Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Engga ada yang bisa ngalahin efek mimpi indah dalam ngeredain mumet gara-gara aktivitas seharian. Lebih seru lagi kalo mimpinya bisa dikontrol sesuka hati dan diinget-inget terus meski udah bangun. Secara ilmiah, hal itu bisa dilakuin, walau caranga engga gampang.

Kalo prosedurnya ada yang salah sedikit aja, mimpinya bisa berubah buruk seperti ketindihan pacar setan. Semua badan rasanya seperti keteken benda berat dan agak susah napas. Pas bangun aja masih ngos-ngosan. Mitos atau fakta?

Kawan Muda yang udah pernah ngerasain fenomena tersebut pasti engga bakal mau pengalaman buruk itu terulang. Secara ilmiah masalah tersebut sebenernya bisa kamu akalin. Bukan cuma soal mimpinya doang loh, kamu bahkan bisa menjadi ‘sutradara’ dalam mimpi kamu sendiri. Mau tau caranya dong? Nih simak baik-baik sebelum kamu bobo cantik.

1. Matiin lampu dulu

via: Giphy

Secara naluri, manusia taunya siang itu terang dan merupakan waktunya beraktivitas. Sementara malem itu gelap dan jadi momen beristirahat. Oleh sebab itu sleep.org, diakses Senin (23/1) berargumen kalo lampu sebaiknya dimatiin supaya tidur bisa lebih nyenyak.

2. Musik santai

Situs Departemen Konseling University of Nevada Amerika Serikat, diakses Senin (23/1), nyaranin mahasiswanya buat denger musik lambat bertempo 60 beats per minute (bpm) supaya rileks dan tidur nyenyak. Efek serupa juga bisa muncul dengan suara rintik hujan, aliran sungai, atau desir ombak. *tsah!

3. Aromaterapi

Sementara itu, penelitian University of Maryland Medical Center, tahun 2016, bilang kalo wewangian sangat bikin seseorang rileks dan mudah tidur. Penelitiannya nyaranin buat masang aromaterapi, misalnya aja wangi lavender. Kamu juga bisa nyemprot parfum wangi favorit supaya dapet efek serupa.

4. Posisi harus enak

via wayupcdn.com

Pastinya, posisi tidur juga harus yang rileks. Jangan sampe ada satu anggota badan yang salah posisi karena anggota badan yang sakit atau kesemutan bikin kamu mimpi buruk. Posisi paling aman adalah telentang dengan tangan di samping atau di atas badan.

5. Makan yang bener

Supaya mimpi engga terganggu, asupan makanan juga perlu diatur. Jangan pernah tidur dengan perut keroncongan atau kekenyangan, soalnya bisa ganggu mimpi indah kamu. Jangan lupa makan protein supaya otak mampu berfungsi buat ngasilin mimpi saat tidur.

6. Vitamin B6

Studi National Center for Biotechnology Information AS bilang, konsumsi vitamin B6 yang cukup merangsang otak seseorang nampilin mimpi yang jelas. Makanan yang mengandung vitamin B6, misalnya alpukat, pisang, kacang-kacangan, jagung, dan gandum.

7. Bikin jurnal mimpi

via giphy.com

Berbagai studi bilang kalo otak manusia cuma bisa nampilin mimpi berdasarkan kapasitas imajinasinya. Karena itu, latih imajinasi dengan ngebuat jurnal atau buku diary mimpi setiap hari. Tulis aja secara detil jalannya mimpi yang udah atau ingin terjadi di buku itu. Makin banyak kisah bagus yang kamu bayangin dan tuangin di buku itu, makin besar juga kemungkinan kisah itu muncul di mimpi kamu.

8. Coba kontrol mimpinya

Trik 1-7 bakal bikin mimpi kamu bebas stres dan mimpi indah. Kalo udah berada di mimpi, coba deh sesekali ‘lawan’ mimpinya dengan ngebuat alur cerita baru. Cara paling gampang adalah ‘memanggil’ sebuah benda supaya muncul di hadapan kamu.

Kalo udah bisa begitu, setiap mimpi pasti bisa dikontrol sesuka hati. Engga tertutup kemungkinan kamu juga bisa ubah mimpi ketindihan setan jadi ketindihan duit 100 triliun atau mimpi dipeluk gebetan. Asiik. Buruan dicoba buat tidur malam ini ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.