Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Garuda Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2018 tahap 1 resmi dibuka Jumat (6/4), di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta. Memasuki tahun ke-10 peleyenggaraannya, Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Mandiri siap kasih calon traveler berbagai tiket wisata dengan harga ramah di kantong.

Sekitar pukul 09.00 WIB acara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief Yahya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha, dan Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo.

“Pada kesempatan ini ada 68 destinasi lokal dan 22 destinasi internasional, dengan tambahan tiga rute internasional baru.” kata Pak Pahala.

©Genmuda.com/2018 Liki
Ki-Ka: Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Nugraha, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief Yahya ©Genmuda.com/2018 Liki

Salah satu rute internasional yang akan mulai diluncurkan adalah rute Mumbai-Bali pada 23 April 2018. Mengusung tema “More for less” diharapkan GAFT 2018 bisa kasih pengunjung kemudahan dalam berburu tiket murah.

Lebih ramai dari tahun sebelumnya

©Genmuda.com/2018 Liki
Antrean pengunjung di depan pintu masuk GATF 2018, Jumat (6/4) di JCC, Jakarta ©Genmuda.com/2018 Liki

Berdasarkan pantauan Genmuda.com, setiap tahunnya GATF selalu dipadati sama pengunjung. Gak terkecuali di tahap pertama ini, gengs. Bahkan Pak Pahala menargetkan pengunjung yang dateng pada GATF 2018 tahap 1 mencapai 80.000 pengunjung.

Antrean panjang udah mengekor di depan JCC sejak pagi hari. Kebanyakan dari pengunjung rela antre demi mendapatkan promo cashback, contohnya Reva Astradipta dan Prisanti Putri yang dateng sejak subuh demi dapetin cashback 750 ribu.

“Berangkat dari rumah habis subuh, itu juga kaget sih antreannya juga udah panjang. Cuma kalo udah ikutin antrean dan masuk ke sini cukup terbayarkan lah.” jelas Reva yang memilih piknik ke Jepang bulan Oktober nanti.

Cerita berbeda ada pada Dewi, Anggie, dan Jelita yang ngaku masih bingung menentukan pilihan tanggal liburan. Walau gak kebagian cashback, tiga cewek ini udah mantap buat pikni ke Korea Selatan dengan harga tiket Rp 4 juta.

“Kita baru dateng jam 8 pagi, sayang aja cashbacknya terbatas dan kita bukan nasabah Bank Mandiri. Itu aja sih paling.” terang Dewi.

Walaupun di GATF 2018 pengunjung dapat langsung membuka rekening Bank Mandiri atau mereka yang menjadi Nasabah Bank Mandiri bisa membuka kartu kredit lewat program instant same-day approval, namun hal itu ternyata kurang bisa dirasakan manfaatnya.

Salah satu kekecewaan tersebut disampaikan oleh Ibu Bambang  yang membawa dua orang anaknya ke Genmuda.com. Ia mengaku kalo promo yang diberikan kurang terorganisir dengan baik.

“Saya transaksi pakai kartu kredit, tapi yang saya maksud kurang well-organized, tadi dijanjikan kalo apply kartu kredit baru katanya bisa langsung dipake, tapi ternyata gak bisa.” terangnya.

Untungnya keluarga ini gak kecewa-kecewa banget, karena udah membeli tiket pesawat ke Jepang dengan harga promo.

Pengunjung lebih suka dateng langsung ketimbang online

©Genmuda.com/2018 Liki
Asya dan Ridho ©Genmuda.com/2018 Liki

Garuda Indonesia tahun lalu juga meluncurkan konsep “Digital Exprerience” lewat situs resmi Garuda Indonesia dan “Garuda Indonesia Mobile App”. Sayangnya gak sedikit pengunjung yang lebih senang datang langsung, meski harus desak-desakan kayak Ridho dan Asya.

Pasangan milenial ini ngaku kalo cara offline lebih memudahkan buat mereka. “Lebih enak datang langsung sih, lebih transparan dan jelas aja.” kata Ridho.

Supaya dapet cashback dan harga terbaik, keduanya juga berencana untuk datang lagi esok hari. “Hari ini mungkin liat-liat dulu, karena kita kan perginya rame-rame sama temen. Kalo udah cocok, besok kalo bisa dateng pagi-pagi supaya dapet cashback.” tambah Asya.

Senggaknya ada tiga program tiket diskon yang bisa dinikmati di GATF 2018. Pertama adalah program ‘Happy Hour’ (jam 10.00 – 13.00 dan 16.00 – 18.00 WIB) yang ngasih potongan harga tiket hingga 80%. (Ini yang bikin rame).

Kedua ‘Best Deal’ dengan paket diskon hingga 50% untuk destinasi dalam dan luar negeri. Selain dua penawaran itu, masih ada program ‘Regular Discont’ yang ngasih paket-paket diskon hingga 13% buat destinasi domestik dan 20% buat tujuan internasional.

GATF 2018 akan berlangsung hingga Minggu (8/4). Selain Jakarta acaranya juga digelar di lima kota lain, Ambon, Balikpapan, Padang, Pekanbaru, dan Pontianak. Pesan terakhir dari Genmuda.com selain masalah budget, siapkanlah fisik dan kesabaran yang luar biasa saat antre. Kalo kamu butuh tips saat berburu tiket, baca aja artikel ini. Selamat liburan ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.