Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Mau secanggih apapun ponsel Android yang kamu punya, pasti ada saatnya ruang penyimpanannya penuh. Kalo udah begini guys, dijamin kamu bakalan pusing dan bete, karena kamu engga bisa instal aplikasi, unduh lagu, bahkan cuma sekedar selfie unyu-unyu.

Beberapa ponsel Android emang punya opsi penyimpanan eksternal, (kalo ada sih) kamu tinggal beli microSD baru dengan kapasitas gede, masukin ke slot di hape kamu, vóila! Beres deh masalahnya. Tapi gimana kalo ternyata hape kamu engga punya slot microSD? Masa iya harus beli ponsel baru gitu?

Boleh aja kamu pertimbangin buat beli yang baru (terserah kan uangnya punya kamu sendiri), tapi sebelum ngelakuin itu, mungkin ada baiknya kamu akalin ponsel android kamu pake cara di bawah ini:

Cek daftar aplikasimu

(Sumber: pcadvisor.co.uk)
(Sumber: pcadvisor.co.uk)

Biasanya nih guys, mentang-mentang aplikasi di Android banyak yang gratisan, orang-orang jadi kebiasaan asal instal tanpa pikir panjang. Pernah kan ngeliat hape temen kamu yang isi aplikasinya sampe ratusan, bahkan pas ditanya itu apps buat apaan doi sendiri engga ngerti cara makenya. *puk-puk.

Instal Game biasanya jadi biang kerok kenapa storage Android kamu penuh, contohnya ‘Grand Theft Auto: San Andreas’, game yang satu ini ternyata makan tempat sampe 2,4GB! Gede? Apa masih gede rasa cinta kamu sama si dia? *ngaur

Tapi engga ada salahnya sekarang kamu langsung cek Settings > Application Manager dan mulai buang aplikasi mana yang kamu rasa engga kamu butuhin. Kalo udah beres, langsung cek kapasitas ponsel kamu, kalo ngerasa belum puas mungkin kamu harus lanjut ke step berikutnya.

Pindahin foto dan video ke tempat lain

Google Drive (c) Google
Google Drive (c) Google

Genmuda.com paham kok kebiasaan Kawan Muda, dikit-dikit jepret dan ambil video apapun situasi dan kondisinya pokoknya like this. Permasalahannya kalo udah penuh, kamu pasti jadi mati gaya kan? Ada dua cara nih untuk ngatasin masalah ini.

Pertama kamu bisa pindahin ke penyimpanan offline seperti USB Storage, Mac atau PC kamu. Pasti udah pada ngerti dong? Tinggal sambungin hape kamu ke laptop via kabel USB, pindahin deh data-data kamu ke folder yang kamu pengen. Tapi kalo kamu ngerasa tetep pengen akses foto atau video itu melalui hape kamu, tapi engga pengen makan ruang penyimpanan, ada baiknya kamu pake cara yang kedua.

Kamu bisa cobain yang namanya Cloud Storage, ada banyak banget servis yang bisa kamu pilih mulai dari Dropbox, Flickr, Google Photos (Google Drive), Onedrive, iCloud dan lain-lain. Sebagai contoh kamu pake Google Photos, kamu bisa dapetin unlimited storage buat foto dan video yang kamu punya dengan syarat foto tersebut ukurannya kurang dari 16 Megapixel, sedangkan untuk video berukuran maksimal 1080p.

Kerennya lagi Google Photos bisa secara otomatis ngehapus foto dan video yang udah diunggah, jadi kamu engga usah khawatir bakal ada duplikat data. Biar pasti, kamu bisa masuk ke aplikasi Google Photos, buka Menu > Settings lalu tekan Free up device storage.

Cara kedua ini cocok banget kalau kamu punya koneksi internet yang kenceng dan unlimited, misal pake wi-fi (entah punya siapa aja, yang penting gratisan). Tapi kalo kamu pake kuota internet dari hape (bahkan bingung gimana cara hemat kuota internet), dijamin kamu bakal pusing tujuh keliling. Kelilingin GBK lagi. *canda.

Beralih ke media streaming

(Sumber: Digital Trend)
(Sumber: Digital Trend)

Kurang lebih pasti kamu udah ngerti konsepnya, sama seperti foto dan video, yang namanya media itu pasti bakal makan tempat. Anggaplah kamu pengen denger lagu dan nonton film di hape kamu, tentunya kamu bakal masukin stok dalam jumlah yang cukup besar supaya kamu engga bete denger lagu atau nonton film yang itu-itu aja.

Salah satu cara untuk ngatasin itu adalah jangan simpen lagu dan film kamu di hape, sekarang udah makin banyak cara buat streaming guys. Tinggal cari aplikasi yang cocok untuk kamu dan mulailah hidup gaya dengan streaming. Dan sekali lagi, cara ini bisa bikin kamu para fakir kuota pusing tujuh keliling.

Pake USB On The Go

Sandisk USB OTG (c) Amazon
Sandisk USB OTG (c) Amazon

Udah pernah denger kan istilah yang satu ini? USB OTG atau On The Go adalah salah satu fitur yang bisa kamu pake untuk ngatasin masalah kamu guys. Biasanya Android keluaran terbaru udah pada ngedukung fitur yang satu ini, tapi kalo ternyata ponsel kamu engga ngedukung USB OTG, mungkin kamu cukup coba tips yang ada di bagian atas (skip aja paragaraf selanjutnya).

Nah buat kamu yang beruntung udah punya Android yang kekinian, kamu tinggal beli USB OTG yang punya dua konektor. Ujung yang satu dia berbentuk USB konektor standar, sedangkan ujung yang satunya lagi berbentuk Micro-USB. Jadi kamu bisa dengan mudah nyimpan data dari hape ke usb dan usb ke laptop.

Kapasitas yang ditawarkan juga beragam loh, mulai dari 16GB hingga 128GB. Tinggal kamu pilih aja merk dan harga yang cocok dengan kantong kamu. Buat aktivitas kamu yang terhubung sama laptop dan smartphone alat ini jelas ngebantu banget loh! Serius.

Jadi gimana nih Kawan Muda, solusinya jauh lebih hemat kan dibanding harus beli hape baru? Atau mungkin kamu punya tips lain yang bisa kamu share ke Kawan Muda lainnya? Silakan langsung kasih komentar aja di bawah ini ya!

 

Sumber: CNET | (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast