Sabtu, 22 September 2018

Genmuda – Keramas dengan shampo setiap hari, rambut malah rusak. Keramas jarang-jarang, rambut lepek dipenuhi minyak. Jadi, seberapa sering kepala harus dishampoin supaya rambut sehat dan cantik?

Di satu sisi, minyak alami dari kulit kepala (sebum) bermanfaat sebagai pelembap alami buat lambut. Di sisi lain, sebum bikin rambut keliatan lepek dan susah ditata.

Lebih bikin galau lagi, kulit kepala memproduksi sebum lebih banyak pada usia remaja dan anak muda ketimbang usia dewasa. Makin susah deh, punya rambut cantik yang memukau teman sekolah dan kampus.

Jawaban atas kegalauan itu terdengar gampang. Kamu jangan sering-sering keramas dengan shampoo. Untuk mengetahui lebih detil soal seberapa jarang kamu harus keramas, perhatiin empat hal ini.

1. Jenis kulit kepala

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kulit kepala normal menghasilkan sebum dalam jumlah normal. Berarti, shampoan satu atau dua kali seminggu pun sebenarnya cukup. Sementara itu, kulit kepala yang rajin memproduksi sebum perlu dishampoin antara dua hingga tiga kali seminggu.

2. Tekstur rambut

Tekstur rambut termasuk faktor yang harus dipikirin karena memengaruhi persebaran sebum dari kulit kepala ke ujung rambut. Sebum menyebar lambat pada rambut kasar atau keriting/keribo sementara cepat pada rambut lurus.

Makanya, rambut keriting/keribo masih keliatan normal bebas lepek meski cuma dishampoin seminggu sekali. Sementara itu, rambut lurus langsung keliatan lepek kalo dua hari gak dishampoin.

3. Gaya rambut

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Unsur-unsur kimia yang kamu bubuhi ke kepala bisa aja mengubah tekstur dan kondisi kepala seperti halnya pewarna yang mengubah warna rambut kamu. Kalo rambut kamu ada kerusakan akibat styling, lebih baik shampoan seminggu sekali supaya rambut gak makin rusak.

4. Kegiatan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kamu yang tiap hari berhadapan sama debu bahkan lumpur lebih bijak untuk sedikit lebih sering shampoan. Kalo dibiarin kotor, bisa-bisa sprei tempat tidur dan aksesoris kepala kamu ikutan kotor.

Buat kamu yang kegiatannya berhadapan sama debu dan kotoran, keramas dua atau tiga hari sekali kayaknya masih oke, deh.

Kesimpulannya, keramaslah maksimal dua atau tiga hari sekali karena keramas tiap hari bikin rambut cepat rusak. Kamu punya pendapat lain? Yuk, tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.