, gaes.

1. Banyak mencuri waktu kamu

via Istimewa

Dia hobinya minta ditemani ini-itu. Kegiatan penting kamu dianggap gak penting dan boleh dikorbanin menurut dia. Giliran kamu minta ditemani, dia punya sejuta alasan menolaknya. Artinya, dia mencuri waktu kamu yang berharga tuh.

2. Kebanyakan kritik

Kritik itu bagus jika bersifat membangun. Tanpa itu, kritik cuma jadi ucapan pedas yang nyakitin hati pendengarnya. Doi bilang OOTD kamu jelek lalu doi bantu kamu nyari OOTD terbaik. Itu baru teman yang kritiknya membangun! Lain dari teman yang cuma bisa kritik tanpa kasih solusi.

3. Nyalahin orang mulu

via Know Your Meme

Saat rencana geng gagal total, akan ada teman yang kebiasaannya nyalahin orang. Giliran disalahin, dia ngambek dan ujung-ujungnya nyalahin kamu dan teman-teman karena bikin dia sakit hati.

4. Narsis

Sifat narsis bukan hanya ditunjukin saat selfie, tapi di mana-mana. Misalnya, saat kamu ketemu kenalan saat jalan-jalan sama teman. Si narsis pasti berusaha sekuat tenaga mengambil alih pembicaraan kamu dan teman kamu itu supaya jadi sorotan.

5. Nyebar kebohongan

via gifimage.net

Menyimpan rahasia supaya gak diketahui orang lain tuh wajar. Semua orang melakukannya dan kadang dengan sedikit berbohong. Tapi, gak semua orang tega sampe nyebar kebohongan demi memeroleh tujuan pribadi. Itu udah gawat banget.

6. Kacang lupa kulitnya

Ada juga loh teman yang kerjanya manfaatin orang lain demi kepentingannya yang lebih besar aja. Contoh simpelnya gini aja. Sodara kamu ada yang jadi bos. Mendadak, ada teman kamu baik-baikin kamu supaya kamu memperkenalkannya ke bos. Setelah kenalan dan dia diterima kerja, kamu dilupain gitu aja. Macam apa itu!?

7. Attitudenya buruk

via gifimage.net

Buruk seperti apa? Doi suka ngomel, pesimis, berprasangka, kikir, galak, pembohong, khianat, atau gabungan dari sifat-sifat itu. Dijamin! Gak ada orang yang nyaman dekat sama tipe macam itu.

Sekali lagi, ya. Genmuda.com saranin kamu tinggalin orang-orang macam itu. Mendingan cari teman baru yang banyak positifnya, kayak kamu. Lagian, mumpung tahun ajaran baru, yekan… (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.