Rabu, 14 November 2018
Gaya HidupKesehatan

Belum Tentu Sakit, Rakus atau Cacingan, Ini 12 Alasan Kenapa Kamu selalu Kelaparan

via: GoogleMuka kamu saat kegep makan mie instan padahal bersumpah mau diet. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Beberapa orang ngerasa lapar sepanjang hari. Tanpa ada sesuatu untuk dikunyah, doi cranky dan ngamuk-ngamuk sendiri meski beberapa menit sebelumnya udah makan besar.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada kamu, eh maksudnya pada orang yang selalu lapar? Jangan langsung fitnah diabetes sebagai penyebabnya, loh.

Lapar yang sulit hilang mungkin juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan kondisi tubuh. Lebih detilnya, karena 12 sebab di bawah ini:

1. Kebanyakan karbohidrat

via akamaized.net
(Sumber: akamaized.net)

Supaya perut terasa penuh lebih lama dan badan punya tenaga, mending ganti sebagian karbohidrat (nasi, roti, mie, atau pasta) dengan daging dan sayuran. Supaya, gizi lebih seimbang, bosque.

2. Sebenernya kamu haus

Saat kamu haus, kadang otak merasa kamu sebenarnya lapar. Makanya, coba minum air putih sebelum memutuskan ngemil snack.

3. Makan sambil meleng

Makan sambil meleng tuh kayak apa? Contohnya, makan sambil nonton. Karena otak fokusnya nonton, maka doi kurang responsif terhadap makanan yang ada di perut.

4. Stres berkepanjangan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Percaya atau engga, mikir tuh butuh tenaga dan kebanyakan pikiran bikin tenaga kamu banyak terkuras.

5. Kurang tidur

Kurang tidur bikin hormon di dalam tubuh gak seimbang dan badan kurang tenaga. Saat itulah, perut pasti kelaparan supaya kamu makan dan tenaga kamu bertambah.

6. Makannya terlalu cepat

Perut butuh 20 hingga 30 menit buat ngirim sinyal ke otak apakah sebenarnya sudah kenyang atau belum. Makanya, tunggu 20 hingga 30 menit ketika kamu kelaparan karena mungkin sinyal dari perut belum sepenuhnya sampai ke otak.

7. Kebayakan liat foto makanan

food porn
(Sumber: Huffington Post)

Kalau feed medsos kamu isinya makanan dan minuman enak terus, wajar kamu bernafsu pengen ngunyah.

8. Metabolisme kamu lagi cepat

Kapan metabolisme seseorang tuh cepat? Ketika doi berolahraga, setelah berolahraga, dan saat jeda istirahat di antara dua olahraga. Kalau emang itu kasusnya, ya kamu butuh makan.

9. Kekurangan lemak

Jangan pandang lemak sebagai penyebab gendut. Lemak juga termasuk nutrisi yang tubuh butuhin, loh.

10. Kekurangan protein

via Food Network
(Sumber: Food Network)

Selain sayuran, protein (daging, ikan, dan kacang-kacangan) termasuk makanan yang lama dicerna. Karena itu, perut bakal lebih lama merasa kenyang.

11. Kamu lagi bosan

Bosan bikin kamu stres, loh. Itulah sebabnya kamu merasa kelaparan saat bosan.

12. Kebanyakan junk food

(Sumber: pizzainlove.com)

Junk food emang enak. Kita semua tau itu. Tapi, garam dan minyak goreng pada junk food juga gak sehat dan bikin ketagihan, loh. Makanya, kebanyakan makan junk food bisa bikin kamu ketagihan lagi, lagi, dan lagi meski sebenarnya gak lapar.

Di antara 12 alasan di atas, kamu cuma boleh kelaparan karena alasan nomor 8, yaitu saat metabolisme kamu cepat karena kamu berolahraga. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.