Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Siapa bilang hidup anak kosan selalu nelangsa. Faktanya nih, jadi anak kosan zaman sekarang justru udah lebih gampang daripada mereka yang jadi anak kosan zaman baheula.

Dengan kemajuan teknologi, Kawan Muda, yang akan dan sedang jadi anak kosan, seharusnya bisa memanfaatkan barang-barang multifungsi yang ada di sekitar lo. Gak wajib mewah atau mahal kok, cukup dengan sedikit improvisasi lo seharusnya bisa memaksimalin barang-barang ini di kosan lo.

1. Water heater

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Berbeda dengan air panas dari dispenser, water heater kecil bisa lo gunain untuk memasak air mentah menjadi matang (kalo air kosan lo layak minum ya). Barang ini biasanya tersedia dalam bentuk termos listrik berbahan plastik yang dijual kisaran Rp 80 ribuan.

Selain itu, fungsi termos bisa lo manfaatkan sebagai penyedia stok air panas saat mandi pagi. Minimal 2 kali masak deh buat kapasitas satu ember. Gitu aja? Santai, lo masih bisa kok masak mie instan di termos listrik. Berfaedah banget kan!

2. Rice Cooker

via: WordPress
(Sumber: WordPress)

Hampir mirip-mirip sama water heater, bedanya rice cooker dapat menjadi penyelemat lo ketika dompet semakin tipis di akhir bulan. Gak melulu untuk masak nasi doang gengs, alat ini juga berfungsi untuk banyak hal.

Pertama lo bisa menyimpan atau menghangatkan makanan di dalam rice cooker supaya gak cepet basi saat ditinggal kuliah. Kedua, saat memasuki musim hujan dan keadaan darurat, lo bisa mengeringkan (sorry) pakaian dalam di atas rice cooker. Emang gak langsung kering sih, tapi seenggaknya enggak bau apek dan lembab saat dipakai.

3. Sarung

via: alamendah.files.wordpress.com
(Sumber: alamendah.files.wordpress.com)

Selain untuk sholat, fungsi sarung buat anak kosan juga sangat berfaedah. Saat kamar lo lagi banyak nyamuk atau cuaca sedang dingin, lo bisa menjadikan alat ini sebagai selimut (tipis).

Nah, buat lo yang butuh alas saat menyetrika, lo juga bisa menggunakan sarung. Awas, sebelumnya pastiin juga sarung yang lo pake itu berbahan katun atau poliester, bukan berbahan sutra.

4. Lap plas chamois

via: IDN times
(Sumber: IDN times)

Kebanyakan orang Indonesia sering menyebut ini sebagai lap kanebo, tapi sebenernya itu adalah nama merk lapnya. Nah, nama lap ini adalah lap plas chamois.

Beda dengan lap yang sering dipake untuk mengeringkan mobil atau motor, plas chamois untuk badan dirancang lebih halus dan lebih cepat kering daripada handuk. Dan menurut penelitian, perawatan kain las chamois jelas lebih mudah serta tahan lama ketimbang kain handuk biasa.

5. Bluetooh speaker

via: britishsounds
(Sumber: Istimewa)

Selain bisa jadi speaker untuk smartphone atau laptop, udah banyak banget jenis bluetooth speaker dengan fitur lengkap seperti jam weker, temperatur udara, radio, sampe slot usb atau micro sd buat memutar lagu.

Silakan aja cari di beberapa e-commerce lokal, harganya masih berkisar Rp 150 ribuan kok. Jadi, tinggal disesuakan sama kantong lo. “Hidup anak kosan!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.