Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Para ‘K-drama addict‘ alias mereka yang doyan banget nonton drama Korea pasti selalu punya keinginan kalo suatu hari nanti bisa pergi ke Korea Selatan bukan Utara. Meskipun tau gak bakal ketemu idolanya, tapi Korea tetep jadi tempat idaman yang pengen banget dikunjungi.

Dikutip dari keterangan resmi Korea Tourism Organization (KTO) yang diterima CNNIndonesia.com, sebanyak 17,2 juta orang wisatawan mancanegara (wisman) udah berkunjung ke Korea sepanjang 2016. Dan Indonesia sendiri udah nyumbang sebanyak 295 ribu wisatawan di awal tahun ini. Itu pasti gak terlepas dari jualannya Pemerintah Korea Selatan lewat latar tempat yang mereka tonjolin di drama-drama Korea.

Nah, buat kamu yang pengen dan berencana pergi ke Korea, mesti tau dulu nih tempat-tempat apa aja yang mau dikunjungi. Karena dari banyak tempat yang dijadiin latar di berbagai drama Korea, beberapa tempat ini sangat ikonik, dan bahkan selalu ada di tiap drama apapun (like literary all Korean drama).

10. Pulau Nami

Image result for nami island winter sonata
(Sumber: Istimewa)

Kalo kamu nonton film “Winter Sonata” kamu pasti gak asing sama pulau ini. Saking ikoniknya, di Nami Island sampe dibangun patung kedua pemeran utamanya, yaitu Choi Ji Woo and Bae Yong Joon. Jejeran pohonnya yang indah banget juga daun-daun berguguran bikin tempat ini jadi terasa romantis.

Dilansir dari kompasiana.com, Nami Island ini terletak 63 km dari Seoul, dan ada di tengah sungai Han yang sangat besar, dimana sungainya membentuk danau yang dinamakan danau Cheongpyeong. Area dari pulau Nami besarnya sekitar 480.000 m². Kalo kamu mau berjalan kaki mengitari pulau tersebut, luas yang ditempuh kira-kira sepanjang 5 km.

9. Petite France

Image result for petite france korean drama

Tempat ini gak jauh dan gak kalah bagus dari Pulau Nami. Saat berkunjung ke sini, kamu akan ngerasa Korea rasa Prancis, soalnya semua arsitekturnya mengedepankan nuansa negara tempat menara Eiffel itu. Di sini pun ada menara Eiffel mini yang bikin kamu ngerasa makin di Petite France.

Pernah dipake sebagai latar drama terkenal “My Love from the Star,” Prancis versi mini ini menyajikan banyak tempat lucu buat dikunjungi, kayak rumah radisional Prancis, rumah kotak musik, tempat pertunjukan drama boneka (puppet show), dan juga bangunan-bangunan lucu buat dijadiin tempat foto-foto. Gak rugi pokoknya kalo ke sini!

8. Kafe “Coffee Prince”

Image result for coffee prince korean drama

Pengen nonton Gong Yoo muda sebelum membintangi drama Goblin? Nah kamu mesti nonton drama “Coffee Prince.” Kafe ini menjadi terkenal semenjak dipake syuting drama tersebut, dan langsung jadi destinasi wisata tetap buat para K-drama addict. Kalo kamu dateng kes ini cuma buat foto-foto aja, pasti bakal ditolak sama pegawainya, seenggaknya kamu harus beli secangkir kopi deh ya baru bisa foto-foto.

Kafe ini berada di Soekyodong, Hongdae. Ketika kamu baru datang, kamu pasti bisa langsung mengenali semua sudut interiornya, dan langsung keinget sama cerita di drama “Coffee Prince.” Kafe ini juga jadi salah satu tujuan wisata di film Thailand yang terkenal, “Hello Stranger.”

7. Min sok chon (Kampung asli Korea)

via: Soompi
(Sumber: Soompi)

Tempat ini adalah lokasi kampung asli Korea, cuma emang dibikin kayak museum hidup dengan menjaga dan menyimpan semua peninggalan-peninggalan Korea jaman dulu. Drama-drama beken kayak “My Love from the Star” atau “The Moon Embracing the Sun” merupakan contoh drama yang mengambil lokasi syuting di sini.

Kamu gak cuma bisa jalan-jalan aja, tapi juga bisa ngerasain jadi warga Korea jaman dulu. Mulai dari menyewa baju tradisional rakyat jaman dulu, mengikuti permainan tradisional, sekaligus nyoba buat masak masakan tradisional Korea. Pokoknya tempat ini cocok buat kamu yang suka wisata sejarah.

