Selasa, 21 Mei 2019

Genmuda – Guru, orang tua, bahkan bos di tempat kerja sekalipun sering banget ngomel kalo meja belajar atau meja kerja kamu berantakan. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa meja berantakan tuh erat kaitannya dengan kerja otak yang berantakan pula.

Wajar kok. Karena banyak penelitian yang membuktikan kalo kondisi meja belajar/kerja seseorang tuh sangat dipengaruhi kondisi psikologis seseorang. Dan, berikut ini adalah jenis-jenis kepribadian orang berdasarkan kondisi meja kerja/belajarnya. Kira-kira, kamu yang mana nih?

1. Meja kerja berantakan

(Sumber: Tumblr)

Buat orang yang ngeliat, meja berantakan itu keliatan jorok. Namun, orang yang pakai meja itu sebenernya engga jorok, kok. Mereka punya cara tersendiri buat menyusun barang-barang di tempat belajar/kerjanya. Umumnya, orang ekstrovert punya meja berisi ‘puing-puing’ kayak gambar di atas.

Lebih lanjut orang ekstrovert ternyata butuh rangsangan dari luar buat membakar semangat dan motivasinya. Karena itulah kamu yang ekstrovert meletakkan berbagai hiasan, permen, post-it notes di berbagai sudut meja. Tujuannya supaya semua bagian meja engga ada yang ngebosenin.

2. Meja kerja minimalis

(Sumber: decoist.com)

Meja kerja seperti ini umumnya cuma berisi barang-barang yang esensial dan sedikit. Sangat berlawanan dengan tipe sebelumnya. Biasanya, pemilik meja seperti ini punya disiplin tinggi, terorganisir, punya sifat mengontrol, namun cenderung misterius.

Kalo misalkan di meja kamu cuma ada buku paket matematika dan alat tulis seadanya ketika pelajaran itu dimulai, kamu bisa jadi masuk kategori ini. Tentunya ini sangat kontras dari si ekstrovert yang ngeluarin segala macam buku, alat tulis, bahkan sampai handuk mandi ke atas meja.*canda.

3. The frontier

Padahal, ruang sebesar ini bisa diisi tiga komputer kan? (Sumber: pinterest)

Kalo dalam Sejarah Amerika, frontier kurang-lebih berarti garis batas terdepan negara yang terus bergeser dan melebar seiring melebarnya daerah pemukiman warga. Salah satu dari temen kamu pun kemungkinan ada yang punya semangat frontier dalam menata mejanya.

Makin hari, barang-barang doi diletakkan makin dekat ke bagian meja kamu. Lama-lama kamu pun perlu geser sedikit ketika ‘daerah jajahan’ doi melebar. Yah wajar sih, orang macam itu punya ambisi yang besar dan cenderung pengen punya kekuasaan lebih. Tapi, kamu tetep harus bisa ingetin doi kalo emang udah kelewatan ya, misalnya udah mulai nikung calon gebetan. He-he.

4. The outpost

(Sumber: framepool.com)

Ada pula orang yang kondisi mejanya engga jelas. Kadang berantakan kayak tipe pertama namun kadang sangat minimalis kaya tipe kedua. Buat nentuin sifat orang kaya gini, kamu jangan lihat keadaan di atas mejanya, tapi lihat di mana posisi mejanya.

Kalo doi menduduki tempat yang bisa memperhatikan keadaan semua ruangan, berarti doi adalah tipe outpost. Dalam sejarah, outpost merupakan menara yang biasa dibangun di tempat strategis untuk mengawasi daerah sekitarnya. Biasanya sih, orang-orang introvert yang punya meja kayak gini. Soalnya, para introvert sangat memperhatikan dan menjaga personal space-nya.

5. Meja isinya barang-barang pribadi

(Sumber: workdesign.com)

Beberapa orang juga ada yang mengisi meja dengan hal yang sama sekali engga berhubungan sama kegiatannya. Foto pacar, diorama Star Wars, atau gambar dari sahabatnya diletakkan di tempat khusus di meja. Sementara wilayah kerjanya mungkin lebih sedikit daripada wilayah pribadi itu.

Orang-orang yang seperti ini cenderung punya kepercayaan diri tinggi. Soalnya, mereka engga ragu buat nunjukin jati dirinya dan mencerminkan itu di meja kerjanya. Biasanya mereka juga sering banget ditunjuk jadi public speaker. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.