Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Media sosial ibarat hutan rimba yang luas dan gak tau bahaya yang mengancamnya seperti apa. Kebebasan orang berekspresi emang dijamin sama undang-undang, tapi kalo ekspresinya kebablasan apalagi menyebarkan informasi hoax, bisa fatal akibatnya.

Bukan maksud ngajarin kamu harus kayak gimana saat main media sosial ya, bukan kayak gitu. Genmuda.com percaya kamu udah cukup dewasa buat ngebedain mana yang baik dan gak baik buat diri kamu sendiri.

Nah, berhubung sekarang masuk tahun politik dan banyak banget informasi ‘hoax’ di media sosial. Kali ini Genmuda.com bakal kasih tau kamu hal-hal apa yang sebaiknya gak perlu kamu share di media sosial.

Selain baik buat diri sendiri, hal ini seenggaknya ngebantu orang lain yang sepemikiran sama kamu. Minimal gak bikin perseteruan di dunia maya. Nih, simak baik-baik ya.

1. Kisah percintaan kamu

via: IMDB
(Sumber: IMDB)

“Lo siapa sob?”

Gak semua orang pengen tau kehidupan cinta kamu itu kayak gimana. Buat awal-awal jadian mungkin wajar, tapi kalo hampir setiap hari harus di-share lewat media sosial kayak temen-temen kamu eneg juga kali. Kurang-kurangin deh, daripada kamu di-mute atau di-unfollow, sedih kan.

2. Seleb cari sensasi dan dramanya

via: liputan6.com
(Sumber: Liputan6.com)

“Ah, palingan cuma gimmick!”

Pelakor, perceraian, selingkuh, dan drama-drama seleb yang gak ada faedahnya buat kamu gak perlu di-share lagi ke orang lain. Kalo kamu udah tau itu cuma settingan buat naikin popularitas si seleb, buat apa kamu ikut-ikutan? Emang ada untungnya buat kamu? ENGGAK KAN!

3. Berita politik ‘gak sehat’

via: Liputan6.com
(Sumber: Istimewa)

“#2019Gantipacar!”

Pemilihannya baru tahun depan, tapi persaingannya udah berasa dari pertengahan tahun 2018. Gak peduli deh kamu itu kampret, cebong, atau di tengah-tengahnya, selama kamu rasa berita politik ‘gak sehat’ dalam artian berbau sara, mendingan gak usah kamu ikut-ikutan share apalagi gampang percaya gitu aja. Kalo kata pemred Genmuda.com, “Fanatik boleh, bego yang jangan!”.

4. Penghasilan bulanan

gaji pertama first jobber
(Sumber: Istimewa)

“Cuma sehari aku udah dapetin untung Rp 15 juta. Kamu tertarik?”

BIG NO! Itu cuma iklan sampah yang sering ngebom kolom komentar. Semua emang hak kamu, tapi percaya deh hal terkait penghasilan itu sangat sensitif. Jangankan buat temen, sama keluarga sendiri aja mungkin banyak yang gak mau terang-terangkan. Kalo masih nekat, siap-siap aja buat dinyinyirin sama netizen yang maha benar.

5. Masalah keluarga

via: Giphy

“Dasar keponakan gak tau diuntung!”

Pesan Genmuda.com, baik buruknya masalah kamu dengan keluarga kamu, mereka tetep keluarga kamu. So take it with yourself and find solution, not for public!

6. SOMETHING ABOUT VIRAL

Saat kamu menyebarkan berita viral seenggaknya ada dua risiko berbahaya yang luput dari pengamatan kamu. Pertama keakuratan informasi tersebut, jangan kan orang awam, wartawan sekalipun bisa aja terjebak sama embel-embel viral. Kedua, jika berita viral itu ternyata hoax, maka ada secara gak langsung kamu udah menyebarluaskan berita bohong dan bisa dipidanakan. Hih, serem kan!

7. Karya orang lain, tanpa izin

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

“Biar cepat tenar, upload aja kali ya.”

Jangan pernah sekali-kali menggunakan karya orang lain untuk di-share ke media sosial kamu tanpa ada izin terlebih dahulu dari ’empu’nya karya. Contohnya enggak cuma gambar atau foto doang ya, tapi bisa dalam bentuk lagu, tulisan, atau media lain yang bisa kamu sebarluaskan ke publik. Selama sudah diizinkan oleh pemiliknya gak masalah, tapi kalo engga? Itu sama aja dengan maling, gengs. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.