6. Namsan Tower

via: Cloudinary
(Sumber: Cloudinary)

Namsan Tower atau Menara Namsan ini merupakan menara pemancar radio yang terletak di Seoul. Tingginya mencapai 236,7 meter dan berada di ketinggian 479,9 meter. Kalo ke sana kamu mesti nanjak-nanjak dulu sebelum menikmati pemandangan indah Korea dari atas menara. Tapi kalo gak mau capek, kamu juga bisa naik kereta gantung menuju ke atas tower.

Kalo dulu kamu pernah nonton drama “Boys Before Flowers” kamu pasti engeh sama adegannya Goo Jun Pyo sama Geum Jan Di yang latarnya diambil di atas sini. Dan lagi-lagi, drama “My Love from the Star” pernah juga mengambil latar cerita di tower ini. Di sini terdapat tempat dimana kamu bisa pasang gembok cinta, sebagai lambang cinta antara kamu dan si doi. Lucu ya.

5. Borinara Hagwon Farm

Image result for Borinara Hagwon Farm goblin

Kamu yang nonton drama “Goblin” pasti tau tempat ini. Yap, ladang dimana si Goblin keluar tiap buka pintu kemana sajanya, dan juga tempat Eun Tak mau cabut pedang oppa Goblin tapi gak bisa-bisa. Namanya ladang Borinara Hagwon, terletak di Hagwonnongjang-gil.

Kalo lagi lebat, ladang ini bakal dipenuhi sama tanaman jelai warna hijau yang keren banget. Tapi kalo lagi tumbuh, kamu bakal liat tanaman putih mirip kapas, dan itu cantik banget. Ladang ini dibuka untuk wisatawan dari terbit sampe tenggelamnya matahari.

4. Sungai Han

Image result for han river drama w

Sungai ini sering banget dijadiin latar belakang drama Korea, entah kebetulan latarnya di sini atau sebagai selingan aja. Tapi drama yang paling sering nunjukin tempat ini adalah drama “W” yang diperanin sama Lee Jong Suk.

Meski gak terlalu panjang, tapi sungai Han punya lebar yang lumayan jauh yaitu sekitar 1 km. Sungai ini punya banyak anak sungai dan jembatan yang dibuat untuk menyebrangi sungai ini. Terhitung ada 27 jembatan yang terbentang dan meliputi wilayah Seoul, Gyeonggi, dan Incheon. Kalo kamu ke Korea, coba mampir ke jembatan ini ya!

3. Chocolatier Zino, Paju

Image result for Chocolatier Zino goblin

Kalo kamu kira restoran yang ada di drama “Goblin” itu beneran di Cubec, Kanada, kamu salah nih gengs. Karena kafe ini masih berada di Korea, cuma emang interiornya aja yang Eropa banget. Kafe yang terletak di  daerah Paju-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan ini jadi banyak pengunjungnya semenjak jadi latar tempat drama “Goblin.”

Kalo di dramanya menu yang ditawarkan kafe ini adalah makanan berat kayak steak, namun di kehidupan sebenernya, kafe ini cuma menjual cemilan atau pastry. Bisa banget buat jadi tempat santai sambil ngemil dan minum kopi ya. Kamu mau coba ke sini juga?

2. Tempat sauna

Image result for sauna korean drama

Gak usah heran kalo banyak adegan yang dilakukan di tempat sauna, karena emang tempat sauna itu jadi tempat favorit orang Korea buat melepas lelah. Di sana, mereka bisa sauna, sekedar kumpul sama temen, pijat, dan juga sambil nyemil-nyemil lucu. Beberapa drama Korea seperti “Boys Before Flowers,” “Secret Garden,” dan “Gentleman Dignity” pernah syuting di tempat sauna kayak gini.

Menarik sih, semua orang yang berkunjung ke sini pake baju yang sama dan juga pake handuk di kepala, lalu dipinggirnya digulung jadi kayak earphone gitu. Ternyata emang gitu peraturannya, jadi kamu gak boleh pake baju sendiri dan harus pake seragam.

1. Subway

Related image

Iya jangan heran kalo tempat makanan cepat saji ini sering jadi latar tempat drama Korea, karena emang berarti drama itu disponsorin sama Subway. Tapi ada juga mungkin yang bukan sponsor, cuma kebetulan aja lagi makan di Subway, dan tulisan Subway yang eye catching itu keliatan.

Salah satu drama yang berlatar di sini adalah drama hits “Descendant of The Sun.” Sesuai sama gambarnya, tempat ini jadi tempat favorit si tentara dan si dokter janjian dan makan burger (burger lagi burger lagi). Gak lupa sama soft drink di gelas yang juga bertuliskan Subway.

Jadi tempat mana nih yang paling pengen kamu kunjungin kalo ke Korea Selatan? Jangan lupa kasih tau Genmuda.com di bawah ya, siapa tau kita bisa liburan bareng. He-he. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.