Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Hacker kembali bikin seleb Indonesia kelimpungan. Kini, giliran Milleycyrus. Foto “party kebablasan” medsos personality bernama asli Millendaru Prakasa itu tersebar ke akun snapchatnya tanpa sepengetahuan doi. Gak rela, doi pengen mempolisikan hacker yang nyebarin foto doi.

Oke. Stop menghakimi Millen atau siapapun juga. Ini tulisan kanal teknologi. Lagi pula, persoalan bajak-membajak privasi orang melalui ponselnya atau medsosnya tuh masalah besar yang udah memakan korban, mulai dari seleb Indonesia hingga seleb Hollywood sekelas J Law dan Miley Cyrus.

Tanpa berusaha nyalahin orang terdekat, para artis itu kayaknya pakai smartphone yang level keamanannya rendah. Padahal, di bawah ini adalah beberapa ponsel dengan tembok keamanan tertinggi seperti yang direkomendasiin berbagai penyedia online security, antivirus, dan Google. Liat aja.

1. Blackphone 2

via engadget.com
(Sumber: engadget.com)

Berbagai penghargaan terkait keamanan dan privasi diraih ponsel bernama Blackphone 2 keluaran SilentCircle. Berbasis Android yang dimodifikasi hingga jadi Silent OS dan Privat OS, ponsel yang rilis sejak September 2015 ini anti sadap dan punya fitur privasi bernama “virtual phone.”

Tinggal aktifkan fitur itu saat ponselnya dipinjem orang, maka semua data pribadi dan akun medsos akan tersimpan dengan rapat. Peminjam pun cuma bisa pakai ponsel seharga sekitar 10 juta rupiah ini dalam status “kosong” kayak baru beli.

2. Solarin

via theverge.com
(Sumber: theverge.com)

Produsen ponsel bernama Sirin Lab gak main-main dalam mendesain smartphone. Solarin mereka buat dengan pertahanan tingkat dewa. Ponsel yang bentuknya kayak “alien” ini diperkuat sistem keamanan Zimperium yang melindungi pada tingkat server, jaringan, dan ponsel.

Gak cuma satu sistem, Sirin Lab juga memasang fitur KoolSpan yang mencegah penyadapan. JSYK, sistem pertahanan KoolSpan juga dipakai pemerintah AS untuk mencegah penyadapan pembicaraan rahasia, loh. Jadi, wajar ponsel ini dijual hingga 200 juta rupiah.

3. BlackBerry DTEK60

via thegadgetflow.com
(Sumber: thegadgetflow.com)

Ponsel BlacBerry dengan OS BlackBerry emang udah gak dibuat lagi. Tapi, produsen ponsel asal Kanada itu tetep memproduksi smartphone dengan basis Android. BB DTEK60 merupakan ponsel mereka dengan tingkat keamanan paling tinggi.

Mimin di kantor pusatnya sangat responsif dalam mengupdate dan ngilangin bug tiap ada keluhan sedikit. Jadi, lapisan pertahanannya akan terus diperbarui. Terus, sistem Androidnya juga diperkuat supaya gak bisa dimodifikasi. Dengan pengamanan cukup kuat, ponsel ini dibanderol sekitar 6,5 juta rupiah.

4. Turing Phone

via cnet.com
(Sumber: cnet.com)

Turing Robotic Industries, perusahaan ponsel futuristik yang berdiri di San Francisco, Amerika Serikat, 2015 ini ngerilis smartphone berbasis Android yang dimodifikasi gila-gilaan hingga kodingannya bukan kayak Android lagi. Maka, lahirlah Sailfish OS. Dengan kodingan tak umum, hacker manapun bakal sulit menjebolnya.

Modifikasi besar-besaran itu pula yang bikin ponsel ini makin unik. Bukan dengan memencet tombol pada ikon-ikon di layar, ponsel ini beroperasi berdasarkan gestur. Misalnya, swipe melingkar untuk buka aplikasi tertentu, dan seterusnya. Ponsel ini dijual di India dengan harga setara 12,5 juta rupiah.

5. Google Pixel

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Dengan OS minimal Android 7.1 Nougat, Pixel phone terbilang aman. Semua file di dalam ponsel keluaran Google tersebut pada dasarnya terenkripsi dengan algoritma rahasia. Cuma developer Google doang yang tau.

Privasi data pengguna juga terjaga karena ponsel ini bakal menolak izin semua aplikasi yang diinstall supaya gak mengakses data-data tersebut. Ponsel seharga 11,5 juta rupiah ini juga dipasangi VPN yang kasarnya melindungi tiap pengguna dari mata-mata saat online ke internet.

6. iPhone 7

via cnet.com
(Sumber: cnet.com)

Dulu, iPhone langganan jadi korban hacker karena keamanan cloud yang minim. Sekarang, iPhone udah berbenah hingga akhirnya iPhone 7 masuk rekomendasi ponsel paling aman di dunia menurut sensortechforum.com.

Gimana gak, Apple tuh ngerekrut orang-orang yang pernah menjebol security iCloud untuk bikin sistem pertahanan unik ala mereka. Beberapa hacker yang dimaksud, yaitu Luca Todesco, Nicholas Allegra, dan Patrick Ward.

7. Galaxy S8

via digitaltrends.com
(Sumber: digitaltrends.com)

Dari Korea, Galaxy S8 lolos sebagai ponsel teraman menurut analisis Google. Android 7.0 Nougat yang terpasang di sana telah dimodifikasi pakai sistem keamanan Samsung Knox yang melindungi ponsel dari tingkat chip hingga jaringan.

Data dalam ponsel pun terenkripsi secara rahasia dan aktivitas keamanannya dipantau secara real time. Kalo ada bug atau kebobolan yang mengganggu tinggal report maka mimin Samsung bakalan menindaklanjutinya. Kesigapan itu bisa diperoleh dengan modal sekitar 10 juta – 11 juta rupiah.

Yup. Itulah 7 ponsel dengan tingkat keamanan paling tinggi saat ini. Para seleb dan artis yang memperhatikan masalah privasinya sih perlu pakai ponsel itu dan nyalain semua sistem keamanan yang disediain. Jangan cuma make doang. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.