Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Mau itu Android, Apple, Windows, ataupun BlackBerry, smartphone kayaknya udah jadi bagian dari kehidupan anak muda. Sayangnya, ponsel yang punya ribuan kegunaan itu umumnya dimanfaatin buat main game, nonton video, dan medsos doang.

Padahal, ada banyak banget fungsi lain yang bisa bikin kerjaan sehari-hari jadi jauh lebih mudah. Bahkan aplikasi bawaannya udah punya banyak fungsi loh, gaes. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakuin supaya smartphone kamu makin terasa lagi fungsinya.

1. Nyalain alarm dengan volume penuh

Biar engga telat bangun, kamu bisa pasang alarm dengan volume maksimal alias paling nyaring. Supaya engga distract gegara chat engga penting dari orang lain setel aja airplane mode. Seengganya kamu bisa bangun tepat waktu. Inget, kalo alarm udah nyala jangan langsung di-snooze.

2. Manfaatin fitur auto on dan off

via winudf.com

Fitur auto on dan off sering terlupa sama anak muda, padahal fungsinya berguna banget. Dengan fitur ini, kamu bisa ngatur kapan smartphone kamu bakal mati dan nyala dengan sendirinya. Buat yang engga suka nge-charge ponsel saat tidur, fitur ini bisa menghemat baterai ponsel sepanjang malam.

Sementara yang suka ninggalin ponselnya ngecharge sambil tidur bakalan ngerasa aman karena ponselnya di-charge dalam keadaan mati, sehingga mengurangi kemungkinan ponsel itu meledak karena kepanasan. Aman kan.

3. Nyalain Navigasi dan GPS tapi tetep hemat paket internet

Terkadang, fitur maps di ponsel tuh bermanfaat banget tapi sering bikin galau karena ngeborosin paket internet. Sebernernya, Google Maps udah punya fitur download peta loh. Kalo petanya udah didownload, kamu engga perlu mengakses internet waktu ngejalanin GPS.

Sementara itu, mereka yang engga menggunakan Google Maps bisa gunain aplikasi peta lain macam Sygic yang juga punya fungsi navigasi tanpa perlu konek ke internet. Peta-peta yang didownload itu bermanfaat banget buat nyari jalan pintas sampai tempat tujuan (bukan ke hati gebetan).

4. Pengganti laptop di saat darurat

via PC World
(Sumber: PC World)

Ketika kamu perlu ngetik tapi kelupaan bawa laptop atau charger laptop, kamu bisa juga manfaatin smartphone buat ngetik loh. Kamu bisa manfaatin aplikasi notes bawaan, kalo kurang sreg download aja Word atau aplikasi lainnya.

Ngetik dengan keyboard smartphone agak sulit emang. Karenanya, saat-saat seperti itu baik kamu manfaatin buat bikin kerangka tulisan atau poin-poin penting yang nantinya bakal kamu kembangin lagi setelah laptop kamu bisa digunain.

5. Catatan keuangan

Makin dewasa kamu, makin besar juga kebutuhanmu buat mencatat transaksi keuangan yang kamu lakuin setiap hari supaya ‘pasak engga lebih besar daripada tiang.’ Sayangya, engga semua orang tau dasar-dasar akuntansi buat bikin catetan yang rapi dan mudah dibaca. Untunglah ada apps akuntansi yang mudah dipakai dan tentunya gratis. Kalo engga ada yang gratis? Tenang. Pasti ada bajakannya kok. *canda.

6. Gunain aplikasi pengaduan

via okezone.com
Contoh aplikasi pengaduan warga DKI Jakarta. (Sumber: okezone.com)

Sekarang pemerintah daerah di Indonesia udah ngeluarin aplikasi pengaduan loh. Kalo di Pulau Jawa, Pemprov DKI Jakarta punya Qlue sementara Pemkot Tangerang Selatan punya aplikasi SIMANJA. Sementara itu, di tingkat nasional ada aplikasi LAPOR!

Dengan apps macam itu, kamu bisa ngadu ke pemerintah kalo ada jalan rusak, waduk bocor, macet engga manusiawi (ini sih sering), tindak kriminal, dan permasalahan perkotaan lain. Engga ada salahnya kan ngadu ke pemerintah dan jadi pihak yang ikut ngebangun kota? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.