Sabtu, 24 Agustus 2019

Genmuda – Paula Verhoeven, model serta artis Tanah Air sebentar lagi akan melepas lajang. Bersama Baim Wong, Paula merencanakan pernikahan yang digelar Desember atau Januari tahun depan.

Terlepas dari komentar buluk netizen atau komentar nyinyir seleb lain, Genmuda.com berani bilang kedua insan hiburan itu cocok dan ditakdirkan buat mengisi hidup satu sama lain.

Kenapa demikian? Karena ada kesamaan di balik nama belakang kedua seleb yang sedang diomongin itu. Secara umum, nama Verhoeven dan Wong sama-sama punya sejarah terkait petualangan dan perjalanan. Selengkapnya, liat di bawah ini.

Sama-sama nama keluarga klasik

via Tribun News
(Sumber: Tribun News)

Ada sejarah panjang nama keluarga klasik Eropa di balik wajah ayu Paula Verhoeven. Tercatat, marga Verhoeven berasal dari kawasan dataran rendah Eropa (Belgia dan Belanda) sejak abad ke 19.

Sementara itu, marga Wong berasal dari Kerajaan Huang sebelum Tahun 648 SM. Bahkan legenda rakyat Tiongkok, Wong Fei Hung menggunakan nama marga klasik tersebut.

Sama-sama punya varian

via Tribun News
(Sumber: Tribun News)

Di negara-negara asalnya, nama Verhoeven bisa ditulis dalam bentuk lain. Beberapa variannya adalah van der Hoeven, Verholen, Verhezen, Verhoogen, Verhoye, Verhoest, Verhoeft, Verhoustraeten, serta Verheylewegen.

Nama Wong juga bisa ditulis dengan varian lain. Yaitu, Huang dan Wang. Berdasarkan pelafalan Mandarin, Huang, Wang, dan Wong dibaca sama. Biasanya, nama Wong dipakai oleh imigran yang berusaha menuliskan nama marga Huang atau Wang pakai huruf romawi.

Sama-sama berarti pengelana

via Tribun News
(Sumber: Tribun News)

Berdasarkan asal-usul, Verhoeven merupakan kependekan dari van der Hoeven. Artinya, “dari area transmigrasi.” Dengan kata lain, Verhoeven merupakan nama yang identik dengan para transmigran dan imigran.

Makanya, orang-orang Belanda yang pindah ke tanah Amerika pada abad ke-19 dan 20 banyak yang menamakan diri dan keturunan dengan berbagai varian Verhoeven dan van der Hoeven.

Nilai pengelanaan macam itu juga ada pada sejarah nama Wong. Ceritanya, Kerajaan Huang di Henan, Tiongkok runtuh pada Tahun 648 SM. Para warganya mulai mengadopsi nama Huang untuk mengenang raja yang gugur.

Dalam kondisi perang berkepanjangan itulah, para penduduk Kerajaan Huang berpindah dari satu provinsi ke provinsi lain. Sebagian bahkan terus berpindah sampai era modern karena itu sudah jadi bagian hidupnya.

Sama-sama tersebar di seluruh dunia

via Tribun News
(Sumber: Tribun News)

Bisa dibilang, marga Verhoeven dan Wong identik sama petualangan. Itulah sebabnya, nama dua marga klasik itu ditemukan di berbagai belahan dunia.

Tercatat, nama Verhoeven dan variannya ditemukan di Jerman, AS, Prancis, Kanada, Afrika Selatan, Australia, Inggris, Selandia Baru, juga Indonesia selain di Belanda dan Belgia.

Sementara itu, nama Wong tersebar dari Tiongkok ke Hongkong, Taiwan, Singapura, Amerika Serikat, Kanada, dan pastinya Indonesia.

Berdasarkan kesamaan makna nama belakang itulah, penulis bilang Baim Wong dan Paula Verhoeven cocok satu sama lain. Doain aja rencana pernikahan mereka berjalan lancar dan langgeng terus. Amiin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.