Minggu, 22 Oktober 2017
Wadaw!

BEWARE: Ada Merk Samyang U-Dong dan Kimchi yang Fix Mengandung Babi

via babyzania.com(Sumber: babyzania.com)

Genmuda – Berita buruk buat Kawan Muda Muslim yang suka makan mie instan asal Korea. Uji terbaru dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan ada empat merk yang positif mengandung fragmen DNA babi.

Merk yang dimaksud adalah Samyang U-Dong, Samyang Mie Instan Rasa Kimchi, Nongshim Shin Ramyun Black, dan Ottogi Yeul Ramen. Gawatnya, produk yang terbilang populer itu gak nyantumin label “mengandung babi” pada kemasan.

Keempatnya merupakan produk yang diimport PT Koin Bumi. Infonya terjelaskan dengan gamblang di surat edaran BPOM bertanggal 15 Juni 2017.

Kepala BPOM DKI, Dewi Prawitasari, bilang surat itu bukan hoax waktu dimintai keterangan oleh media, Minggu (18/6).

Sebagai solusi sementara atas “kecolongan” itu, semua produk samyang yang kasus akan ditarik dari peredaran dalam waktu dekat. Samyang dan produk serupa yang gak dipermasalahkan masih bisa beredar luas, kok.

Kalo terlanjur makan gimana dong?

via tumblr.com

Kabar yang munculnya dadakan di Bulan Ramadhan ini pastinya bikin kamu khawatir. Gimana, dong kalau udah makan samyangnya? Apakah amal puasa yang udah dilakukan selama lebih dari dua minggu ini jadi gak dihitung?

Tenang, gaes. Meski babi termasuk makanan yang diharamkan dalam Kitab Suci, ulama dan pemuka agama yakin kalo kamu gak dosa ketika memakannya tanpa sengaja atau dalam keadaan tak tau.

Kalo sisa-sisa makanan haram itu masih ada di mulut, kamu cukup mencucinya sampai bersih, sih, sih, sih. Misalnya samyang kasus itu udah masuk perut dan gak mungkin diapa-apain lagi, yaudah. Biarin aja.

Gak perlu muntahin atau kuras usus. Kayak mienya masih ada aja di dalam perut.

Masih parno, nih. Terus harus gimana?

via tenor.com

Yaelah. Masih parno kenapa lagi sih? Kan udah jelas tuh kamu gak bakalan dosa. Amalan puasa juga pastinya masih diterima sebagaimana mestinya.

Gak perlu mendadak anti samyang dan Korea juga karena produk yang kasus kan cuma empat merk. Sisanya masih aman. Malah, ada juga loh produk samyang Korea yang berlabel halal.

Yang terpenting, kamu harus waspada kedepannya. Udah tau mengandung babi, jangan makan lagi empat produk yang dikasuskan itu supaya terhindar dari dosa.

Kamu takut cacingan karena habis memakan babi?

via Istimewa
Nyatanya, Sushi dan Sashimi juga bisa bikin kamu cacingan. (Sumber: Istimewa)

Santai aja, sih. Telur, larva, dan cacingnya kan bersemayam di daging. Belum tentu daging babinya yang masuk ke dalam empat produk itu.

Surat edaran BPOM kan cuma bilang produknya positif mengandung fragmen DNA spesifik babi, yang bisa jadi berasal dair minyak babi, bukan dagingnya.

Lagi pula, selama selama dimasak dengan suhu tinggi atau pakai air mendidih, makanannya bakalan steril, kok. Cacing kan gak bisa bertahan hidup di atas suhu 63 derajat celcius.

Masih takut juga? Yaudah. Gih buruan minum obat cacing. Kalau perlu, periksa kedokter. Paling dokternya bilang gini, “Parno banget sih, lo.”

via kumparan.com
Surat edaran BPOM. (Sumber: Kumparan.com)

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.