Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Mayoritas umat Muslim lagi sibuk menata mental dan siapin rohani-nya sambut Bulan Ramadhan yang datang gak lama lagi. Pemakaman dipenuhi orang-orang yang berziarah, tukang jahit laris manis, dan para pengusaha dadakan mulai menguji coba menu jualan sepanjang bulannya.

Beberapa orang juga udah siapin keperluan mudik dari berminggu-minggu sebelum puasa supaya gak kehabisan tiket ketika libur Ramadhan tiba. Selain “ritual” sambut Ramadhan yang terjadi tiap tahun itu, ada beberapa persiapan lagi yang harus dilakuin. Bukan cuma Umat Muslim, mereka yang Non-Muslim juga harus siapin hal ini.

1. Tahan makan-minum

via giphy.com

Supaya gak kaget menahan lapar dan haus lebih dari 10 jam selama sebulan, mending biasain dari satu atau dua minggu sebelum puasa pertama. Buat yang gak berpuasa, siapin diri untuk gak makan menu favorit karena kemungkinan banyak warung makan yang tutup siang-siang selama puasa berlangsung.

2. Tidur dan bangun lebih cepat dari sekarang

Bangun pagi di hari biasa aja susah, gimana saat harus bangun sebelum matahari terbit di saat Bulan Ramadhan. Coba latih dengan tidur lebih cepat mulai dari sekarang supaya engga kaget. Kamu yang Non-Muslim juga harus biasain karena terkadang kumandang bangun sahur dari masjid dan petugas siskamling tuh keras banget.

3. Biasain kerja cepat

via tumblr.com

Kenapa harus kerja lebih cepat? Karena biasanya sejumlah kantor maklum-maklum aja mulangin pegawainya lebih cepat sepanjang Ramadhan. Kalo kerjaan belum kelar, rugi banget. Bisa-bisa keteteran di akhir bulannya.

4. Format ucapan selamat berpuasa

Yuk, rancang dari sekarang format ucapan selamat berpuasa yang keren. Jadi, gak perlu bingung saat harus tukeran ucapan ke sodara, temen sekelas, temen kantor, mantan, atau klien.

5. Aroma-aroma Timur Tengah

via tumblr.com

Hidung juga harus disiapin untuk sering-sering nyium aroma aroma kurma, parfum, kain-kain baru, atau produk Timur Tengah lainnya. Soalnya, Bulan Puasa kan identik banget sama kebudayaan daerah yang menaungi negara-negara Arab itu.

6. Menghindari area kiri

Karena, area kiri jalan biasanya bakal dipenuhi tukang jualan makanan-minuman berbuka. Males banget kan kalo nanti kejebak antara pedagang, orang jajan, dan pengguna jalan yang gak mau ngalah.

7. Cari jalur alternatif

via banggood.com

Siapin juga jalur alternatif buat menghindari area macet yang mendadak muncul saat Bulan Ramadhan. Coba inget-inget lagi jalur yang udah pernah dilakui tahun-tahun lalu, atau tanya sama mbah Google.

8. Tabungan

Tabungannya bisa buat bagi-bagi ke sodara di kampung halaman, dipakai untuk bukber di cafe, dan buat kebutuhan sehari-hari karena harga-harga bakal naik tiap Bulan Puasa.

9. Booking tempat bukber

via toky.com

Penting nih. Hang out setelah berkegiatan sehari-hari di Bulan Ramadhan gak bakal segampang bulan biasanya. Tempat nongkrong bakal ramai orang berbuka. Jadi, booking tempat dari sekarang supaya gak perlu banyak ngantri dan gak ganggu acara bukber, reuni, atau nongkrong-nongkrong gaul nanti.

10. Orang yang bisa dihutangin

Terkadang, rencana keuangan yang dirancang dari jauh-jauh hari untuk sambut Ramadhan gak berjalan sesuai harapan. Biar gak kesusahan saat harus minjem uang (amit-amit), baiknya sih deketin temen-temen yang sekiranya mau bantu mulai dari sekarang. Jadi, ketika datang waktunya, kamu gak awkward untuk minta.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.