Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Rapper legendaris Indonesia, Iwa K kembali merilis single terbaru bertajuk “Beda” di Lounge Baxter Smith Manna Records, Jakarta, Senin (11/3). Gak cuma sendiri, pada kesempatan ini ia juga berkolaborasi dengan rapper muda asal Yogyakarta, Mario Zwinkle.

Mengusung genre jazz, hip-hop, dan etnik, single “Beda” diharapkan bisa memberikan pesan positif lantaran ‘perbedaan’ sering jadi perdebatan di zaman sekarang. Terus apa aja ya yang melatarbelakangi kolaborasi lintas generasi ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Pemilihan rapper

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Dalam acara konferensi pers, Bona Palma, Co-Founder Manna Records, bilang bahwa kecintaan pada Indonesia lah yang mendasari mereka menciptakan lagu ini. Ketika sketsa lagunya dibuat ia pun ngerasa harus ada rapper yang tepat buat ngebawainnya, lalu pilihannya jatuh pada Iwa K dan Mario Zwinkle.

“Dari demonya nih lagu kayaknya berat dan emang cocok kalo dibawain sama Iwa K yang udah banyak pengalaman. Sedangkan suara Mario bisa membuat lagu ini lebih dinamis.” terang Bona.

Iwa K nambahin kalo salah satu alasan kenapa dirinya tertarik dalam kolaborasi ini adalah persamaan semangat yang ingin dibawakan dalam lagu “Beda”. Pelantun lagu “Bebas” itu juga mengatakan bahwa kolaborasi ini juga mempresentasikan perbedaan dari berbagai macam warna musik dan usia yang tetep bisa jadi satu.

Iwa K dan Mario Zwinkle sama-sama ngefans

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Dua rapper lintas generasi ini baru kali pertama berkolaborasi dalam satu lagu. Menariknya baik Iwa dan Mario sama-sama ngefans satu sama lain, loh. Besar di era 90-an Mario ngaku kalo Iwa K adalah satu rapper idolanya yang juga jadi alasan dirinya memutuskan menjadi rapper.

“Ini adalah satu mimpi, saya bisa berkolaborasi dengan Kang Iwa. Ia adalah idola dan contoh buat saya dalam berkarya. Bahkan saat dihubungin [Bona] sempet nervous, ‘Wah Kang Iwa nih’, tapi akhirnya kita berhasil. Seneng banget.” kenang Mario saat diwawancarai oleh Genmuda.com.

Hal serupa juga dialami oleh Iwa K yang suka dengan karakter dan gaya ngerap Mario. Dirinya malah diam-diam stalking soal Mario dan mengaku kalo suaranya punya dinamika yang pas untuk lagu “Beda”.

“Awalnya gue dikasih tau sahabat gue soal Mario, mulai dari vokalnya cara dia ngerap. Akhirnya gue cari tau sendiri dan alhamdulilah bisa ada kolaborasi di sini sehingga dinamika lagunya bisa keren banget men.” puji Iwa.

Kendala jarak dan waktu

©Genmuda.com/2019 Liki
Mario Zwinkle ©Genmuda.com/2019 Liki

Diakui Bona, salah satu tantangan terberat dari single ini adalah mencocokan jadwal Iwa K. Belum lagi Mario juga berdomisili di Jogja sehingga sangat sulit untuk mencocokan jadwal keduanya.

“Akhirnya untuk take vocal Iwa K dan Mario dilakukan di waktu yang berbeda tapi energinya tetep masuk,” jelasnya.

Secara terpisah Mario yang juga berprofesi sebagai petarung MMA Indonesia mengaku ke Genmuda.com kalo dia perlu banyak adaptasi untuk lagu “Beda” lantaran genre musiknya sangat berbeda dengan apa yang sering ia bawain.

“Pengarapan [lagu] kurang lebih satu bulan sejak saat saya pertama kali dihubungi. Kendala saya adalah perlu adaptasi di awal karena ini musik instrumental. Lalu saya juga ikut menulis lirik lagu di sini, cukup ‘terbebani’ lantaran ini mimpi saya untuk duet dengan Kang Iwa.” cerita Mario.

“Tapi ini juga jadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan membanggakan buat saya karena bisa kerjasama dengan orang-orang kreatif yang ahli pada bidang mereka.” tambahnya.

Dirilis bertepat dengan ‘SUPERSEMAR’

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Single “Beda” juga dirilis pada 11 Maret alias bertepatan dengan salah satu kejadian bersejarah di Indonesia. Namun demikian, Manna Record dan Iwa K justru mau memberikan makna baru yakni, Suara Persatuan Sebelas Maret.

Dan berangkat dari sudut pandang ‘perbedaan’ yang menjadi dasar keberagaman sekaligus pemersatu bangsa Indonesia, single “Beda” diharapankan bisa diterima dan diapresiasi oleh pendengar musik di tanah air.

“Karena perubahan itu bukan sulap, paling engga lewat karya ini orang bisa menikmati dan saling menginspirasi. Tiap orang juga punya cara masing-masing kan buat mengemukakan pemikiran mereka.” tutup Iwa K.

Single “Beda” udah bisa kamu dengerin sejak hari ini mulai pukul 16.00 WIB di Youtube dan berbagai platform musik streaming.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.