Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda – Seluruh bagian dunia ngeasain euforia tahun baru, beberapa saat lalu. Perayaannya terjadi sepanjang hari. Langit malam meriah sama beragam warna dan bentuk kembang api. Kawan Muda siap jadi pribadi lebih baik, dong?

Ngomong-ngomong soal tahun baru, bukan cuma umur, pengetahuan tentang Indonesia juga harus nambah, dong! Biar apa? Biar Indonesia punya stok generasi muda yang selalu kece karena smart is the new sexy. 

Makanya, Genmuda.com bakal kasih tau kamu semua fakta-fakta Indonesia yang bakal bikin kamu makin cinta dan bangga sama NKRI kita. Langsung aja, check this out!

Negara agraris (yang banyak lautnya)

via Istimewa
Sejumlah petani memanen padi. (Sumber: Istimewa)

Patut bersyukur, deh karena kamu jadi anak Indonesia. Secara geografis,  Indonesia dilewatin sama garis khatulistiwa. Artinya, Tanah Air selalu dapat sinar matahari sepanjang tahun. Karena itulah kita cuma bisa ngerasain dua musim, musim hujan dan musim kemarau.

Tanah NKRI pun cocok ditanami sepanjang tahun, mulai dari nanem beras, jagung, sayur, sampe buah-buahan. Yah, meski kita gak bisa ngerasain salju kayak di drakor, kita gak perlu kesusahan buat cari makan saat musim ekstrem itu tiba.

Punya bahasa ajaib

via Istimewa
Cowok Indonesia Barat foto sama penduduk Indonesia Timur. (Sumber: Istimewa)

Sejumlah negara jadiin bahasa dominan sebagai bahasa utama negaranya. Misalnya, Australia dan Amerika dengan Bahasa Inggrisnya. Di Indonesia, bahasanya terbilang ajaib karena diciptain sendiri dari bahasa kuno yang jarang dipake lagi, yaitu Melayu dan Sansekerta.

Bukan Bahasa Jawa, Bahasa Padang, Bahasa Sunda, Bahasa Makassar, atau bahasa suku-suku di Indonesia. Kenapa harus gitu? Supaya gak ada kecemburuan antar golongan. Makanya, Bahasa Indonesia dibilang bahasa pemersatu.

Jadi, meskipun kamu berkunjung ke daerah-daerah Indonesia yang pelosok banget sekalipun, kamu gak perlu khawatir buat berkomunikasi karena ada bahasa Indonesia yang jamin komunikasi kamu sama masyarakat lokal.

Bahasanya tumbuh terus

via Practical Mandarin
(Sumber: Istimewa)

Bahasa ajaib itu pun tumbuh seiring dengan tumbuhnya kebudayaan penduduk Indonesia. Itu terlihat dari bertambahnya jumlah kosakata pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dari tahun ke tahun.

Contoh kata-kata baru abad 21 yang gak ada di abad 19 dan 20, misalnya pramusiwi (babysitter), gawai (gadget), komedi tunggal (stand up comedy), sangkil (efisien), juga mangkus (efektif). Kata swafoto (selfie) belum resmi masuk, tapi semua tau maksudnya. Kali aja tahun depan dimasukin KBBI.

Produk budayanya bhuanyak

via Istimewa
Contoh produk budaya tradisional berupa pakaian, tarian, dan alat musik adat. (Sumber: Istimewa)

Selain terkenal sama rempah-rempahnya yang kaya, Indonesia juga kaya akan budaya. Dari Timur ke Barat, dari Utara ke Selatan, kamu bakal nemuin beragam budaya yang bebeda-beda. Budaya Sunda berbeda denga budaya Jawa Timur, budaya Jawa Timur juga berbeda dengan budaya Jawa Tengah.

Begitu pula produk budayanya. Cara berpakaian, jenis makanan, cara makan, cara masak, logat, alat musik, dan sendi kehidupan tradisionalnya beda. Banyak banget keunikan masakan Padang, Jogja, dan Manado.

Keragaman budaya itu justru jadi keistimewaan tersendiri bagi Indonesia dibanding Negara lain. Turis asing aja mandang keragaman Indonesia sebagai tujuan wisata, masa penduduk aslinya jadiin perbedaan buat mecah-belah persatuan, sih!?

Ekonomi tumbuh kenceng

via G20
Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tertinggi ketiga di antara 20 negara industri. (Sumber: G20)

Selain budaya dan hasil tanamnya, kamu juga patut bangga dengan perekonomian Indonesia. Organisasi negara industri, G20 mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 5,3 persen dalam setahun, loh. Itu ketiga terbesar di antara anggota G20, loh.

Tantangan selanjutnya adalah ngeratain pertumbuhan ekonomi itu supaya gak dinikmatin orang-orang tajir doang, tapi ke semua kalangan. Emang sulit. Yah, seenggaknya, data G20 bikin orang Indonesia hidup optimis.

Banyak senyum dan ramah

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Walau banyak media tunjukin sisi beringasnya, turis mancanegara tetep anggap penduduk Indonesia ramah, baik, dan murah senyum. Itu salah satu sebab mereka gak kapok main lagi ke Indonesia bareng rombongan lebih besar.

Kamu juga pernah kan ngerasain kalo lagi jatuh dari motor di jalan, pasti bakalan banyak warga yang bantu kamu bangun, bahkan kasih kamu obat, makanan, dan minuman secara cuma-cuma (walaupun, pada naik motor kayak lagi kerasukan jin cheetah).

Punya sejuta surga dunia

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sebelum kamu berniat nabung demi jalan-jalan ke luar negeri, nabung demi jalan-jalan keliling Indonesia aja. Gak kalah sama Hawaii atau Maldives, Negara tercinta kita ini juga punya sejuta surga dunia yang bisa manjain perasaan, mata, dan hati kamu.

Ada Kepulauan Raja Ampat dengan pesona wisata lautnya yang indahhh banget di wilayah Papua Barat, ada juga Gili Trawangan di daerah Lombok masih sama lautnya yang kece.

Selain laut, ada juga wisata Gunung Bromo di Jawa Timur yang bisa kamu capture buat diposting di sosmed dan dijamin bikin galeri IG kamu makin cantik kayak penulis artikel ini. #narsistingkatdewa

Setelah baca artikel ini, kira-kira Kawan Muda bakal makin cinta gak nih sama Tanah Air? Satu yang gak kalah penting: jangan lupa taruh sampah di tempat sampah biar Indonesia makin bersih dan kece kayak kamu. (tim)

Comments

comments