Minggu, 22 Oktober 2017
Gaya HidupOlahraga

Biar Makin Keren Pas Main Bola, Cari Tau dulu Beberapa Nomor ‘Keramat’ di Jagat Sepakbola

via: Goal(Sumber: Goal)

Genmuda – Nocan atau nomor cantik bukan melulu soal nomor hp apalagi nomor (antrean) di tempat spa. Di dalam dunia olahraga kayak sepakbola nomor cantik bisa diibaratkan sebagai nomor keramat yang mendeskripsiin skill si pemain.

Gak cuma itu, posisi bermain hingga nilai historis jadi alasan kenapa suatu nomor bisa dianggap keramat oleh sebuah tim sepakbola. Jadi nih, jika sekarang kamu lagi kepikiran mau bikin kaos tim futsal atau sepakbola gak ada salahnya baca dulu arti dan filosofi setiap nomor punggung di bawah ini.

Nomor 1

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Sesuai posisinya sebagai orang terakhir di belakang, nomor ini emang cocok cuma buat kiper (yang jago). Tapi kalo kamu cuma kiper camat (baca: cadangan mati) pilih aja nomor 13 atau 22 biar gak jadi beban juga. Kan kalo gak jago-jago banget nanti kamu jadi malu.

Nomor 4

viaL Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Berjiwa besar dan bisa jadi pemimpin lapangan setelah pelatih adalah karakter dari nomor punggung 4 di sepakbola. Dalam segi posisi bermain dan fisik, nomor 4 identik sama pemain belakang yang tangguh. Wajar banyak bek tangguh dengan nomor punggung 4 dipercayai sebagai kapten di dalam tim, kayak Javier Zanetti, Vincent Kompany, dan Sergio Ramos.

Nomor 7

via: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
(Sumber: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Secara historis nomor tujuh dianggap bikin hoki dan selalu identik sama pemain sayap. Di sejumlah tim sepakbola kayak MU sampe Real Madrid nomor 7 udah selalu dipake sama pemain-pemain top kayak George Best, Eric Cantona, David Beckham, Raul Gonzalez, hingga Cristiano Ronaldo.

Nomor 9

via: Getty Images
(Sumber: Dan Mullan/Getty Images)

Punya peran penting sebagai pencetak gol jadi alasan kenapa nomor ini sering dipake sama striker murni. Dari historisnya, nomor 9 banyak dikenakan oleh para topskor tim-tim top dunia, maupun di level timnas.

Nomor 10

via: Goal
(Sumber: Goal)

Nomor ini gak cuma berlaku buat sepakbola, hampir semua cabang olahraga beregu jadiin nomor 10 sebagai jagoan di tim mereka. Secara filosofisnya sih nomor 10 itu ngegambarin skor 1-0, sehingga penggunanya dianggap sebagai pemain yang bisa ngasih 1 gol kemenangan.

Nomor 11

via: Arsenal.com
(Sumber: Arsenal.com)

Hampir sama kayak peran nomor 9, biasanya pemain di posisi sayap selalu mengenakan nomor 11. Selain itu, nomor ini juga jadi keramat karena perannya jadi solusi lain kalo si nomor 10 gak bisa cetak gol. Ya, kurang lebih jagonya gak jauh beda deh.

Nomor 21

via: PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
(Sumber: PAUL ELLIS/AFP/Getty Images)

Kalo kamu termasuk orang yang jago atur serangan dalam tim dan jago dalam mengeksekusi bola mati maka nomor 21 cocok buat kamu pake. Biarpun di luar dari 11 besar, pemain bernomor punggung 21 tetep dianggap paling mematikan dalam tim.

Jadi mana nomor nih nomor punggung yang kamu banget?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.